SKRIPSI EKOS
Pengaruh Store Atmosphere, Price Discount, Sales Person Dan Display Produk Terhadap Impulse Buying (Studi pada Konsumen Muslim Indomaret di Bantarbolang, Pemalang)
Keberadaan pasar modern tidak bisa dibendung seiring dengan perubahan pemikiran dan perilaku konsumsi masyarakat. Perkembangan pasar pada era modern seperti saat ini semakin hari semakin ketat. Persaingan di dalam bisnis menyebabkan suatu perusahaan dalam melayani konsumen sebaiknya disesuaikan dengan selera dan keinginan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Store Atmosphere, Price Discount, Sales Person Dan Display Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Di Indomaret baik secara parsial maupun secara simultan. jenis penelitian yang digunakan adalah Field research dengan menggunakan metode kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli yang sudah berbelanja pada gerai Indomaret. Sampel berjumlah 100 responden, yang ditentukan menggunakan teknik Insidental Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada responden, dengan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Store Atmosphere, Price Discount dan Sales Person berpengaruh secara parsial terhadap Impulse buying, variabel display produk tidak berpengaruh terhadap impulse buying. Sedangkan variabel Store atmosphere, Price discount, Sales person dan Display produk secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Impulse buying.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Price Discount, Sales Person Display Produc dan Impulse Buying.
DAFTAR PUSTAKA :
Arifianti, Ria. (2011). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Hypermarket Di Kecamatan Bandung. Skripsi. Administrasi Niaga. Fisip. Bandung : UNPAD.
Brian Vicky Prihastama. (2016). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Minimarket (Studi pada Pelanggan Minimarket Indomaret Jl. Demangan Baru, Depok, Sleman, Yogyakarta). Skripsi. Universitas negeri Yogyakarta
Darmawan, Deni. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya Offset
Duwi. (2013). Analisis korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gavameedia. Cet 1.
Fandy Tjiptono,Gregorius Chandra dan Dadi Ardiana. (2008). Pemasaran Strategik, Yogyakarta : C.V Andi Offset.
Fauzan, Muhammad Yusuf. (2013). Pengaruh Lingkungan Toko Terhadap Impulse Buying. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi.
Fuad, Muhammad. (2010). Store Atmosphere Dan Perilaku Pembelian Konsumen Di Toko Buku Gramedia Malang. Jurnal Universitas Gujayana Malang.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang :BP Undip.
Kuncoro, mudrajad. (2009). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi; bagaimana meneliti dan menulis tesis?. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. Priyanto
Lokadata.id. (9 Mei 2021). Retrieved from https://lokadata.id/data/jumlah-gerai-indomaret-2015-2020-1586939036I
Nanang Martono. (2011). “Metode Penelitian Kuantitatif-Analisis isi dan Analisis data skunder”. Jakarta; Rajagrafindo Persada.
Putu Widya Artana, I Gusti Bagus Satria Wisesa, dkk. (2019). “Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi kasus pada Indomaret di kota Denpasar)”. E-Jurnal Ekonomidan Bisnis Universitas Udayana 8.(4 ).369-394
Rizal Muhammad. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying pada Indomaret di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.4. No.2
Rodita Yulinda, Dr. M Erma Widiana, dkk. (2014). “Pengaruh Promosi, Diskon Dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret Cabang Rungkut Menanggal Kota Surabaya”. Jurnal Manajemen Branchmarck, V4. (1). 280
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif.. Bandung: Alfabeta.
Utаmi, C.W. (2006). Mаnаjеmеn Ritеl Strаtеgi dаn Implеmеntаsi Ritеl Modеrn.Jаkаrtа: Sаlеmbа Еmpаt.
WIlujeng, Sri. (2017). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret Di Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Universitas Kanjuruaj Malanag.
Yahya Nuur Hidayat. (2017). Analisis Pengaruh Atmosfer Toko, Price Discount Dan Sales Person Terhadap Impulse Buying Melalui Emotional Response (Studi pada Konsumen Hypermarket Kota Semarang). Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.
23SK2341239.00 | SK EKOS 23.239 AFI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain