SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen PT.Pos Indonesia (Persero) Pekalongan)
Adanya e-commerce semakin berkembang cepat, menjadikan efek domino bagi perusahaan lain seperti pengiriman barang atau jasa logistik. Hal ini menyebabkan munculnya pemain baru di sektor swasta untuk memanfaatkan kesempatan dari semakin banyaknya pesanan pengiriman barang. Banyaknya perusahaan logistik baru, peran perusahaan tidak lagi seputar pembuatan strategi agar mendapatkan konsumen saja melainkan bagaimana caranya agar setiap konsumen loyal terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan/survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang melakukan transaksi di PT. POS Indonesia (Persero) Pekalongan dan diambil sampel sebanyak 96 konsumen. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan path analisis dan alat analisis data yang digunakan adalah IBM SPSS Statistic 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh pada kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas konsumen, Kepuasan Konsumen.
DAFTAR PUSTAKA :
Aldy Purnomo, R. (2016). Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS (Cetakan Pertama). Wade Group.
Ananda, R., Lie, D., Butarbutar, M., & Inrawan, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Bengkel Sisam Pematangsiantar. SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 50–62. https://doi.org/10.37403/sultanist.v6i1.114
Andalusi, R. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INSTRUMEN PENUNJANG LABORATORIUM. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 1(2), 305–322. https://doi.org/10.33753/madani.v1i2.16
Apriliana, V., & Hidayat, W. (2020a). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal cabang Banyumanik). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 571–581.
Apriliana, V., & Hidayat, W. (2020b). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal cabang Banyumanik). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 571–581.
Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir).
Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254–268. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i2.9647
Ariyanis, F., Sriwidodo, U., & Wibowo, E. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17(4), 608–620.
Astuti, A. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah Bri Syariah Kc Semarang) [Undergraduate, IAIN Salatiga]. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9294/
Ayu Titissari, A. T. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. POS INDONESIA (PERSERO) KEDIRI [Undergraduate, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/47275/
Ayuwardani, R. P., & Isroah, I. (2018). Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), 143–158. https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19781
Bintari, W. P., Udayana, I., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Usability, Information Quality, dan Service Interaction Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Tokopedia di Kabupaten Kediri). Jurnal Perspektif, 20(1), 68–75. https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.12286
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p19
Christian, F. (2019, Desember 17). 2020, Potensi Pertumbuhan Bisnis Logistik Lebih dari 30% [Berita]. SINDOnews.com. https://ekbis.sindonews.com/berita/1472008/34/2020-potensi-pertumbuhan-bisnis-logistik-lebih-dari-30
Daga, R. (2017). Buku 1, Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Global Research And Consulting Institute. https://www.researchgate.net/publication/334957485_Buku_1_Citra_Kualitas_Produk_dan_Kepuasan_Pelanggan
Fadhila, N. A., & Diansyah, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening Di Klinik Syifa Medical Center. Media Studi Ekonomi, 21(1), 25–38.
Fauji, D. A. S., Meilina, R., Wahjono, S. I., Usman, I., Mutiarni, R., Purwanto, N., Puspasari, I. D., Muslih, B., Sardanto, R., & Sumantri, B. A. (2019). Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis (NUSAMBA). Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis (NUSAMBA), 4(1), 1–93. https://DOI 10.29407/nusamba.vi1.12848
Firmansyah, M., & Fatihudin, D. (2019). Pemasaran Jasa. Deepublish. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah 4/publication/331546499_PEMASARAN_JASA/links/5c7f8f6492851c695059230d/PEMASARAN-JASA.pdf
Fridayanthie, E. W. (2016). Analisa Sistem Informasi Upload Promosi Harga Menggunakan Sap Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Pt Hero Supermarket Tbk. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(1), 30–43.
Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Herlina, H., & Diputra, T. T. (2018). IMPLEMENTASI RUMUS SOBEL PADA WEB DENGAN TOPIK REGRESI LINIER MENGGUNAKAN VARIABEL INTERVENING. Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, 1(1).
https://doi.org/10.30813/j-alu.v1i1.1106
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. http://repository.unitomo.ac.id/2773/
Isiyowati, E., Widarko, A., & Khalikussabir, K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Rei Adventure Store Dinoyo). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(08), Article 08. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/6263
Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, 6(1), 72–78.
https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i1.3536
Kusuma, E. C. (2018). PENGARUH NILAI YANG DITERIMA PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN: KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR DAN GENDER SEBAGAI MODERATOR. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v5i1.2315
Laetitia, S. I., Alexandrina, E., & Ardianto, S. F. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TANAMERA COFFEE PACIFIC PLACE. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 1699–1721. https://doi.org/10.54783/mea.v5i1.1403
Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 74–81.
Lusiah. (2018). Monograf Loyalitas Pelanggan (Cetakan Pertama). DEEPUBLISH. https://www.academia.edu/42205470/Monograf_Loyalitas_Pelanggan
Maulidah, I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 26–29. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10416
Melis. (2015). Prinsip Dan Batasan Konsumsi Islami. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.36908/isbank.v1i1.6
Pane, D. H., & Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Di Situs E-Commerce Bukalapak. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 156–167.
Parthady, M. I. S., & Rahyuda, I. K. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Dengan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(5), 2669–2696.
https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i05.p03
Pos Indonesia. (2021). Sejarah Pos Indonesia [Perusahaan]. Sejarah Pos Indonesia. https://www.posindonesia.co.id/en/content/sejarah-pos
Priyono, & Chandra, T. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.
Rahmawati. (2018). Manajemen Pemasaran. Mulawarman University Press. https://scholar.google.com/citations?
view_op=view_citation&hl=id&user=5IQ8LgkAAAAJ&alert_preview_top_rm=2&citation_for_view=5IQ8LgkAAAAJ:UeHWp8X0CEIC
Rangkuti, R. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Coffee Shop Di Kota Medan) [Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17160
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146.
https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Sari, H. V. P., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Biskuit Oreo Di Carrefour Surabaya).
Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1), Article 1. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/22567
Sariaziz, U., & Soekotjo, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 8(8), Article 8.
http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2502
Sarwono, J. (2011). Mengenal Path Analysis: Sejarah, Pengertian Dan Aplikasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 11(2), 98454.
Sembiring, I. J. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang).
Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), 1–10.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Cetakan 1). Literas Media Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan 19). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif Dan R&D (Cetakan 22). Alfabeta.
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.
Tri Utami, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Gojek Di Palembang [Undergraduate, UIN RADEN FATAH PALEMBANG]. http://perpustakaan.ac.id
Wakanno, T. P. (2022). PENGARUH KENYAMANAN BERBELANJA, KUALITAS PELAYANAN DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN INDOMARET (Studi Pada Konsumen Indomaret di Kota Ambon) [Undergraduate, STIE MALANGKUCECWARA]. https://repository.stie-mce.ac.id/
Widayatma, C. P., & Lestari, S. P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Rifa Kuliner Kendal). Serat Acitya, 7(3), 25.
Zulkarnain, R., & Ramdansyah, A. D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi KasusPada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 2(2), 235–253.
23SK2341254.00 | SK EKOS 23.254 WIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain