SKRIPSI PAI
Implementasi Program Literasi Dalam Membentuk Karakter Religius Anak TPQ At-Taqwa di Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: Karakter Religius, Taman Pendidikan Al-quran.
TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang saat ini bisa dibilang menjadi salah satu tujuan para orang tua untuk mendidik anaknya dalam belajar Al-Qur,an. Mengingat pentingnya pembelajaran Al-Qur’an dan tidak semua orang tua bisa mengajar anaknya mengaji serta penananam nilai karakter religius pada anak sejak dini maka keberadaan TPQ ini sangat membantu.: 1) Bagaimana Dampak Implementasi Program Literasi dalam Membentuk Karakter Religius Anak TPQ At-Taqwa di Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? 2) Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Program Literasi dalam Membentuk Karakter Religius Anak TPQ At-Taqwa di Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang?
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui rumusan masalah : 1) Bagaimana Implementasi Program Literasi dalam Membentuk Karakter Religius Anak TPQ At-Taqwa di Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? 2) Bagaimana faktor Implementasi Program Literasi dalam Membentuk Karakter Religius Anak TPQ At-Taqwa di Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Implementasi Program Literasi dalam Membentuk Karakter Religius Anak TPQ At-Taqwa di Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang 2) Untuk mengetahui faktor Implementasi Program Literasi dalam Membentuk Karakter Religius Anak TPQ At-Taqwa di Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan yaitu sumber data pimer dan sumber data sekunder. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Literasi dalam Membentuk Karakter Religius Anak TPQ At-Taqwa di Desa Widodaren Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang dapat disimpulkan bahwa, permasalahan yang terjadi di kelas tidak hanya di TPQ, tapi dari lingkungan. permasalahan yang terjadi bagi anak adalah latar belakang pendidikan, kurangnya dukungan dari orang tua, teman sebaya, dan sarana prasarana
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Jalil, Karakter Pendidik untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Nadwa. Hlm 182.
Abdul Majid. 2011. Pendidikan Karakter Persefektif Islam. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Ahsanulkhaq Moh, 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Prakarsa Paedgogja.
Akbar Ali, Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam Pembentukan Akhlak di Kalangan Remaja. Skripsi sarjana pendidikan.
Arikunto Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.
As’ad Human. Pedoman Pengelolaan Pembinaan dan Pengembangan. Yogyakarta.
Ashif Az Zafi & Rifa Luthfiyah, 2021. Penanaman Nilai Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Termulus, Jurnal Golden Age.
Awaliyani Mahmudiyah & Mulyadi, 2021. Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. Jurnal Pendidikan.
Aziz Ikhwan, 2018. Konsep Pendidikan dalam Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Relavansinya dengan Pendidikan di Indonesia, Jurnal Sumbula.
Azwar Syaifudin, 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Dr. Nusa Putra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo.
Dukha Yunitasari & Khirjan Nahdi. Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah. Ancangan Metode.
Fauzan Al Mansyur & M. Djunaedi Ghony. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Ar Ruzz Media.
Gunawan Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan Praktik. Jakarta. Bumi Aksara.
Hanun Emelia Afrida, Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar melalui Program Membaca Menyenangkan.Jurnal Pendidikan.
Hariyanto & Muclas Samani. 2011. Pendidikan Karakter Konsep dan Model. Bandung. Remaja Rodaskarya.
Ibnu Miskawaih. 2011. Menuju Kesempurnaan Akhlak. Bandung. Mizan.
Iriantara Riza, 2009. Literasi Media apa mengapa dan bagaimana. Bandung. Refika Ofset.
Jannah Miftahul, Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius. Jurnal Pendidikan.
Ma’rifah Nurul Kurratu’aini, Implementasi Gerakan Literasi melalui Pembiasaan Membaca pada Siswa. Skripsi sarjana pendidikan.
Moh Harun Al-Rasyid, Implementasi Pendidikan Karakter.
Muhadjir Noeng, 1998. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Rake Surasin.
Mulyasa, 2018. Manajemen Pendidikan Karater. Jakarta. Bumi Aksara.
Putra Nusa, 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Ratna Kutha Nyoman, 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu-Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Ratna Kutha Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu-ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Jogjakarta. Pustaka Pelajar.
Riza Ajharu, Peran Madrasah Diniyah dalam Pembentukan Karakter Religius Santri (studi di madrasah diniyah Awaliyah Al Muttaqin. Skripsi Sarjana Pendidikan.
Rohim Cahya Dhina & Rahmawati Septina, 2020. Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan.
Shanti Sudjarwati & Eni Fariyatul Wahyuni. 2020. Peran literasi Moral Meningkatkan Karakter Religius Anak Usia Dini. Jurnal nasional.
Siswanto, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Karakter Religius.1 Juni 2003.
Solehun, Nouval Rumaf & Rizal Hermawan, Pengaruh Literasi Terhadap Keterampilan Membaca.Jurnal Pendidikan.
Sugiyanto, 1999. Kajian Remaja di Lihat Teori Pengembangan. Jurnal Informasi.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. CV Alfabeta.
23SK2321022.00 | SK PAI 23.022 OKV i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain