SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Sop Buah Durian Bang Maman Cabang Kadilangu Batang)
Kepuasan konsumen merupakan syarat agar suatu usaha bisa terus berkembang dan maju dengan baik dalam sutau perekonomian. Peningkatan kepuasan konsumen yang baik adalah hasil dari perencanaan dari pemilik usaha untuk menjalankan proses pertumbuhan perekonomian. Kepuasan konsumen tidak terlepas dari faktor Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di sop buah spesial durian bang Maman cabang batang? 2) Apakah persepsi kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di sop buah spesial durian bang Maman cabang batang? 3) Apakah persepsi kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di sop buah spesial durian bang Maman cabang batang? 4) Apakah harga, kualitas produk, kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di sop buah spesial durian bang Maman cabang batang?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan simple accidental sampling. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai t hitung variabel pengaruh harga 0,918 > 0,1966. nilai t hitung variabel kualitas produk harga 1,556 > 0,1966. nilai t hitung variabel kualitas layanan harga 6,390 > 0,1966. Pengujian membuktikan uji f dengan nilai Signifikansi 0,000 < 0,05. variabel pengaruh harga, kualitas produk, kualitas layanan mempengaruhi kepuasan konsumen sop buah durian bang maman cabang batang sebesar 56,5 % dan sisanya 43,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen berpengaruh secara simultan.
.
DAFTAR PUSTAKA :
Buku :
Azwar, Saifudin. 1999. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bintari & Suprihatin. 1982. Ekonomi Dan Koperasi. Bandung: Ganeca Exxact.
Bob, Foster. 2008. Manajemen Ritel, Bandung: Alfabeta.
Bungin, Burhan . 2005. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lLainny. Jakarta: Kencana.
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Priciples Of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran I. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran (Pendekatan Praktis). Graha Ilmu: Yogyakarta.
Hasan, A. (2008). Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Jakarta: Medpress. Heizer, J., & Render, B. (2006). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.
Hermawan, A. (2013). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik, Edisi I. Jakarta: Salemba Empat
Mamang, Etta & sopiah. 2010. metodelogi penelitian pendekatan praktis dalam penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: ANDI.
Sarjono, Haryadi. & Julianita, Winda. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Soekartawi. 2002. Faktor-Faktor Produksi. Jakarta : Salemba Empat. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R & D). Bandung: CV Alfabeta.
Jurnal :
Abdurachman, U. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 34 - 53.
Karnawati, T. A. (2010). Pengaruh Variabel Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Padang Sederhana di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi ASIA.
Amanah, Dita. 2010. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H. M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis. Vol. 2. No 1. (2010).
Haryanto, Resty. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran McDonald’s Manado. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. Vol. 1. No 4. (2013).
Masloman, Mirna. 2014. Kualitas Pelayanan dan Servicescape Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen pada Kentucky Fried Chicken Multimart Ranotana Manado. Jurnal EMBA. ISSN 2303- 1174. Vol 2.
Runtunuwu, Johanes. 2014. Pengaruh Kualitas Probuk, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Cafe dan Resto Cabana Manado. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. Vol. 2. No 3. (2014).
Skripsi :
Ahmad, E. P. (2016). Pengaruh Kulitas Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Tahu Jembar Manah. [Skripsi]. Bandung (ID): Universitas Widyatama.
Fawzeya, N. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rumah Makan Dutarasa 26 Banjarbaru). [Skripsi]. Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Iswayanti, I. P. (2010). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Rumah Makan “Soto Angkring Mas Boed” di Semarang). [Skripsi]. Semarang (ID): Universitas Diponegoro.
Lubis, D. (2015). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Tergadap Keputusan Pembelian (Studi pada Waroeng Steak and Shake Jl. Dr. Mansyur No. 85 Medan). [Skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.
Raja, B. L. (2011). Pengaruh Faktor Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Merica Food Center Plaza Millenium Medan. [Skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.
Susanti, T. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Tembalang, Semarang). [Skripsi]. Semarang (ID): Universitas Diponegoro.
Tobing, R. F. (2015). Pengaruh Produk, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Roemah Kopi Dolok Tebing Tinggi. [Skripsi]. Medan (ID): Universitas Sumatera Utara.
Widjaja, Y. R., & Jayanti, F. D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kamporng Sawah Kabupaten Bandung. [Skripsi]. Bandung (ID): Universitas Bina Sarana Informatika.
23SK2341219.00 | SK EKOS 23.219 MOH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain