SKRIPSI EKOS
Pengaruh Islamic Branding, Intensitas Promosi Dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Repurchase) Produk Shampoo Pantene Hijab Edition (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Perubahan gaya hidup masyarakat dan disertai dengan perkembangan berbagai bidang industri termasuk industri toiletries yang salah satu produknya yaitu shampoo menjadikan semakin banyak produk shampoo yang dipasarkan di Indonesia sehingga perusahaan harus memiliki strategi yang tepat untuk dapat memenangkan persaingan. Mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim sehingga beberapa strategi yang bisa digunakan yaitu islamic branding, intensitas promosi dan brand equity. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui islamic branding, intensitas promosi dan brand equity terhadap keputusan pembelian ulang produk shampoo pantene hijab edition.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan islamic branding tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang dengan nilai Sig. 0,800 > 0,05. Intensitas promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang dengan nilai Sig. 0,029 < 0,05. Brand equity berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang dengan nilai Sig. 0,012 < 0,05. Dan ketiga variabel berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian ulang dengan nilai Fhitung 17,260 > nilai Ftabel 2,72.
Kata Kunci: Islamic Branding, Intensitas Promosi, Brand Equity dan Keputusan Pembelian Ulang.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, M. (2015). metodologi penelitian kuantitatif. Aswaja Pressindo.
Adawiyah, S. El, & Patrianti, T. (2021). Islamic Branding Dalam Ekonomi Syariah. 4(1), 26–35.
Adriany, V. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Jasa Gejek Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Karyawan Berkantor Di Wilayah Jl. T.B Simatupang Jakarta). Jurnal Ilmiah Politeknik Piksi Input Serang, 6(1), 63–82.
Afrianty, N. (2020). Pengaruh Islamic Branding dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT.HNI HPAI Kota Bengkulu. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 1(2), 121.
https://doi.org/10.47700/jiefes.v1i2.2057
Aisyah, Nur. (2018). Pengaruh Brand Image dan brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Axis (Pada Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang). Skripsi, 7(2), 44–68.
Aisyah, Nurul. (2021). Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Yang Dimediasi Brand Awareness Pada Remaja Wanita Di Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.
Aisyah, Nurul, Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Islamic Branding Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.259
Andira, A., Ika, R., & Alvia, U. (2022). Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi COVID-19. Husbintek, 2 (1).
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/4316
Anuraga, W., & Sitohang, S. (2015). Pengaruh produk, harga, promosi, dan merk terhadap keputusan pembelian ulang. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(10), 1–18.
Aprilia, M., & Widyawati, N. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(6), 1–22.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Arwani, A. (2015). Pengaruh Sikap Mahasiswa Muslim Terhadap Minat Pada Bank Syariah. Jurnal Penelitian, 12(1), 1. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i1.640
Asshidiq, H. (2017). Pengaruh Positioning dan Persepsi Iklan dengan Keputusan Pembelian Ulang Produk Air Mineral AQUA Pada Remaja Akhir. Psikoborneo, 5(4), 683–694. https://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2018/01/JURNAL HASBI ASSHIDIQ (01-29-18-10-46-34).pdf
Bahri, S. (2013). Hukum Promosi Produk Dalam Perspektif Hukum Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(1). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.1.135-154
Darmadi, C. A. (2020). Pengaruh Pelabelan Halal, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Ulang Lipstik Wardah. Skripsi. http://repository.bakrie.ac.id/3480/
Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Surabaya). Skripsi, 1–114.
Dharmayana, I. M. A., & Rahanatha, G. B. (2018). Pengaruh Brand Equity, Brand Trust, Brand Preference, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Niat Membeli Kembali. E-Journal Manajemen Unud, 6(4), 2018–2046.
Elok, F. (2017). Analisis pengaruh Islamic Brading Terhadap Keputusan Konsumen Untuk membeli Produk. JIAI (Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia), 2(1), 31–41.
Endang, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Halal, Islamic Branding dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik dan Toileters (Studi Pada Wanita Muslim Indonesia). Skripsi.
http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12469
Ernawati, D. (2019). Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17–32.
Fafirudin, T., Fitriani, & Wulandari, A. (2021). Minat Mahasiswa Melanjutkan Kuliah : Intensitas Promosi , Kepercayaan dan Biaya Kuliah. 23(3), 185–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i3.659
Farma, J., & Umuri, K. (2020). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Strategi Promosi Produk Asuransi Takaful. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 15(1), 19–29. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v15i1.3268
Fauzi, D. H. (2021). Determinasi Keputusan Pembelian Dan Pembelian Ulang ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). JIMT (Jurnal Ilmu Manajemen Terapan), 2(6), 790–800.
https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6
Hasibuan, S. W. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesadaran Konsumen Menggunakan Kosmetik Halal Serta Dampaknya Terhadap Brand Holistic (Studi Pada Wanita Dewasa Di Kota Medan).
Hidayat, M. I., & Yusnidah. (2021). Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Deepublish.
Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.30871/jaba.v3i1.1282
Husniati, E., Jauhari, T., Fauzia, I. N., & Safitri, mia nur. (2020). Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. 5(1), 204–216. https://doi.org/https://doi.org/10.32503/jmk.v5i3.1106
Idris, M., Maupa, H., Muis, M., & Pono, M. (2020). Membangun Konsep Brand Religiosity Image Dalam Islamic Marketing (Sintesis Teori dan Penelitian Empiris yang Relevan). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.929
Irania, P. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Food Quality Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Ngikan Yuk Bandar Lampung). Skripsi.
Jayusman, L. P. (2020). Pengaruh Celebrity Endorse, Service Quality, Dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus …. Skripsi. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/9069
Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44.
https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54
Khotimah, U. K. (2018). Labelisasi halal di tengah budaya konsumsif. 12(2), 283–296. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jsa.2018.122-06
Kuncoro, M. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi (Y. Sumiharti & W. C. Kristiaji (eds.)). Erlangga.
Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif (Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi) (Edisi keti). Unit penerbit dan Percetakan (UPP) STIM YKPN.
Lestiani, M. E. (2018). Faktor-Faktor Dominan Promosi Yang Mempengaruhi Motivasi Konsumen Dalam Membeli Suatu Produk Dengan Menggunakan Metode Ahp. Industri Elektro Penerbangan (INDEPT), 1, 15–20.
Limartha, M., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Brand Equity dan Product Knowledge Terhadap Minat Beli Konsumen Komunitas Hello Beauty Jakarta pada Produk Wardah. Prologia, 2(2), 426.
https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3723
Mahendra, A., & Prasetia, D. J. (2022). Pengaruh Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Tanah Kavling di CV . BI PROPERTY ( Studi Pada Konsumen Produk Tanah Kavling. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi (MEKA), 3(1), 397–403.
Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 3(1), 61–76.
Nalim, Y., & Turmudi, S. (2012). statistika deskriptif. STAIN Pekalongan Press.
Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan.
Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594
Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 113–132. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.5054
Noviyanti, N. S. (2020). Pengaruh Label Halal, brand Equity, dan Brand Image Terhadap Keputusan Mahasiswa Iain Salatiga Membeli Pasta Gigi “ Close Up ” Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. SKRIPSI. Salatiga: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.
Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa, 4(1), 73–86.
Pamungkas, N. L., Ibdalsyah, I., & Triwoelandari, R. (2021). Pengaruh Islamic Branding, Celebrity Endorser, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Wardah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 100–114. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i2.539
Prameswara, A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek, Persepsi Harga Terhadap Pembelian Ulang Pada Pelanggan Motor Yamaha Di Kabupaten Kendal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 04(01), 27–39. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial%20Issue%203.1016
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial (1st ed.). CV. Pustaka Setia.
Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Gava Media.
Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. CV. Wade Group.
Putra, M. D., Putri, D., & Amelia, F. (2019). Prinsip Konsumsi 4K + 1M Dalam prespektif Islam. Asy Syar’iyyah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Perbankan Islam, 4(1), 23–45.
https://doi.org/https://doi.org/10.32923/asy.v4i1.880
Rahman, Y. A., & Hidayati, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Intensitas Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Optik Famili. Management, 10(2), 1–12.
Rahmawaty, P. (2015). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 89–98.
https://doi.org/10.21831/jim.v12i1.11744
Ranto, D. W. P. (2013). Menciptakan Islamic Branding Sebagai Stretegi Menarik Minat Beli Konsumen. Jbma, I(2), 1–11.
Rinaldi, A., & Santoso, S. B. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Traveloka di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–14. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/20901
Safina, W. D. (2019). Pengaruh Kredibilitas Celebrities dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Shampoo Pantene di Plaza Medan Fair Medan. Jurnal Economix, 7(1), 61–68.
Sari, S. I. (2020). Pengaruh islamic branding dan islamic advertising terhadap keputusan pembelian produk shampo sunsilk hijab pada masyarakat kota pekanbaru skripsi. Skripsi.
Setiawan, B. (2015). Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial & Bisnis dengan SPSS. Andi.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Suharyono. (2018). Perilaku Konsumen Dalam Prespektif Ekonomi Islam. Al-Itaj:Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 308–327. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/aij.v4i2.1216
Sukron, A. R. M. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Islamic Branding Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. IAIN Salatiga, 63020150091, 1–121. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6166/
Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Utami, S. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas, Harga, dan Islamic Branding Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal. Skripsi.
Verdilla, V., & Albari, A. (2018). Dampak Dimensi Ekuitas Merek Dalam Membentuk Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(2), 81. https://doi.org/10.28932/jmm.v17i2.802
Vierry, M. D., & Suwitho. (2022). PENGARUH BRAND EQUITY , PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PT MPM HONDA SIMPANG SURABAYA Suwitho. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(6).
Widyaningrum, P. W. (2019). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Capital: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 75–97.
Yunus, N. S. N. M., Rashid, W. E. W., Ariffin, N. M., & Rashid, N. M. (2014). Muslim’s Purchase Intention towards Non-Muslim’s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 130, 145–154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.018
Zulkarnain, M. (2021). Kualitas Produk, Servicescape dan Word of Mouth Serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(1), 38–44.
https://doi.org/10.35899/biej.v3i1.198
https://jakpat.net/tag/hijabshampoo/ (Diakses pada 15 Februari 2022 Pukul 13.27).
http://Www.Datacon.Co.Id/Toiletries-2011Sampo.Html (Diakses Pada 5 Juni 2021 Pukul 19.45 WIB).
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/30/sebanyak-8688-penduduk-indonesia-beragama-islam (Diakses Pada 6 Oktober 2021 Pukul 9.16 WIB).
23SK2341229.00 | SK EKOS 23.229 NOF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain