SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Penggunaan Media Vidio Tutorial Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Matriks di MAN 2 Kota Pekalongan
Kata Kunci: Efektivitas, Vidio Tutorial, Pemahaman Konsep
Latar belakang penelitian ini adalah tentang kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika pada materi matriks sehingga siswa mengalami banyak kendala dalam mememahami materi matematika dan Guru yang belum bisa menciptakan proses pembelajaran matematika yang menarik dan inovatif.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pembelajaran yang menggunakan media vidio tutorial lebih efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks? 2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi matriks antara siswa yang menggunakan media vidio tutorial dan tidak menggunakan media vidio tutorial? 3)Apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan media vidio tutorial pada materi matriks?. Tujuan dalam penelitian adalah 1) Mengetahui efektifitas penggunaan media vidio tutorial dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks. 2) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks antara siswa yang menggunakan media vidio tutorial dan tidak menggunakan media vidio tutorial. 3)Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan media vidio tutorial pada materi matriks.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Experimental serta desain pre-test and post-test control group. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (essay). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji homogenitas, uji normalitas, uji-t, dan uji gain.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan media vidio tutorial dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi matriks dilihat dari peningkatan rata-rata skor post-test dari 52,13 menjadi 78,10. Nilai yang di dapat dari perhitungan uji gain sebesar 0,705 atau 70,5% (kategori tinggi). Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media vidio tutorial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih efektif daripada tanpa menggunakan media vidio tutorial.
DAFTAR PUSTAKA
Afandi, Muhamad. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press.
al-Firdaus, Iqra'. 2010. Buku Lengkap Tuntunan Menjadi Kameraman Profesional. Yogyakarta: Buku Biru.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
————————. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Baharuddin, Iham. 2014. "Efektivitas Penggunaan Media Vidio Tutorial sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan". Jurnal Nalar Pendidikan, Vol. II, No. 2.
Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Destinar. 2019. "Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self Efficacy dan Model Pembelajaran Think Pair Share TPS di SMP Negeri 20 Pemalang". Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), Vol. I, No. 21.
Gusmania, Yesi. 2018. "Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Vidio Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa". Jurnal PHYTAGORAS, Vol. VII, No. 1.
Hamzah, Ali., & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Indrawan, Rully., & Yaniawati, R. 2019. Metodologi Penelitian. Bandung: PT.REFIKA ADITAMA.
Lowther Smaldino, Russel. 2018. Instructional Technology & Media For Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar Terjemahan. Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mahmuda, Umi. 2020. Metode Statistika Step By Step. Pekalongan: NEM.
Maulana Trianggono, Mochammad. 2017. "Analisis kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika". Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), Vol. III, No. 1.
Mulyono, Budi., & Hapizah. 2018. "Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika". KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. III, No 2.
Munir. 2013. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Alfabeta, II.
Mustakim, Zaenal. "Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika". Jurnal Al-Asma: Journal of Islamic Education, Vol. II, No. 1.
————————. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran Edisi Revisi. Pekalongan: IAIN Press.
Nasaruddin. 2015. "Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika". Jurnal al-Khwarizmi, Vol. III, No. 2.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Diambil kembali dari www.nctm.org.
Ngapiningsih. 2021. Buku Interaktif MATEMATIKA SMA/MA Semester 1. Klaten: Intan Pariwara.
Suryani, Nunuk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Poltak Sinambela, Lijan. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahmawati, Fadhilah. 2021. "Efektivitas Vidio Belajar Dalam Pembelajaran Daring matematika Materi Transformasi Pada Siswa SMP". Jurnal THEOREMS The Original Research of Mathematics, Vol. V, No. 2.
Ridha, Muhammad. 2021. "Efektifitas Penggunaan Media Vidio pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19". Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. V, No. 1.
Riyana, Cheppy. 2017. Pedoman Pengembangan Media Vidio. Jakarta: P3AI UPI.
Sudijono, Anas. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Utomo, & Ratnawati. 2018. "Pengembangan Vidio Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK". Jurnal Taman Vokasi, Vol. VI, No. 1.
Wirasasmita, & Putra. 2018. "Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Dan Macromedia Flash". EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, Vol. I, No. 2.
Yuanta. 2020. "Pengembangan Media Vidio Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar". Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. I, No. 2.
23SK2326090.00 | SK TM 23.090 SIG e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain