SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Batang
Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Kecerdasan Emosional.
Kecerdasan emosional atau sring disebut (EQ) ialah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Kecerdasan emosional ini tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual (IQ), karena kecerdasan emosional bertanggung jawab atas keberhasilan sebesar 80%, dan 20% ditentukan oleh kecerdasan intelektual (IQ). Dari hal ini, di SMA N 2 Batang Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengajak siswa siswi nya untuk mengembangkan kecerdasan emosional pada diri masing-masing.
Berdasarkan uaraian tersebut maka permasalahan yang dapat di rumuskan ialah (1) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Batang? Bagaimana faktor penghambat upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan emosinal siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Batang?
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif . Adapun sumber data yang di gunakan yaitu data-data primer dan juga sekunder. Data akan di analisa melalui deskripsi analisis kualitatif. Kehadiran peneliti sangat penting untuk menggali inormasi dalam memperoleh data. Sumber data penting dari penelitian ini adalah kata-kata dalam bentuk wawancara, dokumentasi dan juga observasi. Analisis yang dilakukan yaitu dengan cara menelaah seluruh data, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengkategorikan sebuah data. Tahap terakhir yaitu mengecek keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru PAI di SMA N 2 Batang dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa ada beberapa upaya guru PAI yang di laksanakan, antara lain: Melalukan Kegiatan Keagamaan Tadarus, Ketrampilan Sosial, Melakukan diskusi dan tanya jawab, Memberikan Motivasi. (2) Faktor yang menghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional, antara lain faktor internal: dalam diri siswa itu sendiri, faktor eksternal dari pola asuh orangtua, pergaulan dan media gadget. Upaya yang harus dilakukan ialah mengevaluasinya.
DAFTAR PUSTAKA :
Annisa, Dwi Elok. 2019. “Korelasi antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Moga Kabupaten Pemalang”. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Arif, Muh. 2020. Profesi Kependidikan. Sumatera Barat; Insan Cendekia Mandiri.
Asri, Sukma Berlian. 2022. Siswa Kelas XI MIPA 2. Wawancara Pribadi. Batang: SMA N 2 Batang.
Azahra, Calista Athaira. 2022. Siswa Kelas XI MIPA 1. Wawancara Pribadi. Batang: SMA N 2 Batang.
Dewi, Tilam Sari. 2016. Upaya Guru Pai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Di Smp Negeri 1 Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Salatiga: UIN Salatiga.
Depag RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Penerbit Diponegoro.
Dokumentasi SMA Negeri 2 Batang, diambil pada tanggal 20 Mei 2022
Drajat, Zakiyah. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartomo, Susanto. 2006. Konsep Pendidikan Akhlak Anak dalam Islam (Studi Kitab Akhlaqum Libanin). Pekalongan: STAIN Pekalongan.
Hasan, Said. 2018. Profesi dan Profesionalisme Guru. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru PAI, Jakarta; Rajawali Pers.
Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Referensi.
Junifar, Nurdiansyah. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar TerhadapTingkat Pemahaman Akuntansi”. Surabaya: Jurnal Ilmu dan Riset Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA)), No. 5.
Khoirunnisak, Siti. 2013. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional Siwa di Martia Bhakti Bekasi, Skripsi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Khomariyah, Wiwik. 2022. Guru PAI BP Kelas XI. Wawancara Pribadi. Batang: SMA N 2 Batang.
Kinasih, Wahyu Penembangan Kecerdasan Emosional Siswa Melalui Metode bercerita, bergambar di Raudlatul Atfhal Masyitoh Pesalakan Batang, Skripsi Pendidikan Agama Islam. Pekalongan: STAIN Pekalongan.
Mahanggoro, Tri Pitara. 2018. Melejitkan Prodduktivitas Kerja dengan Sinergisitas Kecerdasan (ESPQ) Tinjauan Studi Ilmu Kesehatan. Yogyakarta; CV Budi Utama.
Mahmud, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2012), hlm. 15.
Mataputun, Yulius. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual terhadap Iklim Sekolah. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Matta, M. Anid. 2006. Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat.
Mawardi, Pitalis. 2020. Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah dan Best Practice. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodakarya.
Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Muhibah, Siti. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi. Jurnal Untirta, No. 1, III.
Mulyaningsih, Riska Dwi. 2022. Siswa Kelas XI IPS 1. Wawancara Pribadi. SMA N 2 Batang.
Mutmainah, Hasanatul. 2018. “Upaya Guru PAI dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bojongnegoro”. Jombang: At-Tuhfah: Jurnal Keislaman) Vol.7, No.1.
Nata, Abudin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta; Kencana.
Nurbaiti, Siti. 2017. Strategi Guru Dalam Meningkatkan kecerdasan Emosi (Emotional Quetiont) Melalui Penidikan Agama Islam Di SMA 2 Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam.
Rahmat, Pupu Saeful. 2018. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Timur; PT Bumi Aksara.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. 2008. Jakarta; Kalam Mulia.
Rukhayati, Siti. 2020. Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al Falah Salatiga. Salatiga; LP2M.
Suciati, Wiwik. 2016. Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Bandung: CV. Rasi Terbit.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surbakti. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan. Jakarta: PT.Gramedia.
Syamsul Huda Rohmadi, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta; Araska, 2012), hal. 143
Tafsir, Ahmad. 2011. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Sistem Nasional. 2008. Jakarta: Sinar Grafika.
WS, Indrawan. 2010. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jombang; Lintas Media.
Zhafirah, Kayla. 2022. Siswa Kelas XI IPS 2. Wawancara Pribadi. Batang: SMA N 2 Batang.
23SK2321012.00 | SK PAI 23.012 DEW u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain