SKRIPSI EKOS
Pengaruh Atribut Produk, Variety Seeking, Dan Promosi Terhadap Perilaku Brand Switching (Studi Kasus Konsumen Smartphone OPPO di Pulung Celluler Pekalongan)
Di masa pandemi ini smartphone banyak dicari oleh para konsumen. Demikian halnya yang terjadi di counter Pulung Celluler Pekalongan, penjualan smartphone meningkat karena banyaknya permintaan dari konsumen yang membutuhkan smartphone sebagai sarana belajar mengajar online (daring), bisnis online, bekerja, maupun aktifitas lain walaupun sekedar untuk hiburan maupun bermain game. Counter Pulung Celluler sendiri menyediakan berbagai macam produk (brand) HP android seperti Samsung, oppo, vivo, xiomi, realme, infinix, bahkan apple. Produk smartphone OPPO adalah produk yang paling mendominasi penjualan terbanyak di counter Pulung Celluler. Selain karena produk OPPO merupakan sebuah brand yang sudah sangat familiar di masyarakat, smartphone OPPO juga menyediakan berbagai macam seri hp dengan spesifikasi, fitur, serta variasi harga sesuai kebutuhan konsumen sehingga calon konsumen dapat memilih varian harga sesuai budget yang dimiliki.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal yang menggunakan data kuantitatif untuk mengukur atribut produk, promosi dan variety seeking terhadap perilaku brand switching. Penelitian ini dilakukan pada konsumen smartphone OPPO di Pulung Celluler dengan sampel penelitian sebanyak 100. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan oleh peneliti adalah non probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
Berdasarkan hasil uji t diketahui atribut produk berpengaruh signifikan terhadap brand switching dengan tingkat signifikansi 0,031 < 0,05, variety seeking berpengaruh signifikan terhadap brand switching dengan tingkat signifikansi 0,026 < 0,05, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap brand switching dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Uji F adalah 55,132 dengan tingkat signifikan 0,000 lebih kecil dari (α) = 0,05 maka dapat dikatakan bahwa atribut produk, variety seeking, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku brand switching.
Kata Kunci: Brand Switching, Atribut Produk, Variety Seeking, Promosi
DAFTAR PUSTAKA :
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Atika WD, Cinthya. Pengaruh Negara asal, Citra merk, dan Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Smartphone OPPO di Kota Bandar Lampung (Skripsi Online, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung).
Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,Cetakan ke Sembilan. Bandung: Alfabeth.
Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Fitria, Hadiyati dan Endang Ahmad Yani. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Ekonomi Islam , Study Kasus: Stei Sebi (Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah)
Hartono, Hendry, dkk. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian (Jakarta: Jurnal online , Jurusan Manajemen, Universitas Bina Nusantara).
Indriyo, Gitosudarmo. Manajemen Keuangan (Yogyakarta : BPFE, 1995).
Junaidi, Shelliyana dan Dharmessta, B.S. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, Kebutuhan Mencari Variasi, Terhadap Keputusan Perpindahan Merk (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 2002). Vol. 17
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Manajemen, 15th Edition. Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip dan Gary, Amstrong. 2014. Principle Of Marketing, edisi 15. New Jersey : Pearson Hall.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.
Nurjanah, Ana. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perilaku Brand Switching Pada Kart Seluler :Studi Kasus pada Konsumen Pengguna Kartu Seluler di Dusun Tegalroso. Skripsi Program Studi Manajemen (Yogyakarta : Universitas PGRO Yogyakarta, 2017).
Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, Edisi ke sembilan, Diterjemahkan Oleh : Dian Tantri Dwiandani. Jakarta : Salemba Empat.
Santoso, Heri. 2009. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Brand Switching pada Produk Rokok L.A Lights (Study pada Warga Kecamatan Jebres Surakarta). Skripsi Dipublikasikan. (online), Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.
Schiffman, L.G dan Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour 10th ed. New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Schiffman, Leon dan L. lazar, Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, Terjemah Zoelkifli Kasip. Jakarta : PT. Indeks.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Swastha, Basu dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua. Yogyakarta : Liberty Offset.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, edisi 3. Yogyakarta : AND).
Warren J, Keegan dan Mark C, Green. 2012. Global Marketing Management, American Marketing Association.
23SK2341222.00 | SK EKOS 23.222 LAI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain