SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Afektif Pada Mata Pelaajran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Satu Atap Kecamatan Kandangserang Kabupaten Tegal
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Afektif
Kuallitals bidalng imaln daln talkwal pendidikaln algalmal islalm dijaldikaln khusus untuk mencalpali hasil yang maksimal,l seperti yalng dilalkukaln setialp palgi sebelum mulalinyal pembelaljalraln peserta didik membaca Asmaul Husna dan dilanjutkan dengan tadarus All-Qur’aln dikelals malsing-malsing dipimpin oleh guru mata pelajaran jam pertama, salaman pagi, kegiatan infaq, melalkukaln berdoal bersalmal salalt alkaln melalksalnalkaln pelaljalraln dan sesudah pelajaran daln melalkukaln sholalt sunalh dhuhal di rumalh dan dilakukan di sekolah, sholat duhur berjamaah disekolah, puasa sunah Senin dan Kamis, melakukan kegiatan hari besar Islam seperti kegiatan Isra Mi’raj, dan maulid Nabi Muhammad SAW.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Alpal saljal falktor pendukung daln penghalmbalt pembelajaran afektif pada maltal pelaljalraln Pendidikaln Algalmal Islalm di SMP Negeri 3 Satu Atap kecamatan Balapulang kabupaten Tegal. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Afektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran afektif di SMP Negeri 3 Satu Atap Balapulang Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Kegunaan penelitian ini sebalgali bentuk kontribusi dallalm menalmbalh walwalsaln sertal ilmu pengetalhualn mengenali bentuk pembelajaran afektif pada maltal pelaljalraln Pendidikan Agama lIslam.
l Jenis penelitialn yang digunakan adalah kuallitaltif, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui tahapan redukasi data, penyusunan data, dan pengambilan kesimpulan.
Pada hasil penelitian di sini ada beberapa temuan yang di dapatkan bahwa Implementasi Pembelajaran Afektif di SMP Negeri 3 Satu Atap Balapulang Kabupaten Tegal seperti: 1) perencanaan sepert3i guru menganalisis dan melakukan assesment, merencanakan menyusun RPP yang memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan metode penelitian. 2) pelaksanaan seperti menerapkan pembiasaan seperti tadarus al-Qur’an, membaca Asmaul Husna, salaman pagi, puasa sunah Senin dan Kamis, sholat duha, sholat dzuhur berjamaah, infaq, dan kegiatan hari besar Islam. 3) evaluasi seperti menganalisis hasil evaluasi dan observasi sikap, sikap sosial dan sikap spiritual. Evaluasi sikap seperti sikap, dan evaluasi proses. Faktor pendukung seperti lingkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat seperti tempat ibadah, LCD, sarana dan prasarana, pergaulan teman sepermainan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abadi Fauziah Aldila. 2021. Pelaksanaan Evaluasi Afektif Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTS N Se-Bandar Lampung. Skripsi Sarjana Pendidikan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Alifah Nur Fitri. 2019. Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Jurnal Tadrib. Vol V, No. V.
Basrowi, Siskandar. 2012. Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Bandung: Karya Putra Darwati.
Depikbud. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fadli Zul Muhammad. 2020. Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Whatsapp Group. Surabaya: Journal of Islamic Education Policy Vol. 5, No. 2.
Hamalik Oemar. 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hawi Akmal. 2013. Kompetensi Guru PAI. Jakarta: Rajawali Pers.
Hurlock, E.B. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Jundi Muhammad. 2019. Aspek Afektif Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Arab Berdasarkan KMA 183 Tahun 2019. Malang: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 2, No. 2.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagravindo Persada.
Latifah Isnaeni Nur. 2019. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ranah Afektif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Skripsi Sarjana Pendidikan.
Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Marimba D Ahmad. 1962. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Al-Ma’arif.
Marzuki. 2001. Metodologi Riset. Yogyakarta: BPEE UII Yogyakarta.
Milles dan Huberman. 1992. Aanalisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam diSekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rosyidah Lathifatur, dkk. 2021. Problematika Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama. Kediri: Jurnal Inovatif Volume 7, No. 2.
Saefudin Anwar. 2001. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sagala Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta.
Sanjaya Wima. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Pernada Media Group.
Singarimbun Masri Singarimbun, Efendi Sofian. 2008. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Soekamti Toeti. 1993. Perancangan dan Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Intermedia.
STAIN Pekalongan. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi Program Strata 1 STAIN Pekalongan. Pekalongan: STAIN Press
Sudjana Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjiono Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sumiati, dan Arsa. 2015. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sutirna. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi Offset.
Suwandi Reko. 2019. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Ranah Afektif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 26 Rejang Lebong. Skripsi Sarjana Pendidikan. Curup: Institut Agama Islam Negeri Curup.
Tafsir Ahmad. 2004. Ilmu Pendidikan dalam Persepektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tausih Utsma Tsania. 2021. Pelaksanaan Penilaian Ranah Afektif Menggunakan Google Form di Era New Normal. Malang : Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 7, Nomor 2.
Usman Nurdin. 2022. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahid Muamar Arif. Taksonimi Tujuan Pembelajaran afekti hhttps://lpm.amikompurwokerto.ac.id/taksonomi-tujuan-pembelajaran-afektif, diakses pada Tanggal, 13 Juni 2022, pukul 10.00 WIB.
Wingkel W.S. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Zainiyah Salamah Husniatus. 2010. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif. Surabaya: Putra Media Nusantara & IAIN Press Sunan Ampel PMN Anggota IKAPI Jatim.
Zuhairini dkk. 1993. Metodologi Pendidikan Agama. Solo: Ramdhani.
23SK2321016.00 | SK PAI 23.016 AST i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain