SKRIPSI TADRIS BAHASA INGGRIS
STUDENT TEACHERS' EXPERIENCES OF DESIGNING LESSON PLANS IN A TEACHING PRACTICUM: A CASE STUDY
Penelitian sebelumnya menemukan bahwa guru mengalami kesulitan dalam merancang rencana pembelajaran. Sementara itu, studi yang menyelidiki pengalaman guru siswa dalam merancang RPP masih sedikit. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengalaman siswa guru dalam merancang rencana pembelajaran. Penelitian ini dirancang sebagai studi kasus kualitatif. Dua siswa guru direkrut untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis tematik digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian mengungkapkan, pertama, pandangan siswa guru tentang bagaimana RPP membantu mereka mempersiapkan pengajaran yang akan diajarkan dan mengatur pengajaran yang lebih terstruktur. Kedua, tiga komponen utama RPP yang telah di desain oleh guru siswa adalah tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Ketiga, tantangan yang dihadapi mahasiswa calon guru saat merancang RPP adalah dalam merumuskan referensi materi pembelajaran, merumuskan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi, dan merumuskan alokasi waktu dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan bagi siswa guru lainnya yang akan mengikuti praktikum mengajar. Studi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada bukti empiris dari pengalaman guru siswa dalam merancang rencana pelajaran.
Kata Kunci: Praktik mengajar, RPP, Siswa guru.
Airasian, W. Peter. (2005). Classrom Assessment: Concepts and Application. Fifth edition. New York.
Alanazi, M. H. (2019). A Study of the Pre-Service Trainee Teachers Problems in Designing Lesson Plans. Arab World English Journal, 10 (1) 166 - 182.
Alawiyah, R. N. (2002). Pre-Service Teachers' Problems and Solutions in Designing Lesson Plan in English Education Department at Jambi University. Designing lessons for the diverse classroom.
Ali, M. M., Abdullah, R., & Majid, R. A. (2014). Teacher Trainees' Strategies for Managing the Behaviours of Students with Special Needs. International Education Studies, 7(13), 271-277.
Arends, R. I. (2015). Learning to teach (10th ed). New York: McGraw-Hill International Edition.
Bartolome, S. J. (2017). Comparing Field-Teaching Experiences: A Longitudinal Examination of Preservice and First-Year Teacher Perspectives. Journal of Research in Music Education, 65(3), 264–286.
Baxter, P., & Jack, S. (2008, December). Qualitative Case Study Methodology: Study Design and Implementation for Novice Researchers. The Qualitative Report, 13(4), 544-559.
Becker, E. S., Waldis, M., & Staub, F. C. (2019). Advancing student teachers’ learning in the teaching practicum through Content-Focused Coaching: A field experiment. Teaching and Teacher Education, 83, 12-26.
Bin-Hady, W. R. (2018). A Study of Novice Teachers' Challaenges at their Practical Teaching Phase. International Journal on Language, Research and Education Studies, 2(3), 333-345.
23SK2325006.00 | SK TI 23.006 AJE s | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain