SKRIPSI EKOS
Pengaruh Tagline, Brand Ambassador, Dan Promotion Terhadap Brand Awareness Pada Konsumen Muslim Wardah Kosmetik
Tagline merupakan suatu kalimat atau lontaran yang menggambarkan ciri khas suatu brand dan biasa disebut deskripsi singkat. Tagline biasanya bisa membuat seseorang untuk dapat mengingat akan sebuah brand dengan sangat mudah. Selain tagline, brand ambassador juga sangat berpengaruh terhadap suatu brand karena dapat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mengingat bahkan membeli suatu produk dari brand tertentu dengan bantuan publik figure yang memiliki citra baik. Tentunya promosi juga penting, karena didalamnya juga membutuhkan adanya sesuatu untuk dapat menarik perhatian masyarakat, seperti tagline atau slogan dan brand ambassador yang dapat meningkatkan suatu brand awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tagline, brand ambassador dan promotion terhadap brand awareness pada konsumen muslim Warda kosmetik. Penelitian ini termasuk penelitian jenis penelitian kuantitatif.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan Program SPSS IBM statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tagline tidak berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, (2) brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap brand awareness, (3) promotion berpengaruh terhadap brand awareness. Kata kunci : Tagline, Brand Ambassador, Promotion, dan Brand Awareness
DAFTAR PUSTAKA :
Abdillah, E. K. (2019). Pengaruh Tagline dan Celebrity Endorser Terhadap Brand Awareness dan Dampaknya terhadap Behavioural Intention Produk Kuku Bima Ener-G di Wilayah Jakarta. Jurnal Ekonomi, 21(1), 74–93.
Abiromo, B. (2014). Pengaruh tagline dan brand ambassador terhadap brand awarenes produk kartu perdana Simpati (Studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi.
Badriyah, N. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lipstik Matte Wardah (Study pada mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang) [PhD Thesis]. STIE PGRI Dewantara.
Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK.
Dzikra, A. (2020). Pengaruh Brand Ambassador, Tagline Dan Persepsi Kualitas Terhadap Brand Awareness Produk Pond’s (Pada Masyarakat Kec. Ujungbatu Kab. Rokan Hulu) [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Diponegoro Journal Of Accounting, 1(2), 1–10.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Herdana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness)
Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(1).
Husnawati, H. (2017). Pengaruh Brand Awareness dan Persepsi Kualitas Terhadap Buying Decision Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Mahasiswa UIN Alauddin Makassar) [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Kairupan, D. J. I., & Yovanda, O. A. (2021). Pengaruh Public Relation, Advertising, dan Word of Mouth terhadap Brand Awareness Produk UMKM: Studi Kasus pada Toko X Cake and Bakery. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 1–12.
Karim, A. (2019). Pengaruh Tagline Iklan Versi “Axis Hits Bonus” Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Kartu Axis (Studi Pada Mahasiswa STIE Amkop Makassar). Movere Journal, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.53654/mv.v1i1.28
Kotler, P., Pfoertsch, W., & Michi, I. (2006). B2B brand management (Vol. 357).Springer.
Krisnawati, D. (2016). Pengaruh Brand Awareness. Jurnal Manajemen Bisnis Krisadwipayana.
Mahayuni, P. Y. A., Purnawan, N. L. R., Cahyani, D. Y., Sos, S., & Si, M. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT. Go-Jek Indonesia Branch Bali dalam Membentuk Brand Awareness.
Mahisa, R. K., Permadi, L. A., & Darwini, S. (2019). Analisis Pengaruh Tagline dan Brand Ambassador terhadap Brand Awareness Telepon Seluler Merek Oppo (Studi Pada Pekerja Kantoran di Kota Mataram). Jurnal Riset Manajemen, 19(2), 86–97.
Mardiana, N. R. (2020). Analisa Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan Kualitas Produk TERHADAP MINAT BELI Produk Kosemetik Emina (Studi Kasus Mahasiswa FEBI Universitas Ahmad Dahlan) Manajemen Pemasaran [PhD Thesis]. Universitas Ahmad Dahlan.
Marini, S. (2019). Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Minat Beli Kaos Kaki Champ. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(1), 125–134.
Mutiara, M. (2019). Pengaruh Tagline dan Brand Ambassador terhadap Brand Awareness pada produk Bandung Makuta di kalangan Mahasiswa Manajemen FISIP UIN SGD Bandung Angkatan 2015 [PhD Thesis]. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nuradi, W. D. (1996). Kamus Isilah Periklanan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online dengan Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9, 357–380.
Priyatno, D. (2017). Panduan praktis olah data menggunakan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Rahardian, M., Kusumawati, A., & Irawan, A. (2019). Pengaruh Tagline Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness dan Minat Beli (Survei pada Mahasiswa program Sarjana pengguna Smartphone OPPO F3 Plus di Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 75(1), 10–18.
Royan, F. M. (2004). Marketing selebrities. Elex Media Komputindo.
Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan
Innisfree. Prologia, 2(2), 286–290.
Sanusi, A. (2011). Metodologi penelitian bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Septiyanto, I. B. (2017). Pengaruh Brand Ambassador, Tagline, dan Jingle Iklan Versi Iklan Televisi Terhadap Brand Awareness (Studi pada Pengguna Produk Yamaha Motor) [PhD Thesis]. Manajemen-FE.
Shimp, T. A., & Shimp, T. A. (2003). Advertising, promotion & supplemental aspects of integrated marketing communications.
Shintarani, E. D. (2018). Pengaruh Promosi Produk Seafoodking terhadap Brand Awareness produk. Nyimak: Journal of Communication, 1(2), 209–220.
Simamora, M. H. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Masyarakat Menabung Pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Simalungun Perdagangan Kabupaten Simalungun [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: Dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS.
Sugiyono, P. (2016). Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). Bandung: Alfabeta Cv.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi.
Sujarweni, V. W., & Endrayanto, P. (2012). Statistika untuk penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 14, 17.
Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2012). Penelitian Kuantitatif,(sebuah Pengantar), Bandung: CV. Alfabeta.
Tariq, M., Abbas, T., Abrar, M., & Iqbal, A. (2017). EWOM and brand awareness impact on consumer purchase intention: Mediating role of brand image. Pakistan Administrative Review, 1(1), 84–102.
Walukow, A. L. P., & Mananeke, L. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan Pembelian konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).
Wiratna, S. V. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru Press.
23SK2341234.00 | SK EKOS 23.234 AYU p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain