SKRIPSI EKOS
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Ak-Utsmani Kajen)
Keputusan pembelian merupakan tahap penting yang dilakukan sebelum konsumen melakukan pembelian. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Demikian halnya keputusan pembelian pada E-commerce Shoppe yang dilakukan santri mahasiswa di Pondok Pesantren Al Utsmani. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pada E-Commerce Shope di Pondok Pesantren Al Utsmani komplek mahasiswa.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan sebanyak 110, data diolah menggunakan aplikasi SPSS 16 dengan uji instrumen, Uji Analisis faktor, dan uji Anova.
Hasil penelitian menunjukan terdapat enam faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada E Commerce Shoppe yang dilakukan santri mahasiswa di Pondok Pesantren Al Utsmani dengan nilai Eigen Value > 1 yaitu Efektifitas dengan nilai 11.015>1, Kepercayaan dengan nilai 2.093>1, Strategi Pemasaran dengan nilai 1463>1, Kualitas Produk dengan nilai 1383>1, Kualitas Pelayanan dengan nilai 1.075>1, Pribadi engan nilai 1.014>1.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Faktor keputusan pembelian. Analisis Faktor.
DAFTAR PUSTAKA :
Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19997
Akuntabel, J. (2013). TEORI KONSUMSI DAN PRODUKSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Sri Wahyuni Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. 10(1), 74–79.
Aryani, L. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Di Online Shop Lazada. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 39. https://doi.org/10.35590/jeb.v3i1.723
Asbari, M., Santoso, P. B., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif pada Industri 4.0. Jim UPB, 8(1), 7–15.
https://doi.org/ttps://doi.org/10.33884/jimupb.v8i1.1562
Aulia, G., Husnurrofiq, H., & Syahrani, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Uniska Banjarmasin).
Dewi, I. K., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 56(1), 155–163.
administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Fatimah, F. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI ERA DIGITAL (Studi Kasus pada Ritel Tradisional di Desa Balung Lor Balung Jember). Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 31–46. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/782
Furqon, I. K. (2018). TEORI KONSUMSI dalam ISLAM. Adzkiya : Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.32332/adzkiya.v6i1.1169
Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bisnis Administras, 06(01), 37–43.
Hastuti, A. D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Ojek Online Di Soloraya. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83631
Hendarsyah, D. (2019). E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170
Industri, R., Tantangan, D. A. N., & Sosial, P. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 22–27. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4417
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Orasi Bisnis, VI(November), 95–112.
Kaharuddin. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Yayasan Sahabat Bunda Kota Makassar. FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 60–75.
Mutaalimah, S. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Religiusitas terhadap Perilaku Pembelian Produk Kecantikan Sariayu Berlabel Halal. Universitas Islam Indonesia.
https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8083
Nalim, S. dan. (2014). Statistik Inferensial (A. Rosyid (ed.)). STAIN Pekalongan Press.
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528
Pradana, M. (2016). Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Modus, 27(2), 163. https://doi.org/10.24002/modus.v27i2.554
Prakoso, F. A., Kurniawati, D., Arifin, N., Samsiana, S., Herlawati, Nidaul Khasanah, F., Trias Handayanto, R., Setyowati Srie Gunarti, A., Irwan Raharja, Maimunah, Benrahman, Surnarti, Puspita, R. H., Ernawati, R., Nasution, D. A. D., Erlina, E., Muda, I., Abdurrahman Firdaus Thaha, World Health Organization., … Nugroho Adi, RifqiNugroho Adi, R. (2013). A. F. – F. Y. M. K. P. D. S. P. O. S. O. (Studi K. P. O. S. C. J. S. (2013).
ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANGMEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIANDENGAN SISTEM PRE ORDER SECARAONLINE(Studi Kasus PadaOnline ShopChopper Jersey). Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 1689–1699.
Pratama, Y. (2019). Analisa Penentu Keputusan Pembelian Konsumen Analisa Penentu Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Online (Pada Masyarakat Jabodetabek) Produk Online (Pada Masyarakat Jabodetabek). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 25. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3602
Rakasyifa, I., & Mukti, G. W. (2020). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYUR DAN BUAH DI RITEL ONLINE (Suatu Kasus pada Konsumen Ritel Online di Jakarta). Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 275. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.3141
Rambe, D. S. (2014). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Online Shopee (Vol. 53, Issue 9).
Rizky, Diana Triwardhani, Y. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA KELOMPOK REMAJA. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(1), 1059–1076.
Sinaga, S. (2016). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (BAGIAN PRODUKSI MINYAK KELAPA SAWIT PT.MITRA UNGGUL PUSAKA SEGATI PELALAWAN RIAU) Oleh: JOM FISIP Universitas Riau, 3(2), 1–13.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. PT. Bumi Aksara.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis. ANDI OFFSET.
Sunarti, Giardo Permadi Putra, Z. A. (2001). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Adhaesion Kleben Und Dichten, 45(6), 16.
Syariah, E., & Fadilah, N. (2020). Teori Konsumsi , Produksi dan Distribusi. 1.
Utami, A. R. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Lazada Pada Mahasiswa Di Jakarta. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 1(2), 83–90.
https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i2.115
Vania, F. S. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia.Com. Agora, 5(1), 1–7.
Virgiawan, R., & Kariim, L. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Dalam Pembelian Hidangan Pokok (Primary Dish) Secara Online. Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 3(2), 131. https://doi.org/10.31958/imara.v3i2.1660
Wahidin, A. (2018). PRINSIP SALING RELA DALAM TRANSAKSI EKONOMI ISLAM (Tafsir Analitis Surat An-Nisa’ [4] Ayat 29). Ad Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 110.
https://doi.org/10.30868/ad.v2i02.352
Zhelf, Z. R. (2018). PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI BANK TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH ( Studi Kasus : PT.BPRS Gebu Prima Jln. A.R. Hakim Medan). E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence.
23SK2341217.00 | SK EKOS 23.217 MUK a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain