SKRIPSI PAI
Pendidikan Budi Pekerti Dalam Keluarga di Desa Kendayakan Kecamatan Warungreja Kabupaten Tegal
Kata Kunci:Pendidikan Budi Pekerti, Pendidikan Keluarga.
Degradasi moral yang sedang melanda bangsa Indonesia harus segera ditangani karena dapat merusak tatanan hidup sosial masyarakat. Hal ini dapat berimbas pada harkat dan martabat bangsa Indonesia sebagai negara berketuhanan dan mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.Pendidikan Budi Pekerti dalam keluarga merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk memberikan landasan moral, etika dan pengajaran bagi seluruh anggota keluarga terutama anak-anak yang sangat membutuhkan arahan dan bimbingan dari kedua orang tua, sehingga bisa tumbuh dan berkembang selaras dengan dirinya, orang tua dan ajaran agama. Pendidikan budi pekerti menitikberatkan pada aspek afeksi dan psikomotorik anak, dimana harapan akhirnya adalah terwujudnya anak yang memiliki integritas moral.
Dalam penelitian ini, penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi konsep pendidikan budi pekerti dalam keluarga di Desa Kendayakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal?, (2) Apa yang menjadi hambatan orang tua dalam menanamkan pendidikan budi pekerti dalam keluarga?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi dasar-dasar pendidikan budi pekerti dalam keluarga menurut Ki Hajar Dewantara dan Iman Ghazali di Desa Kendayakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal, (2) Untuk menganalisis hambatan yang dihadapi orang tua dalam menenamkan pendidikan budi pekerti dalam keluarga.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berarti peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa masyarakat di Desa Kendayakan orang tua menanamkan pendidikan budi pekerti dengan menggunakan berbagai metode, dimana metode tersebut menekankan pada kesadaran dan tanggung jawab yang dimiliki anak. Orang tua harus selalu membimbing anak supaya memiliki kesadaran dan tanggung jawab dalam setiap perbuatan yang dilakukan anak dalam kehidupan sehari-hari. metode pendidikan budi pekerti atau pendidikan akhlak dalam keluarga tersebut sesuai dengan teori Imam Al Ghazali dalam Ihya Ulumudin, yaitu dengan metode keteladanan, metode pemberian nasihat dan metode pemberian hukuman mampu merubah karakter, serta watak yang dimiliki manusia dengan jalan konsep I’tidal (keseimbangan), dalam artian manusia mampu memposisikan diri sesuai dengan batas kewajaran.metode yang digagas Ki Hajar Dewantara dalam penanaman budi pekerti yaitu, Metode Ngerti (kognitif), Ngrasa (afektif), dan Ngelakoni (psikomotorik). Metode tersebut dilakukan orang tua dalam pendidikan budi pekerti pada anak. Ki Hajar Dewantara mengingatkan, bahwa segala sesuatu dalam kehidupan memerlukan sebuah pengertian, kesadaran dan kesungguhan pelaksanaannya. Mengetahui dan mengerti segala sesuatu saja tidak cukup, apabila tidak merasakan dan menyadari, serta tidak ada artinya apabila tidak melaksanakan dan memperjuangkannya.
DAFTAR PUSTAKA :
Abidin, M. N. Zainal. 2019. “Pendidikan Karakter Menurut Islam dalam Perspektif Imam Al-Ghazali”. Jurnal Akademika, vol. 1, No. 1.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Atabik, Ahmad dan Ahmad Burhanuddin. 2015. “Konsep Nasih Ulwah Tentang Pendidikan Anak”. Jurnal ELEMENTARY, Vol. 3, No. 1.
Azkiah, Hastin. 2021. Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan (Ecopedagogy) di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan dan sains, Vol. 03, No. 3.
Baiquni, Ahmad Nizar. 2016. Jika Salah Mengasuh dan Mendidik Anak. Yogyakarta: Sabil.
Bariroh, Siti, 2014. Skripsi. “Pendidikan Budi Pekerti (Studi Komparasi Ki Hajar Dewantara dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi)”. Yogyakarta: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.
Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Daradjat, Zakiah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajat, Zakiyah. 1971. Membina Nilai-Nilai Moral Indonesia. Jakarta: bulan Bintang.
Daulay, Haidar Putra. 2006. Pendidikan Islam (Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia), Cet. 2. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman siswa.
Djamal , M. 2018. “Metode Hukuman dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Jurnal Al-Ghazali, Vol. 1, No. 1.
Elfrianto. 2015. “Urgensi Kesinambungan Pendidikan Budi Pekerti di rumah dan sekolah”. Jurnal EduTech, Vol. 1, No. 1.
Fatimah, Siti. 2016. “Implementasi Pendidikan Budi Pekerti dalam menanggulangi kenakalan siswa”. Jurnal Civic Hukum, Vol. 1, No.1.
Gendis, 2022 Murid Madrasah Diniyah Taklimiyah Ula NU Kendayakan, Wawancara Pribadi.
Hadi, Rosita. 2012. Menggenggam Jiwa Anak. Bandung: PT. Citra Rosa Mulia.
Hanin. 2022. Murid Madrasah Diniyah Taklimiyah Ula NU Kendayakan, Wawancara Pribadi.
Hasballah, Jamaliah. 2015. “Pendidikan Aqidah Rumah Tangga”. Jurnal Intelektualita, Vol. 3, No. 1.
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan; Umum dan Agama Islam-Ed Revisi-8. Jakarta: Rajawali Pers.
Hasnawati, 2018. “Pelaksanaan Pendidikan Budi Pekerti dalam Membentuk Karakter siswa di sekolah Menengah Pertama Negeri Tembilah Hulu”, Jurnal Mitra PGMI, Vol. 1, No 1.
Hendrowibowo, L. 1996. “Pendidikan Moral Dalam Keluarga”, Jurnal Dinamika Pendidikan. Vol.1, No. 1.
Idi, Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu. Jakarta: Rajawali Pers.
Indra, Hasbi. 2017. Pendidikan Keluarga Islam Membangun Generasi Unggul. Yogyakarta : Deepublish.
Jugianto, 2008. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Jugianto. 2008. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Kartimah. 2022. warga Desa Kendayakan, Wawancara Pribadi.
Khairu, Sulistyowati. 2014. kesalahan Fatal Orang Tua dalam Mendidik Anak Muslim. Jakarta Selatan: Dan Idea.
Khomaeny, Elfan Fanhas Fatwa. 2019. Islam dan IPTEKS (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan III), Tasikmalaya: Edu Publisher.
Latifh, Nur. 2015. Pendidikan dan Penanaman Budi Pekerti”. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, Vol. 1, No. 2.
Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani Press.
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mardiyah. 2015. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak”. Jurnal Kependidikan, Vol. III, No. 2.
Mujib, Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Murtinah. 2022. Warga Desa Kendayakan, wawancgara pribadi.
Musnaeni. 2022. Warga Desa Kendayakan, wawancara pribadi.
Nadziroh, 2017. “Implementasi Ajaran Ketamansiswaan Tri-Nga (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni) untuk menanamkan budi pekerti luhur dalam perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Taman Cendikia, Vol. 01, No. 02.
Nur Cholik. 2022. Warga Desa Kendayakan, Wawancara Pribadi.
Pontara. 2022. Warga Desa Kendayakan, Wawancara Pribadi.
Purwanto, Ngalim. 2014. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Qomariyah. 2022. warga Desa Kendayakan, wawancara pribadi.
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo.
Rahman ,Abdul dan Nurhadi. 2020. Konsep Pendidikan Akhlak, Moral, dan Karakter dalam Islam. Pekanbaru: Guepedia.
Rahman, Abdul dan Nurhadi. 2020. Konsep Pendidikan Akhlak, Moral, dan Karakter dalam Islam. Pekanbaru: Guepedia.
Rohmah, Hidayatur. 2019. Pembinaan Karakter Siswa di SMP Negeri 4 Metro. Jurnal RI’AYAH, Vol. 4 No. 1.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Saerih. 2022. Warga Desa Kendayakan, wawancara pribadi.
Santosa, Slamet. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Gelora Aksara Utama.
Sholeh, Moh. dan Imam Musbikin. 2005. Agama Sebagai Terapi Telaah Menuju Ilmu Kedokteran Holistik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Su’dadah, 2014. “Pendidikan Budi Pekerti (Integrasi Nilai Moral Agama dengan Pendidikan Budi Pekerti)”. Jurnal Kependidikan, Vol. II, No. 1.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Suharto. 2022 Warga Desa Kendayakan , wawancara pribadi.
Sulistyoko, Arie. 2018. “Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan Anak di Era Kosmopolitan”. IQRO: Jurnal Of Islamic Education, Vol. 1, No. 2.
Sunaryo, Edi. 2013 “Model pendidikan budi pekerti berbasis cerita anak untuk penanaman nilai etis-spiritual”, Jurnal LITERA, Vol. 12, No. 2.
Surya, Hendra. 2010. Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Suryadarma, Yoke dan Ahmad Hifdzil Haq. 2015. “Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali”. Jurnal At-Ta’dib, Vol. 10, No. 2.
Susanto, Sony. 2018. Dokumentasi Desa Kendayakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal.
Tariah, 2022. Masyarakat Desa Kendayakan, wawancara pribadi.
Warsah, Idris. 2020. pendidikan Islam dalam Keluarga. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.
Wibawa, Lutfi dan Hiryanto. 2015. “Pelatihan Penanaman Budi Pekerti pada Remaja dengan Pendidikan Berbasis Keluarga” Jurnal TEKNODIKA, Volume 13, Nomor 1.
Widiyanti, Anjar. 2017. Skripsi. “Implementasi Pelajaran Budi Pekerti Dalam Membentuk Disiplin Siswa Di SMP Negeri 6 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018”. Salatiga: Perpustakaan IAIN Salatiga.
Yulianti. 2016. Pendidikan etika dan budi pekerti berbasis karakter. Malang: Ediide Infografika.
Yulianti. 2016. Pendidikan etika dan budi pekerti berbasis karakter. Malang: Ediide Infografika.
Yunita, Agus. 2016. “Peran keluarga dalam Pembinaan Budi Pekerti Anak Usia sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsiyah, Vol. 1, No. 1.
Zamroni, Amin. 2017. “Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak”. Jurnal SAWWA, vol. 12, Nomor. 2.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Zuhriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Prespektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
23SK2321015.00 | SK PAI 23.015 UMI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain