SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kedisiplinan Salat Fardu Santri Putri di Pondok Pesantren Al-Amin Mranggen Demak
Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Kedisiplinan, dan Salat Fardu
Teknologi merupakan suatu instrumen yang bermanfaat dalam mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia. Kehadiran teknologi yang telah berkembang pesat dan semakin canggih memanjakan kehidupan manusia dalam membantu aktivitasnya terutama menjalankan suatu beribadah. Namun dampak negatifnya individu dapat menunda aktivitas ibadah seperti salat fardu yang menjadi sebuah kewajiban bagi umat muslim dikarenakan waktunya lebih banyak digunakan untuk mengoperasikan gadget.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pada pengaruh penggunaan gadget terhadap kedisiplinan salat fardu di pondok pesantren Al-Amin Mranggen Demak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan teknik non random sampling sampling jenis purposive sampling, jumlah kuesioner yang disebarkan 100, dan data yang di anggap memenuhi kualifikasi adalah 75 responden. Lokasi penelitian bertempat di Pondok Pesantren Al-Amin Jl. Suburan Timur 162 RT/RW. 07/02 Desa Mranggen, Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah Tahun 2022.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menyimpulkan bahwa Penggunaan gadget memberikan dampak signifikan terhadap kedisiplinan menjalankan salat fardu. Diantaranya pengaruhnya memudahkan santri untuk berkomunikasi, lebih mudah mengakses informasi, menambah ilmu pengetahuan yang luas. Dari hasil uji t (parsial) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Variabel penggunaan gadget (X) memiliki nilai thitung 3.550 > ttabel 1.993 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, maka Ha diterima, artinya variabel penggunaan gadget (X) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kedisiplinan (Y).
DAFTAR PUSTAKA :
A. Djuhana, 2019. Penarikan Sampel dalam Penelitian, Al-qalam
AM, E. N., Sarwani, S., Akbar, I. R., Mas' adi, M., & Maddinsyah, A. 2021. Pengaruh Kedisiplinan Dan Pemberian Kesejahteraan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Wilayah Tangerang Selatan. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia),Vol. 4 No.2
Ansori, Miksan. 2015. Panduan Analisis Manual Penelitian Kuantitatif. Ngawi: STIT Muhammadiyah Ngawi
Apriyono, A., & Taman, A. 2013. Analisis overreaction pada saham perusahaan manufaktur di bursa efek Indonesia (BEI) periode 2005-2009. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen,Vol. 2 No.2
Budiastuti , Diah dan Agustinus Bandur.2018. Validitas dan Reabilitas Penelitian, Jakarta: Mitra Wacana Media
Bungin,Burhan.2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi Kedua, Kencana.
Chita Widia, Ayu Nursobah, and Darmono Darmono.2021.Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Prevalensi Astigmatisma.Jurnal Keperawatan Komprehensif
Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. 2020. Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, Vol. 4 No.1
Darmawan,Deni. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung
Gunawan,Imam. 2014.Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik Jakarta: Bumi Aksara
Hafsi, A., & Budiarta, R. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Rukun Islam Berbasis Android. Bandung
Hamid, Abdul Ali dan Ali Hasan.2014 Islam itu Mudah, Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Harmon, Mark. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Philosophy of Science
Haryanto, A. T., & Dewi, S. N. 2020. Peran Kepemimpinan Efektif dan Kedisiplinan terhadap Komitmen Organisasi dan Motivasi Maslow Pada Kinerja Tugas Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol.4 No.4
Heryana, A. 2015. Kerangka Teori, Kerangka Konsep, Variabel Penelitian, dan Hipotesis Penelitian (Dalam Penelitian Kuantitatif). Metodologi Penelitian.
Imron, R. 2018. Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, Vol. 13 No.2
Isbah, M. F. 2020. Pesantren in the changing Indonesian context: History and current developments. Qudus International Journal of Islamic Studies (QIJIS), Vol.8 No.1
James Danandjaja, 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia
Jauhari, A., Asmaran, A. S., & Faridah, S. 2017. Hubungan Shalat Fardu Berjamaah dengan Kecerdasan Emosional pada Jamaah Mesjid al Jihad Banjarmasin. Jurnal Studia Insania, Vol.5 No.1
Juherna, E., & Primawistri, N. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, Vol.1 No.2
Kamal, T. 2019. Urgensi Studi Teologi Sosial Islam. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Vol.22 No.1
Luthfia,Syifa. 2019.Pengaruh penggunaan Gadget terhadap kedisiplinan Ibadah Salat Fardu Mahasiswa Prodi BKI IAIN Kudus, Skripsi
Manshur Ahmad, 2019. Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa.Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam . Vol 4 No.1
Marpaung, J. 2018. Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, Vol.5 No.2
Marzuki, M., Miftahuddin, M., & Murdiono, M. 2020. Multicultural education in salaf pesantren and prevention of religious radicalism in Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol.39 No.1
Maulida, M. 2020. Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian. Darussalam, Vol. 21 No.2
Mufarrikoh. 2019. Statistika Pendidikan (Konsep Sampling dan Uji Hipotesis. CV Jakad Media Publishing
Murialti, N., Widiarsih, D., Darwin, R., Hidayat, M., Hadi, M. F., & Asnawi, M. 2019.Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Teknik Pengolahan Data Penelitian. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, Vol.3 No.1
Mustafa,Pinton Setya.2020 Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negri Malang
Nadhila,I.2013.Mempermudah Hidup Manusia dengan Teknologi Modern. Jakarta: Penamadani.
Nalim,dan Salafudin.2014. Statistik Inferensial, STAIN Pekalongan Press
Ningtiyas, P. C. 2020. Implementasi Model ESQ Pada Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Kepanjen Malang. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, Vol.2 No.2
Novianti, R., & Garzia, M. 2020. Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.4 No.2
Nurliana, N., & Aini, N. 2021. Dampak Gadget terhadap Komunikasi Orang tua dan Anak dalam Keluarga di TK Negeri Pembina Kecamatan Lut Tawar. Jurnal As-Salam, Vol.5 No.1
Pasaribu, R. (2018). Pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap kedisiplinan belajar dan prestasi belajar pada siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling,Vol. 2 No.2
Pentury, T., Aulele, S. N., & Wattimena, R. 2016. Analisis Regresi Logistik Ordinal. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, Vol.10 No.1
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. 2019. Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, Vol.5 No.2
Pratiwi, R. A. 2019. Perlikau Keagamaan Anak Usia 7-9 Tahun Dalam Kebiasaannya Menggunakan Gadget di TPQ Al-Karomah Tegalsari Lamongan (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Purwanto, Y. 2014. Memaknai Pesan Spiritual Ajaran Agama dalam Membangun Karakter Kesalehan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, Vol.13 No.1
Rahmandani, F., Tinus, A., & Ibrahim, M. M. 2018. Analisis dampak penggunaan gadget (smartphone) terhadap kepribadian dan karakter (kekar) peserta didik di SMA Negeri 9 malang. Jurnal Civic Hukum, Vol. 3 No.1
Rizal, A. S. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Guru SMP. Jurnal Ulul Albab, Vol.23 No.1
Sa’adah, D. 2015. Perilaku Sosial Siswa di MAN Cirebon 1 Kabupaten Cirebon.
Sagir, A., & Mubarak, M. 2020. Tradisi Wiridan Masyarakat Banjar Sesudah Salat Fardu: Studi Varian dan Rujukan. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), Vol. 5 No.1
Sari,Rita. 2017. Pengantar Penelitian Kuantitatif Pemaparan Metode penelitian Kuantitatif, Yogyakarta
Siregar. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri
Suarta, P., Suaedi, S., & Nurdin, N. 2019. Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika,Vol. 2 No.2
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv.
Sunita, I., & Mayasari, E. 2018. Pengawasan orangtua terhadap dampak penggunaan gadget pada anak. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, Vol. 3 No.3
Supardi, 1993. Populasi Dan Sampel Penelitian,Unisia
Suryana, 2012. Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Universitas Pendidikan Indonesia
Utari, K. T., & Rasto, R. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), Vol.4 No.2
Wahab,Rohmalina.2015. Psikologi Agama.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Widia, C., Nursobah, A., & Darmono, D. (2021). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Prevalensi Astigmatisma. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), Vol. 7 No.1
Widiastuti, Anik. 2018. Jenis-Jenis Penelitian. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia
Widyayanti, N., & Ama, R. G. T. 2021. Kesadaran Diri dan Kedisiplinan Belajar Pada Siswa SMA. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, Vol.2 No.1
Yatima, Durrotul. 2017, Skripsi.Pengaruh penggunaan handphone terhadap kedisplinan shalat fardu siswa kelas VII Di SMP Muhammadiyyah 1 Semarang, Universitas Semarang.
Yuni Nafia,Exa. 2019.Pengaruh Intensitas Menonton Drama Korea Terhadap Prokrastinasi Salat Fardu Pada Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin Skripsi
Yusanto, Y. 2020. Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), Vol. 1 No.1
Yusup, F. 2018. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.7 No.1
Zaki, M., & Saiman, S. 2021. Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.4 No.2
23SK2321003.00 | SK PAI 23.003 FAC p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain