SKRIPSI PAI
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Online "Smada Berkibar" Dan Kesiapan Belajar Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 2 Kota Pekalongan
Kata Kunci : Media “Smada Berkibar”, Kesiapan Belajar, Efektivitas Belajar.
Media pembelajaran berbasis online “Smada Berkibar” merupakan media yang digunakan oleh SMAN 2 Kota Pekalongan untuk memudahkan proses pembelajaran daring. Di saat sekolah lain menggunakan media yang sudah ada, SMAN 2 Kota Pekalongan justru membuat media sendiri dengan nama “Smada Berkibar”. Harapannya, hal tersebut mampu meningkatkan efektivitas belajar siswa. Di samping media, kesiapan belajar juga mempengaruhi efektivitas belajar.
Berdasarkan uraian tersebut, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut (1) Adakah pengaruh media pembelajaran berbasis online “Smada Berkibar terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 2 Kota Pekalongan? (2) Adakah pengaruh kesiapan belajar terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 2 Kota Pekalongan? (3) Adakah pengaruh media pembelajaran berbasis online “Smada Berkibar” dan kesiapan belajar terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 2 Kota Pekalongan? Dengan tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran berbasis online “Smada Berkibar” terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 2 Kota Pekalongan. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kesiapan belajar terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 2 Kota Pekalongan. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran berbasis online “Smada Berkibar” dan kesiapan belajar terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 2 Kota Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun variabel independennya adalah media pembelajaran berbasis online “Smada Berkibar” dan kesiapan belajar, variabel dependennya adalah efektivitas belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 168 siswa kelas XI dengan teknik pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data dengan regresi linear sederhana dan berganda bantuan SPSS 20.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran berbasis online “Smada Berkibar” memiliki rata-rata sebesar 64,1964 diantara interval 44-66 sehingga masuk kategori cukup efektif dengan pengaruh sebesar 20,3% terhadap efektivitas belajar siswa, (2) Kesiapan belajar memiliki rata-rata sebesar 88,911 pada interval >78 sehingga masuk kategori baik dengan pengaruh sebesar 78,5% terhadap efektivitas belajar siswa, (3) Media pembelajaran berbasis online “Smada Berkibar” dan kesiapan belajar memiliki rata-rata sebesar 76,417 pada interval >66 sehingga masuk kategori tinggi dengan pengaruh sebesar 78,5% terhadap efektivitas belajar siswa kelas XI di SMAN 2 Kota Pekalongan.
DAFTAR PUSTAKA :
Aminuddin, Aliaras Wahid, dan Moh. Rafiq. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Agama Islam, Cet ke-I. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Andriyani, Yulisa. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang”, Skripsi IAIN Metro. Lampung: IAIN Metro Press.
Ayuwardani, Rizky Primadita dan Isroah. 2018. “Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan terhadap Underpricing Harga Saham pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public yang terdaftar di Bursan Efek Indonesia Tahun 2011-2015”. Jurnal Nominal Vol. VII, No. 1, Tahun 2018: 148. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
B, Vovi Sinta. 2017. “Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang”. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Vol.1, No.1, Februari 2017: 18. Sumateri Selatan: STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur.
Basri, M dan Sumaryono. 2018. Media Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Damayanti, Dessy. 2014. “SIHAPES (Sistem Informasi Hasil Penilaian Siswa) bagi Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 7 Semarang” . Edukom: Edu Komputika Journal Vol.1, No.2, tahun 2014: 53. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Dokumentasi Profil SMA Negeri 2 Kota Pekalongan, dikutip pada tanggal 4 Februari 2022
Dokumentasi Sejarah dan Visi Misi SMA Negeri 2 Kota Pekalongan, dikutip pada tanggal 4 Februari 2022.
E, Ristya Widi. 2011. “Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi”. Stomatognatic (J.K.G) Vol.8, No.1, Tahun 2011: 27-31. Jember: Universitas Jember
Fikri, Hasnul dan Ade Sri Madona. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif, Cet ke-I. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Mahmudah, Umi Mahmudah. 2020. Metode Statistika Step by Step, Cet.II. Pekalongan: Penerbit NEM.
Ningrum. 2017. “Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol.5, No.1, 2017: 148. Lampung: UM Metro.
Nurdyansyah. 2019. Media Pembelajaran Inovatif, Cet ke-I. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Nurwidiyati, Dewi dan Mukminan. 2018. “Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil belajar Ekonomi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri”. Harmoni Sosial: Jurnal pendidikan IPS Vol.5, No,2, September 2018: 113. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Prambudi, Joko dan Jati Imantoro. 2001. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk pada UKM Maleo Lampung Timur”. Jurnal Manajemen Diversivikasi Vol. 1, No. 3, Tahun 2021: 691. Lampung: Universitas Muhammadiah Metro.
Rachmat, Listiani dan Hendri Winata. 2019. “Kompetensi Profesional Guru dan Media Pembelajaran Powerpoint sebagai Upaya untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran”. IP MANPER: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol.4, No.1, Januari 2019: 46. Bandung: Universitan Pendidikan Indonesia.
Rahmawati, Mega dan Edi Suryadi. 2019. ”Guru sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa”. IP MANPER: Jurnal Pendidikan manajemen Perkantoran Vol.1, No. 1, Januari 2019: 50-51. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rohmatin, Etika Nur. 2016. “Studi Hubungan Kesiapan Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Anak Tunagrahita Ringan”. Jurnal Pendidikan Khusus, 2016: 3. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Saadi, Fransiska. 2013. ”Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho”. Artikel Penelitian 2013: 5. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Salafudin. 2010. Statistika Terapan untuk Penelitian Sosial, Cet ke-4. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Suaib, Nurhidayah. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik terhadap Efektivitas Pembelajaran Peserta Didik MI DDI Silopo Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar”, Skripsi Pendidikan Agama Islam. Parepare: IAIN Parepare.
Sudatha, I Gede Wawan dan I Made Tegeh. 2015. Desain Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. Ke-27. Bandung: Alfabeta.
Sukring. 2016. “Pendidik dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta Didik (Analisis Perspektif Pendidikan Islam”. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Vol.1, No.1, Juni 2016: 1. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Sunaryo, Sony, Setiawan, dan Tiodora Hadumaon Siagian. 2011. “Mengatasi Masalah Multikolinearitas dan Outlier dengan Pendekatan Robpca (Studi Kasus Analisis Regresi Angka Kematian Bayi di Jawa Timur”. Jurnal Matematika, Saint dan Teknologi Vol. 12, No. 1, Tahun 2011: 3. Surabaya: Institut Sepuluh November.
Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, dan Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, Cet.I. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suwena, Kadek Rai Suwena dan Lulup Endah Tripalupi. 2015. Statistika Dasar, Cet ke-I. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahid, Abdul. 2015. “Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam”. Istiqra Vol. III, No. 1, September 2015: 21. Parepare: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Parepare.
Wahyuni, Dwi. 2005. “Pengaruh Kesiapan Belajar, Motvasi Belajar, dan Pengulangan Materi pada Pelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas II MA Al Asror Gunung Pati Tahun Pelajaran 2004/2005”, Skripsi Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Way. 2021. Pembelajaran Daring, SMA 2 Pekalongan Luncurkan Aplikasi “Smada Berkibar” diakses dari radarpekalongan.co.id pada 3 Oktober 2021 pukul 19.00.
23SK2321024.00 | SK PAI 23.024 IKA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain