SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Lokasi, Fasilitas Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim di X-Tream Futsal Pekalongan
Persaingan pada usaha penyewaan lapangan futsal semakin berkembang. Oleh karena itu, pelaku bisnis diharapkan dapat mengatur loyalitas pelanggan sebagai tujuan bisnis. Perusahaan harus menawarkan harga yang terjangkau, lokasi yang strategis yang dapat memudahkan bagi pelanggan untuk menemukan lokasinya, fasilitas yang memadai, dan kualitas layanan yang lebih unggul dari pesaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari harga, lokasi, fasilitas dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan muslim pada X-tream Futsal Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan ialah member atau pelanggan dari X-tream Futsal Pekalongan sejumlah 98 responden yang dipilih secara accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner sebanyak 32 item pernyataan, yang telah diuji valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan lokasi secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Sementara itu fasilitas dan kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Lebih lanjut, harga, lokasi, fasilitas dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, agar pelanggan lebih tertarik menggunakan jasa yang diberikan oleh X-tream Futsal Pekalongan harus tetap mempertahankan dan meningkatkan fasilitas dan kualitas layanan serta memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi harga dan lokasi.
Kata Kunci : Harga, Lokasi, Fasilitas, Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan
DAFTAR PUSTAKA :
Adawia, P. R., Azizah, A., & Endriastuty, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Kereta Api Commuter Line ( Studi Kasus Commuter Line Arah Cikarang Ke Jakarta Kota ). Sebatik, 1(7), 87–95.
Andrianto, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Usaha Mikro (RUM). Solusi, 1(1). https://156.67.218.228/index.php/solusi/article/view/4053%0Ahttps://156.67.218.228/index.php/solusi/article/download/4053/2153
Anjiardiansyah, Suryadi, E., & Sukardi. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga , Dan Physical Evidence Terhadap Loyalitas Konsumen Menggunakan Lapangan Griya Futsal Di Kota Pontianak. Produktivitas, 6.
Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1–13.
Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(2), 592–602.
Bungin, B. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Kencana.
Chasanah, U. (2019). Pengaruh kualitas produk, pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada cafe waroeng pisa purwokerto, banyumas.
Ekaprana, I. D. G. A., Jatra, I. M., & Giantari, I. G. A. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang. E-Jurnal Manajemen, 9(8), 2895–2914.
Farid Firmansyah, rudy haryanto. (2017). Manajemen Kualitas jasa Peningkatan Kepuasan dan Loyalitas pelanggan. Duta Media Publishing.
Fernando, M. fajar, & Aksari, N. M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. Manajemen Unud, 7(1), 441–469.
Firmani, P. siti. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Di Swalayan Titi Rejeki. 80239.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPPS 21 Update PLS REgresi.
Gunarto, M. (2018). Transformasi Data Ordinal ke interval dengan MSI menggunakan Program EXCEL.
Hasan Ubaidillah, U. (2020). Analisa Faktor Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen. Wahana, 72(1), 1–6. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i1.2363
Hermanto, Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fotocopy Anugrah Rengat. Journal of Economics and Business, 3(2)(September), 171–176. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.78
Herrin, N. N. P., & Mashariono. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Nindya Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(8), 1–16.
Hidayati, A., Sifatu, W. O., Maddinsyah, A., Sunarsi, D., & Jasmani. (2021). Loyalitas Dan Kepuasan Konsumen : Tinjauan Teoritik. Cipta Media Nusantara (CMN).
Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media.
Kumala, M. C., & Widodo. (2019). PengaruhHarga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Alumunium. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 58.
Kurniawan, H. D. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Jasa JNE Jl. Glagahsari No.62 Yogyakarta). Ekobis Dewantara, 1(4), 73–82.
Lubis, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 1–11.
Masrokah, S., & Suciningtyas, S. (2019). Analisis Harga, Fasilitas, Kualitas pelayanan Dan Keragaman Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Di Yogya Mall Pemalang. Syntax Idea, 1(2), 68–80.
Novandy, M. I., & Rastini, N. M. (2018). Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus : Usaha Ekspedisi Tiki Di Kota Denpasar ). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 412–440.
Nurhadi, M. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Untuk Mengadakan Mice Di Patra Semarang Hotel & Convention. 6(1), 966–974.
Pasharibu, Y. (2021). Brand image , Lokasi , dan Fasilitas Sport Club Gym terhadap Loyalitas Pelanggan Pendahuluan. 5(April), 128–135.
Prayitno, D. (2010). Paham Analisa Data Statistik dengan SPSS. Mediakom.
Puspa, R., Permana, A., & Nuryanti, S. (2017). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Perumahan Ciujung River Park Serang, Banten). Ilmiah Manajemen Bisnis, 3(02), 205–215.
Putri, D. I., Hidayat, W., & Dewi, R. S. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pelanggan Mertojoyo Cake Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(2), 60–68. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/2181
Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Persepsi Pada Pelanggan Dian Comp Ambarawa). Among Makarti, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.52353/ama.v10i1.147
Putri, Y. M., Utomo, H., & Mar’ati, F. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Di Grand Wahid Hotel Salatiga. Among Makarti, 14(1), 93–108. https://doi.org/10.52353/ama.v14i1.206
Setiadi, N. (2003). Pengantar Statistika. PT.Bumi Aksara.
Sofyan, I. L., Pradhanawati, A., & Nugraha, H. S. (2013). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas , Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Star Clean Car Wash Semarang. Journal Of Social And Politic, 1(8), 1–12.
Soriton, J. F. W., Tampi, J. R. E., & Walangitan, O. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Berusaha Motor Kawangkoan. Jurnal Productivity, 2(7), 537–543.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DAN R&D (cetakan ke). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.
Sulandjari, R., & Ferdiansyah, A. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Online Shop Brilink_Khumaira. Egaliter, 4(Oktober), 25–37.
Temalagi, Hengky, L. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20. Alfabeta.
Thung, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Mitra Gojek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Bina Manajemen, 8(September), 74–95.
Utomo, D. (2022). Pengelola Lapangan X-tream Futsal Pekalongan.
V.Wiratna, S. (2015). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi(1st ed.). Pustaka Baru Press.
Wasiman, Sitonga, F., & Wibowo, A. E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Bintang Dua Di Kota Batam. Jurnal Cafetaria, 1(2), 64–73.
Wijoyo, T. A. (2019). Pengaruh Brand Accor Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Tamu Di Hotel Novotel Semarang.
William, & Purba, T. (2020). Kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel mazda di kota batam. EMBA, 8(1), 1987–1996.
Yenny, C., & Edwin, J. (2014). Pengaruh Kepuasan, Hambatan Berpindah Dan Penyediaan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen Di Hotel Novotel Surabaya. Strategi Pemasaran, 2(1), 1–7.
Zakiy, M., & Azzahroh, E. P. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 3(1), 26. https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.3599
23SK2341231.00 | SK EKOS 23.231 ALF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain