SKRIPSI MD
Manajemen Dakwah dalam Pelayanan Jasa KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa Kab. Pekalongan
Penelitian ini didasari bahwa aktivitas manajemen dakwah dalam pelayanan jasa KBIH Nusa Madinah dirasa penting untuk mencapai tujuan dakwah haji yaitu pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan ajaran Rasulluah Saw. KBIH Nusa Madinah merupakan KBIH yang ada di Kec. Wiradesa Kab. Pekalongan. Dan kebanyakan jamaah haji dari daerah sekitar wiradesa memilih KBIH tersebut karena pelayanan nya yang ramah dan terpercaya. Pembinaan terhadap jamaah haji di KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa memengaruhi kualitas ibadah haji oleh jamaah. Namun masih sering ditemui beberapa kendala dalam operasional pembinaan jamaah haji ketika pra haji dan paska haji. Kendala yang sering ditemui jamaah adalah terhadap pemahaman jamaah terhadap materi, teori, praktik dan manasik haji. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif atau penelitian lapangan yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan atau menguraikan sesuatu hal menurut apa adanya. Dalam teknisnyametode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara da dokumentasi. Setelah data-data terkumpul, dilakukan klasifikasi, editing dan penyajian data kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa telah melaksanakan proses manajemen dakwah dalam KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa dengan menerapkan unsur-unsur pelayanan jasa serta langkah-langkah manajemen dakwah. Unsur-unsur pelayanan jasa dimulai dari yang pertama, yaitu tangible, berupa bukti fisik yang meliputi pegawai, perlengkapan dan sarana komunikasi. Realibiliti yaitu berupa kemampuan memberikan pelayanan yang menjanjikan dengan segera dan memuaskan. Responsiveness, yaitu berupa keinginan staf untuk membantu para pelanggan dan memberikan pelayanan dengan tanggap. Assurance, yaitu mencangkup kemampuan, kesopanan dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki para staf. Emphaty yaitu berupa perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi yang diberikan kepada para pelanggan dengan berupaya memahami keinginan konsumen. Adapun langkah-langkah manajemen dakwah dimulai dari perencanaan dakwah yang disusun sebelum pelaksanaan dakwah, kedua pengorganisasian dakwah pembentukan struktur organisasi dan pembagian kerja, ketiga penggerakan dakwah dengan menggunakan pengarahan dan orientasi, kenudian mengevaluasi seluruh rangkaian manajemen dakwah yang telah dilaksanakan. Kesinambungan unsur-unsur pelayanan jasa dan langkah langkah manajemen dakwah yang telah dilaksanakan di dalam KBIH Nusa Madinah Kec. Wiradesa akan mempengaruhi pencapaian dakwah yang diinginkan dan berjalan secara efektif dan efesien.
23SK2336023.00 | SK MD 23.023 MUF m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain