SKRIPSI PAI
Pengaruh Metode Menghafal Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kelas XI Mata Pelajaran PAI di SMA N 1 Pagerbarang Kabupaten Tegal
Kata Kunci: Metode Menghafal, Hasil Belajar Ranah Kognitif
Metode menghafal merupakan suatu cara dalam belajar dengan menanamkan materi dalam ingatan. Metode menghafal ini pasti mempunyai dampak-dampak dalam berbagai ranah pendidikan, baik itu ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Akan tetapi dalam penelitian ini, peneliti hanya mencakupkan metode menghafal terhadap hasil belajar ranah kognitif saja. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh metode menghafal terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI mata pelajaran PAI di SMA N 1 Pagerbarang Kabupaten Tegal
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Terdapat 74 sampel dari banyaknya jumlah populasi sebesar 280 siswa. Uji instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan bantuan program SPSS 25. Sedangkan uji asumsi klasik yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh metode menghafal terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Pagerbarang Kabupaten Tegal. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji T dengan hasil Sig. 0,000 < 0,05 dan 5,817
2,379 = Ho ditolak dan Ha diterima, dan dibuktikan berdasarkan uji F Sig.
0,000 0,05, dan 33,832 3,97 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana nilai = 33,832 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 0,05. Kemudian hasil dari uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,320, yang berarti pengaruh metode menghafal terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI mata pelajaran PAI berdasarkan perhitungan menggunakan rumus koefisien determinasi yaitu 32%. Sedangkan sisanya 68% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tercantum dalam penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
DAFTAR PUSTAKA :
Abd. Malik, Sidik. 2019. “Penerapan Metode Menghafal dalam Pembelajaran Alquran Hadis Siswa Kelas VIII Pondok Pesantren Manahil Al-Irfan MTs. Nurul Kawakib Atuwalupang Kec. Buyasuri Kab. Lembata NTT”. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Abu bakar, Rifa’i. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA Press UIN Sunan Kalijaga
Aliyah, Niswatul. 2015. “Pengaruh Kemampuan Menghafal terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI dalam Bidang Studi Alquran Hadis di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Karangmalang Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Jepara: UNISNU.
Arif, Armei. 2001. Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press
Assjari, Musjafak dan Sufi Ainun Farhan. 2012. “Pengaruh Metode Tasmi’ terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek Alquran Pada Anak Cerebral Palsy”, Jurnal Pendidikan, No.1, XI
Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
B. Hurlock, Elizabeth. 1993. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Eliya, Fadillah, Muhammad Ali. 2016. “Peningkatan Perkembangan Kognitif untuk Menghafal Nama Malaikat dengan Metode Bernyanyi. Pontianak: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, No 1, V.
Gusniarti. 2011. “Penerapan Metode Hafalan dengan Teknik Bagian-bagian untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-surat Pendek pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SDN 018 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar”. Skripsi. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim.
Hadi Haryono, A mirul. 2005. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Pustaka Setia
Hamruni. 2009. Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Cet. II (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008), hlm. 186
Hartati, Nety dkk. 2003. Islam dan Psikologi. Jakarta: UIN Jakarta Press
Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Hermawan, Asep dan Husna Leila Yusran. 2017. Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Depok: Kencana
Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method. Kuningan: Hidayatul Quran
Husna, Asmaul dan Budi Suryana. 2017. Metodologi Penelitian dan Statistik. Jakarta Selatan: Tim P2M2
Indrijati, Herdina. 2017. Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana.
Indriyani, Eneng Fitri Hidayat, dkk. 2020. “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V”. Banten: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 4, No. 1
Kaussari. 2019. “Efektivitas Metode Hafalan terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Santri di TPA Muhadz Dzabul Akhlak Lung IE”. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar -Raniry.
Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta, Rajawali Press
Kirom, Askhabul. 2017. “Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran”. Pasuruan: Jurnal Pendidikan Agama Islam, No.1, III
Latan, Hengky dan Selvi Tamalangi. 2013. Analisis Multivariat Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SPSS 20,0.Bandung: ALFABETA
Mahmudah, Umi. 2020. Metode Statistika Step By Step. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Miranda, Yula. 2006. Penerapan Pembelajaran Metakognitif dalam Dunia Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya
Mustafa. 2020. “Pengaruh Metode Menghafal dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Alquran”. Jakarta: Journal of Islamic Education, No.02, II.
Mustafidah, Yunita Ismatul. “Tahap-tahap Kerkembangan Kognitif Piaget”.https://www.kompasiana.com/yunitaizmatulmustafidah/552e2e9a6ea834c4168b45bc/tahaptahap-perkembangan-kognitif-piaget (diakses pada tanggal 21 Mei 2022 pukul 19.15)
Mustakim, Zaenal. 2009. Strategi dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: GamaMedia.
Mustopa, Zainal. 2003. “Pengaruh Hafalan surah-surah Pendek terhadap Minat Belajar PAI Siswa SDN 63 Prepare” .Skripsi. Prepare: STAIN Prepare
Nawari. 2010. Analisis Regresi dengan Ms. Excel dan SPSS. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Purwanto, M. Ngalim. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Salafudin. 2014. Statistik Inferensial. Pekalongan: STAIN Pekalongan
Salim dan Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis.Jakarta: Kencana.
Silawati, Lena, M. Syukri, Halida. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menghafal Surah Pendek dengan Metode Drill pada Anak Usia 4-5 Tahun” Pontianak: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, No 3, V.
Siregar, Syofiyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Sudarmanto, Eko dkk. 2021. Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif.Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sudirman, N. 1992. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sujarweni, Wiratna dan Poly Endrayanto. 2012. Statistik untuk Pendidikan.Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. Uji Khi KHI Kuadrat dan Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta Graha Ilmu
Supratiknya. A. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Syah, Muhibbin, 2014. Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik.Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Syahrum dan Salim. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media
Margono, S. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta . Uhbiyati, Nur. 2005. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Untung , Moh. Slamet. 2019. Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik RisetPendidikan dan Sosial). Yogyakarta: Litera.
Wulan, Ratna. 2011. Mengasah Kecerdasan pada Anak (Bayi-Pra Sekolah).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
W. Santrock, John. 2007. Psikologi Pendidikan Terjemahan Tri Wibowo B.S.Jakarta: Kencana.
Yolanda, Finda. 2018. “Perkembangan Kognitif Anak Usia Belum Enam TahunBersekolah di SD X”. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.
Zamzami, Juhaenit. 2013. “Pengaruh Metode Menghafal Cepat (Magic Memory) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran dan Hadis di Kelas V (Studi Kasus MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon)”. Skripsi. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati.
.
23SK2321008.00 | SK PAI 23.008 GIT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain