SKRIPSI PAI
Peran Petugas Asrama Dalam Pendidikan Akhlak Santri Putra di Pondok Pesantren Ribatul Muta'alimin Kota Pekalongan
Kata Kunci: Petugas Asrama, Pendidikan Akhlak,.
Pendidikan tidak boleh dibatasi pada upaya mendiktekan pengetahuan kepada seseorang atau memberikan keterampilan tertentu kepadanya. Sesungguhnya pendidikan memiliki tujuan yang lebih jauh dari itu. Pendidikan bertujuan untuk memperbaiki akhlak, baik dalam skala individu maupun masyarakat. Yang jelas bahwa memberikan ilmu pengetahuan empiris an sich akan membuat individu dan masyarakat menyimpang kepada kejahatan yang tidak berujung. Jadi pembelajaran ilmu pengetahuan harus diiringi dengan pendidikan moral.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran petugas asrama dalam pendidikan akhlak santri putra di pondok pesantren Ribatul Muta’alimin Pekalongan dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat peran petugas asrama dalam pendidikan akhlak santri putra di pondok pesantren Ribatul Muta’alimin Pekalongan. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat menambah dan memperkaya khasanah keilmuan dunia Pendidikan Agama Islam dalam hal pembinaan akhlak santri. Secara praktis sebagai bahan masukan dan sebagai bahan evaluasi agar para pendidik dapat lebih memahami karakteristik peserta didik dan lebih mendalami langkah-langkah pembinaan akhlak santri.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research), teknik pengumpulan datanya dengan melakukan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah peran petugas asrama dalam pendidikan akhlak santri putra di pondok pesantren Ribatul Muta’alimin Pekalongan sangat penting, diantaranya adalah sebagai pengasuh, sebagai pengajar, sebagai pengawas, sebagai keamanan dan sebagai pelaksana hukuman. Faktor yang mendukung adalah kedekatan emosional, komitmen bersama, lingkungan pesantren yang kondusif dan kerjasama antar pembina asrama. Faktor penghambatnya adalah kesibukan pembina asrama dan mentor, pengaruh pergaulan diluar pesantren dan kurang terbukanya santri.
DAFTAR PUSTAKA :
A.M, Sardiman 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf . Bandung:CV Pustaka Setia
Arifin, Muhammad. 2000. Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdispliner. Jakarta: Bumi Aksara
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jogjakarta : Diva press
Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching disertai dengan pedoman pengalaman lapangan. Jakarta: Rajawali Pers
Dalimunthe, Sehat Sultoni. 2015. “Perspektif Al-Qur’an Tentang Pendidikan Aklhak”. Dalam Jurnal MIQOT. No. 1. Vol. XXXIX. Malikussaleh
Farid,Ahmad. 2012. Pendidikan Berbasis Metode Ahlus Sunnah Wal Jamaah. terjemah Najib Junaidi. Surabaya: Pustaka eLBA
Hadi, Amirul dan Haryono. 2005. MetodologiPenelitianPendidikan. Bandung: CV PustakaSetia
Hadi,Sutrisno. 1980. Metodologi Research I. Yogyakarta: PenerbitFakultasPsikologi UGM
Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hidayat, Nur. 2013. akhlak tasawuf . Yogyakarta: Penerbit Ombak
Idris, Chairani. 2015. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Elex Media
Ihtiarti. 2014. Peran Pembina Asrama dalam Pelaksanaan Program Pengembangan Kepribadian di Asrama SMP Muhammadiyah Al-Manar Galur Kulon Progo Yogyakarta. SKRIPSI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Krida Salsabila & Anis Husni Firdaus. 2018 “Pendidikan Akhlak Menurut Syeikh Kholil Bangkalan”. Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. No. 1. Vol. 6. Ciamis
Lillah, M. Fathu. 2015. Ta’lim Muta’allim. Kediri: Santri Salaf Press
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mucharomah, Miftah. 2017. “Kisah Sebagai Metode Pembentukan dan Pembinaan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an” (Pekalongan: Jurnal Edukasia Islamika
Muis, Abdul. 2015. “Peran Pesantren Dalam Pembinaan Akhlak di Era Globalisasi”. Dalam Jurnal Fenomena. No. 2. Vol. 14. Jember
Narbuka, Chalid dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2011. Akhlak Tasawuf. Jakarta:RajaGrafindo Persada
Nazir, Mohammad. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Nopianti, Risa. 2018. “Pendidikan Akhlak Sebagai Dasar Pembentukan Karakter di Pondok Pesantren Sukamanah Tasikmalaya”. Dalam Jurnal Patanjala. No. 2. Vol. 10. Tasikmalaya
Oktaviana, Wiwik. 2013. Peranan Kegiatan Pondok Pesantren Terhadap Perubahan Akhlak Masyarakat (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Wali Songo Di Kampung Sukajadi Kecamatan Bumi Ratau Nuban Kabupaten Lampung Tengah). Metro: koleksi Perpus IAIN
Prasodjo, Sudjono. 1982. Profil Pesantren. Jakarta: LP3S
Risnaedi, Laela. 2015. Metode Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri Kauman 07 Batang Tahun Ajaran 2014/2015. SKRIPSI STAIN Pekalongan
Sawaty, Ikhwan. 2018. “Strategi Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren”. Dalam Jurnal Al-Mau’izhah. No. 1. Vol. I. Parepare
Setyabudi, M. Nur Prabowo. 2016. Pengantar Studi Etika Kontemporer. Malang: Universitas Brawijaya Press
Subahri. 2005. “Aktualisasi Akhlak Dalam Pendidikan”. Dalam Jurnal Islamuna. No. 2. Vol. II. Pemekasan
Sudarsono. 1991. Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta : Teras
Umar, Bukhari. 2015. Hadits Tarbawi: Pendidikan dalam Perspektif Hadits. Jakarta: Amzah
23SK2321017.00 | SK PAI 23.017 FER p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain