SKRIPSI PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Menulis Al-Qur'an Siswa Kelas X SMK Diponegoro Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Strategi, Baca Tulis Al-Qur’an, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas X (Sepuluh) di SMK Diponegoro Karanganyar yang mana sekolah tersebut memiliki cita-cita sebgai sekolah menengah kejuruan yang berbasis pondok pesantren. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menggali lebih jauh strategi yang dilakukan oleh sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas X (Sepuluh) di SMK Diponegoro Karanganyar beserta faktor pendukung dan penghambatnya.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa saja kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas X (Sepuluh) dalam membaca dan menulis Al-Qur’an di SMK Diponegoro Karanganyar. Kemudian bagaimana strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas X (Sepuluh) di SMK Diponegoro Karanganyar serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas X (Sepuluh) di SMK Diponegoro Karanganyar. Tujuan penelitian ini untuk mengeidentifikasi kesulitan yang dihadapi siswa kelas X (Sepuluh) dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Untuk mendeskripsikan strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas X (Sepuluh) di SMK Diponegoro Karanganyar serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas X (Sepuluh) di SMK Diponegoro Karanganyar.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara Observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ditemukan sebagian siswa kelas X (Sepuluh) di SMK Diponegoro Karanganyar yang mengalami kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an, adapun kesulitan yang dialami siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an ialah pengucapan makharijul huruf, belum mengenal tanda baca atau sayakal pada huruf, pemahaman ilmu tajwid yang masih kurang, serta kelancaran bacaan masih terbata-bata. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat strategi yang dirancang dan dilaksanakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca dan Menulis Al-Qur’an SMK Diponegoro Karanganyar antara lain dengan memilih metode pembelajaran, melakukan pendekatan dan mengadakan jam tambahan khusus BTQ di luar jam pelajaran. Adapun faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa SMK Diponegoro Karanganyar antara lain adanya kelas khusus BTQ, fasilitas dan sarana prasarana yang memadai serta hubungan yang baik antara sekolah dan wali murid. Sedangkan faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa SMK Diponegoro Karanganyar yaitu kurangnya kesadaran dari siswa, kurangnya kedisiplinan siswa serta lingkungan pertemanan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Gafur, M. 2012. Desain Pembelajaran : Konsep Model dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (Yogyakarta: Ombak)
Abu, Ahmadi dan Joko Tri Prasetyo. 2005. Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Pustaka Setia)
AF, Hasanuddin. 1995. Perbedaan Qiraat dan Pengaruhnya terhadap Istimbath Hukum dalam Al-Qur’an. (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Rineka Cipta)
AM, Sardiman. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Guru Dan Calon Guru (Jakarta: Rajawali Cet k V)
Amri, Muhammad. 2014. Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Membaca Al-Qur’an. (Sukrakarta: Ahad Books)
Andini, Putri. Skripsi. 2019. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Bagi Peserta Didik Di Sma Negeri 4 Palu”. (Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu)
Annuri, Ahmad. 2010. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an & Pembahasan Ilmu Tajwid, (Jakarta: Al-Kautsar)
Ardy Wiyani, Novan. Bina Karakor Anak Usia Dini: Panduan Orang tua & Guru dalam Membentuk Komandirian & Kedisiplinan Anak Usia Dini
Arif, Arifuddin. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta)
Arifin Rahmanto, Muhammad dan Adeliyah Khairul. 2022. Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di SMP Islam Arraudhoh. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 13 No. 1 (Mei)
Asrari, Jannatul dan Ahmad Kosasih. 2022. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca Al Qur’an Di Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak, (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.4 Nomor 3)
Astuti, Widi dan Ratri Nugraheni. 2021. Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab- Volume 04 Nomor 2. (Desember)
Bahri Djamarah, Syaiful. 2005. Guru Dan Anak didik Dalam Interaksi Edukatif “Suatu Pendekatan Teotitis Psikologis” (Jakarta)
Bahri, Syamsul. 1993. Cepat Pintar Membaca Menulis Al-Qur'an, (Bumi Aksara: Jakarta)
Chaer, Abdul. 2013. Al-Qur’an Dan Ilmu Tajwid. (Jakarta: Rineka Cipta)
D. Gunarsa, Singgih. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Jakarta: PT BPK Gunung Mulia,)
Dachlan, Bunyamin. Memahami Qiro’ati, (Semarang: YPA Raudlatul mujawidin, t.th)
Departemen Agama RI. 2002. Metodologi Pendidikan Agama Islam. (Jakarta:Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam)
Departement Pendidikan dan Kebudayaan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Cet. Keempat; Jakarta: Balai Pustaka)
Djalaludin, 2004. Metode Tunjuk Silang Belajar Membaca Al-Qur'an (Jakarta: Kalam Mulia) cet. Ke-6
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, 2007. Strategi Belajar Mengajar, (Bandung, PT. Refika Aditama)
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara)
Gus Arifin dan Suhendri Abu Fakih. 2010. Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya. (Jakarta)
Hamalik, Oemar. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, (Bandung: Tarsito)
Hamdani dan Fuad Ihsan. 1998. Filsafat Pendidikan Agama Islam, (Bandung:CV. Pustaka Setia), Cet. Ke-1
Harsanto, Ratno. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. (Yogyakarta: Kanisius)
Humam, As’ad. 1993. Buku Metode Iqra. (Yogyakarta)
Kementerian Agama RI. 2013. Al- Qur’an Dan Terjemahan
Khauli, Fathi. 2010. Memperbaiki Bacaan Al-Qur'an, (Solo Perpustaan Nasional)
Kusnawan, Aep. 2004. Berdakwah Lewat Tulisan, (Bandung: Mujahid Press)
Malik Fajar, A. 2005. Holistika Pemikiran Pendidikan. (Jakarta: Raja Grafindo Persada)
Mary Ann, Zipprich Dan Stephane. 2009. Building Story Schema:Using Patrened Boks As Mean Of Instruction For Student With Disablities, (Thausand Oak, CA:Sage Publication)
Mujib, Abdul dan Maria Ulfah Nawawi. 1995. Pedoman Ilmu Tajwid, (Surabaya: Karya Abditama) cet. 1
Mulyasa, E. 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Mulyasa. 1995. Menjadi Guru Profesional, (Bandung:Remaja Rosdakarya)
Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalaui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, (Jakarta: Kencana)
Muslim, Imam dan Shahih Muslim, Kitab Sholat Mufasirin Wa Qosoruha Bab 56, Fadhlu Qiro'at Wa Surah Al-Baqarah. Hadist No 1337
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran”(Pekalongan:Matagraf Yogyakarta)
N Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler, (Jogjakarta: Divapres)
Nawawi, Imam. At-Tybyaan fii Adaabi Hamalatil Quran Oleh Abdul Qodir Al- Amauth. (Damsyq: tt)
Ngalim Purwanto, M. 2013. Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
NK, Roestiyah. 2001. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu System (Jakarta: Bina Aksara Edisi III)
R Payong, Marselus. 2011. Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika dan implementasinya. (Jakarta:PT.Indeks)
Rahim, Farida. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. cet ke II
Razak, Nasruddin. 1986. Dienul Islam. (Bandung: Al-Ma’arif) Cet. Ke2
Riyadh, Sa’ad. 2007. Anakku, Cintailah Al-Qur’an. (Jakarta)
Riyadh, Sa’ad. 2009. Ingin anak Anda Cinta Al-Qur’an. (Solo)
Rosyadi, Khoirun. 2004. Pendidikan Profetik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Sa’adah, Nilna. 2018. Skripsi. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMK Negeri 5 Palangka Raya. (Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya)
Sahro, Koimah. Skripsi. 2020 “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Di Kelas V SDN 200508 Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan”, (Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan)
Salim Zarkasyi, Dahlan. 1996. Empat Langkah Pendirian TKQ/TPQ Metode Qiro’ati (Semarang: Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Roudhotul Mujahidin)
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Beriorientasi Standar ProsesPendidikan. (Jakarta: Kencana)
Situmorang dan Winarno, J.B. 2008. Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik. (Klaten: Macanan Jaya Cemerlang)
Slameto, 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. (Jakarta: PT. Rineka Cipta)
Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit (SKS). (Jakarta: Bumi Aksara)
Soelaeman. 1985. Menjadi guru. (Bandung: Diponegoro)
Sudjana, Nana. 2004. Pedoman Praktis Mengajar. (Bandung: Dermaga Cet k IV)
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung, Alfabeta)
Sulistyorii, 2009. Menejemen Pendidikan Konsep. Strategi dan Aplikasi, (Yogyakarta: Teras)
Suprihatiningkrum, Jamil. 2014. Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)
Surawan dan Cindy Fatimah. 2021. Peran Guru PAI Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Literasi Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 4, No. 2. (November)
23SK2321004.00 | SK PAI 23.004 NUR s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain