SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Siswa Program Tahfidz Al-Qur'an di SMA Al-Hikmah Sirampog Kabupaten Brebes
Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter,Siswa, Program Tahfidz.
Pendidikan karakter bagi siswa program tahfidz Al-Quran bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Pada dasarnya, pendidikan adalah upaya untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu hidup dengan baik dalam masyarakatnya, mampu dalam meningkatkan kualitas hidupnya sendiri serta memberikan kontribusi yang bermakna dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas hidup dalam bermasyarakat dan bebangsanya. Namun hal tersebut hanya dapat diraih apabila setiap sekolah memliki cara sendiri dalam menerapkan kebiasaan dalam membentuk pendidikan berkarakter khusus melalui program tahfidz Al-Quran sehingga siswa akan lebih mudah dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Sehingga dalam prosesnmenghafal Al-Quran, siswa bukan hanya menghafalnakan tetapi dan belajar dari teori maupun makna atau kandungan pembelajaran sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata yang akan datang bagi siswa dalam mengarungi kehidupan selajutnya dengan penanaman pendidikan karakter.
Adapun rumusan masalahnya, yaitu bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dalamnProgram kelas TahfidznAl-Qur’an Di SMA Al-Hikmah Sirampog Kabupaten Brebes dan bagaimana implementasi Pendidikan Karakter Bagi siswa dalam Program.Tahfidz Al-Qur’an Di SMA Al-Hikmah Sirampog Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktik belajar dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Di SMA Al-Hikmah Sirampog Kabupaten Brebes dan untuk mendeskipsikan implementasi pendidikan karakter belajar bagi siswa ProgramnTahfidz Al-Qur’an. Di SMA Al-Hikmah Sirampog Kabupaten Brebes.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan Fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pendidikan karakter dalam pembelajaran kelas tahfidz Al-Qur’an pada SMA AL-Hikmah Sirampog Brebes sudah berjalan dengan baik dan efektif. Terdapat empat kegiatan dalam pembelajaran program Tahfidz Al-Quran yaitu Tahsinul Qiroah, Setoran Hafalan, murojaan, Tasmi’ul Quran (Simaan). Dari kegiatan tersebut mampu menanaman nilai-nilai karakter pada siswa : (percaya diri, Jujur, Bekerja Keras, Berfikir Positif, Memanfaatkan Waktu, Mandiri, Memiliki Harga Diri, hemat atau sederhana, memelihara amanah, Bersyukur) yang telah dibiasakan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah dalam terjun di masyarakat dan pesantren dalam program pembelajaran Tahfidz Al-Quranu.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul, Said Adhim.2013. Nikmatnya Membaca al-Qur’an, Solo: Aqwam.Ahmadi,
Abu. 2013. Metodologi Penelitiann . Jakarta: Bumi Aksara.
Amri, Ulil Syafri. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Jakarta : Rajawali Press.
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kalitatif.Sukabumi : CV Jejak.
Al-Qaradhawi, Yusuf. 2000. Bagaimana Berinteraksi dengan Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Ardy, Novan Wiyani. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa.Yogyakarta: Teras.
Asrofi, Muhammad Awali Mursalin. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an (Juz Amma) Di Smp Negeri 9 Malang.Malang. Skripsi. Metro : Institut Agama Islam Negeri Metro
Bhinnety, Magda. 2016. Struktur dan Proses Memori. Jurnal Buletin Psikologi, Vol.16, No. 2
Eldeeb, Ibrahim. 2009. Be a Living Qur’an Petunjuk Praktis Penerapan Ayat-Ayat al-Qur’an dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jakarta : Lentera Hati.
Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hajar, Ki Dewantara. 1961. Pendidikan. Jogjakarta : Percetakan Taman Siswa.
J, Lexy Moeloeng.2004. Metodelogi penelitian kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosakarya.
Islam, Burhanul Azzarnuji. 2012. Terjemah Kitab Ta’lim Muta’lim. Surabaya : Al Miftah.
Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Koesoema, Doni. 2010 Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta : Grasindo.
Lawrence, W. Neuman. 2016. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks.
Muhyidin, Muhammad. 2008. Mengajar Anak Berakhlak Al-Qur’an. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyasa. 2013. Manajeman Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.
Munir Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Muri, Ahmad Yusuf. 2014. Metode Penelitian. Jakarta :PT. Bumi Aksara.
N, Sudirman. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nadhiroh, Lela. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Tahfidz Al-Qur’an Siswa Kelas Iv Min Kalibuntu Wetan Kendal Tahun Ajaran 2017/2018. Skipsi. Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nafi’ah, Rochmatun. 2018. Efektivitas Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Memperkuat Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lasem. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Narbuko, Cholid dan H. Abu Achmadi. 2013. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Nasih, Abdullah Ulwan. 2006. Ensiklopedia Pendidikan Akhlak MuliaPanduan Mendidik Anak Menurut Metode Islam jil.9. Jakarta : PT Ikrar Mandiri Abadi,.
Poerwardarminta, WJS. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Putro, Eko Widoyoko. 2013. Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian. Yoyakarta : Pustaka Media.
Rachmawati, Eka. 2017. unipdu, Jurnal Pendidkan Islam. (Jombang: dari Journal UniversitasnPesantren TingginDarul Ulum(Unipdu) JombangnVol.1, No.1,
Ramayulis. 2015. Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta: Kalam Mulia
Riyadh, Sa’ad. 2009. Anakku Cintailah Al-Quran. Jakarta : Gema Insani.
Sa’dullah. 2011. 9 Cara Cepat Menghafal Al-Quran. Jakarta : Gema Insani.
Sanusi, Ahmad. 2017. Sistem Nilai. Bandung: Nuansa Cendekia.
Slamet, Moh. Untung. 2019. Metodologi Penelitian: Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Litera.
Sijanti, Dkk. 2007. Etika Membangun Masyarakat Islam Modern. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Subur. 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta : Kalimedia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif). Bandung : Alfabeta.
Sugiono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung : Alfabeta
Supriyatun, Asih. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter DalamPembelajaran Tahfidzul Qur’an Pada Siswa Smp Islam Al-Azhar 15 Cilacap. Skripsi Purwokerto : IAIN Purwokerto.
Ungguh, Jasa Muliawan. 2008. Pendidikan Islam Integratif,. Yogyakarta : pustaka Belajar.
Zain, Muhaimin. 1988. Tata Cara /Problematika Menghafal Al-Quran. Jakarta : Pustaka Al-Husna.
Zainuddin, Al-Imam Ahmad bin Abdul-Lathif. 2001. Ringkasan Shahih Albukari. Bandung : Mizan.
Zubaedi. 2017. Strategi Pendidikan Karakter untuk Paud dan Sekolah. Depok : Rajawali Pres.
Zulfitria. 2017. Peranan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. dalam JurnalnKajian Penelitian Pendidikanndan Pembelajaran Vol.1,No.2
23SK2321011.00 | SK PAI 23.011 MUH i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain