TESIS PAI
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di SMP Negeri 3 Pekalongan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yakni memudarnya tingkat kedisiplinan peserta didik, antara lain terlambat mengirimkan tugas, menon-aktifkan video saat pembelajaran daring, tidak hadir tanpa keterangan, dan sebagainya. Ini menjadi perhatian untuk dicarikan solusi terbaik. Rumusan masalah penelitian di antaranya; 1) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan? 2) Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan? 3) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar jika diuji secara simultan terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan?
Tujuan penelitian ini di antaranya; 1). Untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan. 2). Untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan. 3). Untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar jika diuji secara simultan terhadap kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Pekalongan.
DAFTAR PUSTAKA
1. Alquran
Qs al-Baqarah: 225
Qs an-Nisa: 1
Qs al-Mujadillah: 11
Qs al-Hasyr: 18
Qs Qashash: 77
Qs ar-Ra’d: 11
Qs al-Ashr: 1-3
2. Kamus
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
3. Buku
Agustian, Ary Ginanjar. 2001. Emotional and Spiritual Quotient. Jakarta: Arga.
Alghifari. 2013. Analisis Regresi (Teori, Kasus, dan Solusi). Yogyakarta: BPFE.
Ali, M., et. al.. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.
AM, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Bahreisy, Salim. 2001. Riyadhus Shalihin. Bandung: Al-Ma’arif.
Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik, serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Daulay, Haidar Putra. 2011. Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.
Desmita. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dimyati, et. al.. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goleman, Daniel. 1995. Emotional Quotient. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
______. 2003. Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Riset. Yogyakarta: ANDI.
23TS2352065.00 | TS P.PAI 23.065 MMI | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain