SKRIPSI EKOS
Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Gadai (Rahn) di PT Pegadaian Syariah Cabang Kota Pekalongan
Marketing mix dapat didefinisikan sebagai suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen didalamnya secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditergetkan. Satu diantara perkembangan marketing mix yang paling banyak dikenal adalah marketing mix7P. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh marketing mix7P terhadap minat nasabah menggunakan produk gadai (rahn) di PT Pegadaian Syariah Cabang Kota Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Penelitian ini menggukan metode analisis uji regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan spss 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing mix 7p yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan sarana fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan produk gadai (rahn) di PT Pegadaian Syariah Cabang Kota Pekalongan.
Kata Kunci : Marketing Mix, Minat, Gadai
DAFTAR PUSTAKA :
A. Buku :
Abdurrahman, Herdiana Nana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Abdul, Rahman Shaleh &Abdul Wahab Mutib. 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.
Al Arif, M Nur Arianto. 2010. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Adam, Muhammad 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ali, Zainuddin. 2008. Hukum Gadai Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.
Alma, Buchari & Donni Juni Priansa. 2009. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. 2006. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Buchari, Alma. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amrin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo.
Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Anto, Hendrie. 2003. Pengantar Ekonomika Mikro Islam. Yogyakarta: Ekonosia.
Azwar, Saefudin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Danupranata, Gita. Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: Salemba Empat
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, edisi kelima. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam . 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Univarsitas Diponegoro.
Huda, Nuul dan Mohamad Haykal. 2010. Lembaga Keuangan Islam Tinjauan Teoritis dan praktis. Jakarta: Kencana.
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: ALFABET
Kasmir. 1999. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir. 2015. Manajemen Perbankan Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Candi Gebang Perma.
Latan, Hengky dan Selva Temalagi. 2013. Analisis Multivariate Teknikdan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Mardani. 2014. Hukum Bisnis Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: AMP YKPN.
M Toha Anggoro dkk. 2008. Metode Penelitian: Materi Pokok. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nalim dan Salafudin. 2014. Statistik Inferensial. STAIN Pekalongan Press.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Setiadi, J Nugroho. 2008. Perilaku Nasabah Konsep dan Implikasi Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana Pernada Media Grup.
Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Penerbit LP3S.
Soewarno. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudaryono. 2006. Manajemen Pemasaran dan Implementasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.
Suhendi, Hendi. 2010. Fiqh Muamalah. Jakarta: Rajawali Pers.
Swastha, Basu. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Nasabah, Yogyakarta: BPFE.
Suntoyo, Danang. 2013. Teori Kuesioner dan Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutanto, Herry & Khaerul Umam. 2013. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Pustaka Setia.
Teguh, Muhammad. 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Press.
Tjiptono, Andy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Utami, Christina Whidya. 2008. Strategi Pemasaran Ritel. Jakarta: Indeks.
Wahjono, Imam Sentot. 2013. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.
B. Skripsi
Ania, Faqiatul Nurul. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Gadai Emas Syariah Di BRI Syariah KC Semarang. IAIN Salatiga.
Batubara, Ramadhani. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Di Unit Pegadaian Syariah Sadabuan. IAIN Padang Sidimpuan.
Gultom, K Dedek dkk. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol 14 No. 01 April.
Hidyati, Riezka, Rara dkk. Aktivitas Promosi Dalam Meningkatkan Dana Pihak Ketiga Pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Batang Kapas Pesisir Selatan. Akademi Keuangan dan Perbankan Padang.
Kholifah, Nur. 2015. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah BMT Amal Mulia Suruh Kabupaten Semarang. STAIN Salatiga.
Khurniya, Dina Isna. 2017. Pengaruh Marketing Mix Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Bank Syariah. IAIN Salatiga.
Marlius, Doni. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh, Jurnal. Vol. 03. No. 01. Akademi Keuangan dan Perbankan Padang
Nurhati, Dwi Desrindra. 2020. Pengaruh Strategi 7P Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Pembiayaan Pada PT BPRS Puduarta Insani Tembung. UIN Sumatera Utara Medan.
Pebriani, Sari Indah. 2018. Analisis Preferensi Nasabah Terhadap Produk Mitra Emas Ib Maslahah Bank Bjb Syariah KCP Rawamangun. Politeknik Negeri Jakarta.
Pratiwi, Angun, Ratna Vika. 2017. Pengaruh Pendapatan Pegadaian, Harga Emas, Dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Pembiayaan Rahn (Studi Pada Pegadaian Syariah Di Indonesia Tahun 2005-2015).
IAIN Surakarta.
Rakhman, Faisal. 2018. Pengaruh People Process Dan Physical Evidance Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIBANKS Al Ma’soem , Vol. 4 No 3. STIBANKS Al Ma’soem.
Romadhoni, Eni. 2019. Analisis Pengaruh Marketing Mix Rahn Terhadap Pertimbangan Nasabah Dalam Pemanfaatan Pegadaian Syariah (Studi Kasus Unit Pegadaian Syariah Ngaliyan Square). UIN Walisongo Semarang.
Rukmanasari, Feti. 2017. Pengaruh Pengetahuan, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Majapahit Semarang). IAIN Salatiga.
Sanjaya, Sigit dkk. 2018. Pengaruh People Process Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Atas Pelayanan Pada Perbankan Syariah Di Kota Padang. Universitas Putra Indonesia.
23SK2341227.00 | SK EKOS 23.227 PUP p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain