SKRIPSI EKOS
Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, Trend Fashion, Dan Strategi Pemasaran Islami Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Impor Preloved di Toko Catoon Store Pekalongan
Perkembangan usaha pakaian impor preloved tentunya memunculkan persaingan yang cukup ketat antar pelaku usaha pakaian impor preloved. Sehingga pelaku usaha perlu memahami perilaku konsumen untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan konsumen dan hal yang menyebabkan konsumen memilih dan membeli suatu produk. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor dalam proses pengambilan keputusan pembelian seseorang dan menjadi pertimbangan dalam pengambilan sebuah keputusan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pendapatan, gaya hidup, trend fashion, dan Strategi Pemasaran Islami dapat meningkatkan keputusan pembelian pakaian impor preloved di toko Catoon Store.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan atau field research dan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang dihasilkan dari perhitungan menurut Lemeshow. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling insidental. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pendapatan dan gaya hidup tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan trend fashion dan strategi pemasaran Islami berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan pendapatan, gaya hidup, trend fashion, dan strategi pemasaran Islami berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian impor preloved di Toko Catoon Store Pekalongan. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh Adjusted R Square sebesar 0,553. Hal ini berarti variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel pendapatan, gaya hidup, trend fashion dan strategi pemasaran Islami sebesar 55,3%, sementara sisanya sebesar 44,7% dijelaskan variabel-variabel lain diluar penelitian ini.
Kata kunci: Pendapatan, Gaya Hidup, Trend fashion, Strategi Pemasaran Islami, dan Keputusan Pembelian.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdi, M. K., & Febriyanti, N. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(2).
Antonia, W., & Lutfie, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Electronic Word of Mouth Melalui Media Beauty Vlog Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik La Tulipe Cosmetiques Pada Tahun 2018. Journal e-Proceeding of Applied Science, 4(2).
Ariyanto, F. (2020). Pengaruh Trend Fashion dan Pngetahuan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Kampung Batik Semarang. Skripsi, Ilmu Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Arsita, N., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instargram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai, 07(02), 125–131.
Awalia, N. (2019). Minat Konsumen dalam Memilih Pakaian Bekas di Pasar Sumpang Kota Parepare (Kontestasi Hukum Ekonomi Islam). Skripsi, Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Parepare, Parepare.
Badjamal, F. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hanphone Merek Samsung Di Kota Palu. Jurnal Ekonomi Trend, 7(2).
Barnard, M. (2011). Fahion Sebagai Komunikasi: Cara Mengkomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas, dan Gender. (I. S. Ibrahim, Trans.). Yogyakarta: Jalasutra.
Chalimah, Milasari, D., Santoso, T. B., & Sultoni. (2021). Kompetensi Sumberdaya Manusia ( Sdm ) Dan Pekalongan, (3).
Daimah, R. (2020). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness dan Strategi Pemasaran Islami Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Nu Amoorea). Skripsi, Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Kudus, Kudus.
Damayanti, N. S. (2021). Pengaruh Trend Fashion, Pleasure dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online H&M (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadyah Ponorogo Angkatan 2017). Skripsi, Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Ponorogo.
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2014). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Edy, I. T., Mauladi, K. F., & Efendi, Y. (2020). Analisis Faktor Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Pada UD. Dewi Sri Elektronik Lamongan. Media Mahardhika, 19(1), 124–129.
Fachri, A. (2018). Pengaruh Pendapatan, Atmosfer Restoran, dan Label Halal Terhadap Perilaku Konsumen Muslim di Kecamatan Cinere Dalam Memilih Restoran. Skripsi, Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Sleman: Deepublish.
Ghazali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartini, K., & Inggriani. (2020). Pengaruh Pendapatan dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Secara Taqsith. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1).
Haryanti, I., Nurdin, H., Purnama, I., Mulya, K. S., & Nurulrahmatiah, N. (2020). Hedonic Motives and Fashion Trends in Decisions to Purchase Veil Clothes, 465, 139–141.
Hidayatullah, G. F. F., & Zahara, Z. (2020). Peran Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Orange Puncak Padanjese. Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 6(1), 70–78.
Husni, M. R. (2022). Analisis Maslahah Mursalah Dan PERMENDAG No. 51 Tahun 2015 Terhadap Praktik Jual Beli Pakaian Bekas (Thrift Shop) Impor Di Akun IG @Dodolan_Second. Skripsi, Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
Indah, P. M. (2021). Pengaruh Word Of Mouth (WOM) dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Bekas (Studi Kasus Konsumen Lapak Motor Pasarbatang Brebes, Jawa Tengah). Skripsi, Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, Purwokerto.
Indriani, L. (2015). Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, Dan Jenis Kelamin Terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi, Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Kartajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (B. Sabran, Trans.) (12 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. (B. Sabran, Trans.) (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, D. (2019). Prespektif Hukum Islam Tentang Jual Beli Pakaian Bekas. Tawazun: Journal of Sharia Economic Law, 2(1).
Lady, D. (2019). Konsep Diri Pengguna Fashion Branded Preloved (Studi Kualitatif Konsep Diri Pengguna Fashion Branded Preloved di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU). Skripsi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Medan.
Laksono, D. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Helm KBC. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 3(2), 155–164.
Lubis, L. A. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Online Shop Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Arimbi Hijab). Skripsi, Manajemen Bisnis Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Lubis, N. (2021). Pengaruh Trend Fashion dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan Angkatan 2017. Skripsi, Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Padangsidimpuan.
Meadows, C. E. S. (2013). Why Would Anyone Wear That? United Kingdom: Inttelect Books.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. (D. K. Yahya, Trans.). Jakarta: Erlangga.
Novarianti, A. D., & Ardhiyansyah, A. (2021). Pengaruh Korean Wave Terhadap Minat Beli Baju Bekas. Senmabis …, 1(1), 30–37.
Novianti, N. (2021). Pengaruh Halal Awreness, Pendapatan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal MUI (Studi Pada Milenial Muslim di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).
Nurdin, M. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Islami Terhadap Keputusan Pembelian Thrifting di Instagram pada Masyarakat Surabaya. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation, 1(2), 89–101.
Pratama, A. A. N., & Yudiana, F. E. (2022). Perilaku Hijrah Konsumen Muslim. Jakarta: Kencana.
Priscillia, R., Wulandari, D., & Subagio, N. A. (2014). Pengaruh Syariah Marketing Terhadap Iklan Televisi dan Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa.
Rahmayanti, N. (2020). Pengaruh Brand Image, Harga, dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved di Thriftshop Online Instagram ( Studi Kasus Pada Konsumen @ rilyshop Di Kota Surabaya ). Skripsi, Studi Manajemen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Rizky, R. N. (2020). Pengaruh Harga, Pendapatan, Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Impor Pada Konsumen Pengguna E-Commerce Sociolla (Studi Pada Mahasuswa Di Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1).
Rosyidi, S. (2011). Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rukma, M. C. C., & Triyonowati. (2018). Pengaruh Iklan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bayi “Sleek” di Karawang. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(8), 1–15.
Sari, D. N., Fauzi, A., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Konsumen Wanita Butik Ria Miranda Cabang Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), 82–89.
Sari, O. M., Zai, M., & Biamrillah, A. (2022). Konstruksi Makna Pakaian Kebaya Pada Penjual Jamu Gendong di Bandung (Studi Analisis Semiotika Busana Dengan Pendekatan Roland Barthes). HUMANIS, 2(2).
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. (Z. Kasip, Trans.) (7 ed.). Jakarta: Indeks.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (3 ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Sitompul, R. T., Listiyani, & Suswatiningsih, E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Teh Seduh di Kabupaten Sleman Provinsi DIY. Jurnal MASEPI, 3(2).
Sudiarti, S. (2018). Fiqh Muamalah Kontemporer. Medan: FEBI UIN-SU Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (Ed.). (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: PT Penerbit IPB Pers.
Yolanda, H. (2020). Pengaruh Trend Fashion dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Khayla Boutique Di Kota Duri). Skripsi, Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru.
Yusnita, M. (2010). Pola Perilaku Konsumen dan Produsen. Semarang: Alprin.
23SK2341236.00 | SK EKOS 23.236 HUS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain