SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak-Anak di Rumah Baca Taman Pustaka Rakyat di Desa Subah Kecamatan Subah Kabupaten Batang
Kata kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab.
Pendidikan karakter merupakan sesuatu yang sangat penting di era sekarang ini. Hal ini tentunya berkaitan dengan semakin merosotnya moral generasi muda. Karakter yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan adalah sebanyak 18 karakter, diantara karakter tersebut adalah karakter Tanggung Jawab. Karakter Tanggung Jawab menjadi pondasi penting dari pendidikan karakter karena dari Tanggung Jawab lahir tata aturan yang membuat manusia menjadi paham makna hak dan kewajiban. Demikian pula Rumah Baca Taman Pustaka Rakyat yang merupakan komunitas Rumah Baca yang selalu mengedepankan sikap dan perilaku pengunjungnya. Karakter tanggung jawab selalu digalakkan dalam setiap kegiatan di Rumah Baca Taman Pustaka Rakyat.
Atas dasar pemikiran diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter tanggung jawab pada anak-anak di Rumah Baca Taman Pustaka Rakyat di Desa Subah Kecamatan Subah Kabupaten Batang? 2) Bagaimana faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karater tanggung jawab anak-anak di Rumah Baca Taman Pustaka Rakyat di Desa Subah Kecamatan Subah Kabupaten Batang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter Tanggung Jawab di Rumah Baca Taman Pustaka Rakyat, serta menguraikan faktor penghambat dan faktor pendukung dari implementasi pendidikan karakter Tanggung Jawab di Rumah Baca Taman Pustaka Rakyat. Adapun kegunaan penelitian ini adalah 1) Bagi Rumah Baca dan Pengelola : Menambah wacana keilmuan yang berkaitan dengan pendidikan karakter Tanggung Jawab. 2) Bagi Pengunjung : menambah informasi mengenai pendidikan karakter Tanggung Jawab yang nantinya bisa diaplikasikan.
Dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menginterprestasikan data-data yang diperoleh dengan kata-kata. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Untuk menganasis data peneliti menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi pendidikan karakter tanggung jawab di Rumah Baca Taman Pustaka Rakyat di Desa Subah Kecamatan Subah Kabupaten Batang adalah dengan mengadakan kegiatan yang bernuansa Rumah Baca dan kearifan lokal. Dalam pelaksanaannya terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambatnya yaitu : sarana prasarana, perijinan orang tua, serta kegiatan rumah baca yang kurang konsisten. Adapun faktor pendukungnya adalah semangat stake holder, adat/kebiasaan, lingkungan masyarakat dan media sosial.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad A.K. Muda, 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Reality Publisher.
Ajizah, Noor. 2018. Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Organisasi “Pasukan Khusus Khadijah (Pasuskha)” Di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang, Skripsi Pendidikan, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Al-Abrasy, Athiyah. 1993. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Amini, Ibrahim. 2006. Agar tidak Salah Mendidik Anak. Jakarta: Al Huda.
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf, Bandung, CV. Pustaka Setia.
Anwar, Shabri Shaleh & Sudirman Anwar. 2014. Pendidikan Karakter Qur’ani. Tembilahan: Yayasan Indragiri.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Bumi Rineka Cipta.
Asmani, Jamal makmur, 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press.
Budiardjo, Miriam. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.
Djamil, M. Nasir. 2013. Anak Bukan Untuk Dihukum, Jakarta: Sinar Grafika.
Djatnika, Rachmat. 1992. Sistem Ethika Islami Akhlak Mulia, Jakarta : Pustaka Panjimas.
Djokowidagdho. 1994. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Emzir, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Fitri, Agus zaenal. 2012. pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Karakter, cet 1, Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Ghafur, Waryono Abdul. 2016. Persaudaraan Agama-agama. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Haqiqi, Muhammad Irwan. 2017. Karakter Tanggung Jawab Dan Keterampilan Komunkasi Matematis Pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan, Jurnal of primary education, volume 6 No 1 April.
Imam, Muhammad Khoirul. 2020. “Penanaman Karakter Bertanggung Jawab Peserta Didik Melalui Pendidikan Ekstrakurikuler Pecinta Alam Plasma di Smk N 2 Pekalongan”, Pekalongan: Skripsi Pendidikan IAIN Pekalongan.
Irina, Fristiana. 2016. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Parama Ilmu.
Jalaluddin. 2002. Mempersiapkan Anak Saleh. Jakarta: Srigunting.
Juliana, Dira dkk. 2017. Penanaman Karakter Melalui Metode Pembiasaan pada Sd Negeri 27 Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 4.
Kartika, Ayu. 2018. “Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu”, Bengkulu: Skripsi Pendidikan IAIN Bengkulu.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2014. Undang-undang Sisdiknas, Jakarta: Sinar Grafika.
Keraf, Sony. 2010. Etika Lingkungan, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia.
Ma’arif, Ahmad Syafi’i. 1995. Membumikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mitayani, Priska Yekti. 2018/2019. Tingkat karakter tanggung jawab siswa (studi deskripsi pada siswa kelas VII smp santo aloysius turi dan implikasinya pada usulan topik-topik bimbingan pribadi), Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.
Mulyasa, 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muslih, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Naim, Ngainun. 2012. Character Building, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Nata, Abuddin. 1999. Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Pujiawati, Reinanti. 2012. Peranan Kepramukaan Untuk Mengembangkan Karakter Tanggungjawab Anggota Pramuka Sebagai Salah Satu Upaya Membina Warga Negara Yang Baik : Studi Deskriptif Pada Gerakan Pramuka Di SMA Pasundan 1 Bandung. Skripsi. Bandung: FPIPS UPI.
Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siburian, Paningkat. 2011. Penanaman Dan Implementasi Nilai Karakter Tanggung Jawab, Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomer 1 Januari.
Silalahi, Ulber Silalahi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial, Bandung: PT. Refika Aditama.
Sugiyono, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Surya, Hendra. 2004. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kenca.
Syafitri, Rodhiyah. 2017. “Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions And Getting Answers Pada Siswa”. Jurnal Peneliatan dan Pengembangan Pendidikan Vol.1 No.2, Agustus.
Syarif, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al Quran, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Thomas, Lickona. 2013. “Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab”. Terjemahan oleh Wamaungo, J. A, Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia, 2008. “Kamus Bahasa Indonesia”, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasio.
Wiyani, Novan Ardy. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi, Jakarta : Prenadamedia Group.
Yusuf, L N dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.
23SK2321023.00 | SK PAI 23.023 EKO i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain