SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Perbandingan Kelas VII Madrasah Tsanawiyah
Kata Kunci: LKPD, Realistic Mathematics Education (RME), Materi Perbandingan, ADDIE.
Pembelajaran matematika masih menjadi momok bagi sebagian peserta didik. Anggapan bahwa matematika sulit karena memiliki banyak rumus yang harus diingat dan dihafal, membuat pendidik harus selalu memperbaiki kualitas pembelajaran, salah satunya melalui penggunaan pendekatan pembelajaran dan bahan ajar yang tepat. Studi pendahuluan memperoleh informasi bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah belum mengedepankan pemahaman konsep, terlalu ringkas, dan belum lengkap. Maka peneliti melakukan pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), yang menyesuaikan kebutuhan, mengedepankan pemahaman konsep, bersifat konstektual dan inovatif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana validitas, kepraktisan, dan efektivitas LKPD dengan pendekatan RME yang dikembangkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat berguna sebagai tambahan informasi yang menambah pengetahuan khususnya dalam penelitian dan pengembangan bidang pendidikan, serta menjadi sumber masukan bagi bahan ajar yang dapat membantu guru dan peserta didik melaksanakan pembelajaran matematika yang bermakna.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Validitas LKPD diperoleh dari penilaian validator melalui angket validasi ahli media dan ahli materi. Kepraktisan LKPD diperoleh dari angket respon peserta didik. Efektivitas LKPD diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas LKPD berdasarkan penilaian ahli media memperoleh persentase sebesar 88,95% (Sangat Valid), sedangkan berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 85,95% (Sangat Valid). Kepraktisan LKPD berdasarkan angket respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 89,26% (Sangat Praktis). Berdasarkan tes hasil belajar, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 78,33 (Tuntas), dan persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 75% (Baik), sehingga LKPD yang dikembangkan telah efektif.
DAFTAR PUSTAKA
Afriansyah, Ekasatya Aldila. 2016. “Makna Realistic dalam RME dan PMRI”, Lemma, No. 2, Maret, II, 96-104.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Amir, Zubaidah, dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ananda, Rizka. 2018. “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Riau: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, No. 1, Mei, II, 125-133.
Anggraeni, Puji, Aritsya Imswatama, dan Yanti Mulyanti. 2021. “Pengembangan LKS dengan Pendekatan RME untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kolaborasi Siswa”. de Fermet: Jurnal Pendidikan Matematika, No. 1, Juni, IV, 74-84.
Annisa, Ayu Rizki, Aminuddin P. P., dan Dharmono. 2020. “Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Anti Bakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash”. Banjarmasin: Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, No. 1, April, XI, 72-80.
Astuti, & Nurhidayah Sari. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA”. Riau: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, No. 2, November, I, 13-24.
Atika, Nur, dan Zubaidah A. MZ. 2016. “Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir kritis Matematika Siswa”. Suska Journal of Mathematics Education, No. 2, II, 103-110.
Bariyah, Khairul. 2018. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik yang Mengintegrasikan Nilai Keislaman di MTs Ulumul Qur’an Kota Banda Aceh”, Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam.
Batubara, Hamdan Husein. 2020. Model Penelitian dan Pengembangan Media Pembelajaran. Semarang: Fatawa Publishing.
Budiharmi, Lailatul. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Bentuk
Aljabar Kelas VII SMPN 6 Kota Jambi”. Skripsi Pendidikan Matematika. Jambi: Universitas Batanghari.
Bunga, Non, Isrok’atun & Julia. 2016. “Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa”. Sumedang: Jurnal Pena Ilmiah, No. 1, I, 441-450.
Danur, dan Siti Maisaroh. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Daryanto, dan Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Ernawati, dkk. 2021. Problematika Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Fachrozi, Iwan, dkk. 2020. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
Fahrurrozi Muh,. & Mohzana. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pembelajaran Matematika yang Bermakna”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, No. 3, September-Desember, II, 181-190.
Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Haq, Arinal. 2021. “Pengembangan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Batusangkar”. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika. Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Hidayat, Rahmat, dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: LPPPI.
Husnunindah, Neni. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Ismail, Fajri, dkk. 2020. Evaluasi Pembelajaran Berbasis Riset. Palembang: Penerbit Karya Sukses Mandiri (KSM).
Khoiri, Nur. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan: Ragam, Model, dan Pendekatan. Semarang: Southeast Asian Publishing.
Kurino, Yeni Dwi. 2017. “Penerapan Realistic Mathematics Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Volume Bangun Ruang di Sekolah Dasar”. Majalengka: Jurnal Cakrawala Pendas, No. 2, Juli, III, 37-47.
Marium, Akhmad, dkk. 2019. “Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Self Concept Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis”. Tasikmalaya: Journal of Authentic Research on Mathematics Eduction. No. 2, Juli, I, 45-51.
Maslihah, Siti. 2012. “Pendidikan Matematika Realistik sebagai Pendekatan Belajar Matematika”. Semarang: Jurnal Phenomenon, No. 1, Juli, II, 109-122.
Melinda, Nur Oktavia, & Rezi Ariawan. 2021. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII SMP”. Riau: Jurnal Absis, No. 1, Oktober, IV, 380-391.
Mulyani, Sani. 2020. “Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom”. Syntax Idea, No. 3, Maret, II, 68-77.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Nasaruddin. 2014. “Pembelajaran Matematika Berbasis Islam”. Palopo: Al-Khawarizmi, Oktober, II, Ed. II, 59-68.
Ningsih, Seri. 2014. “Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah”. Banjarmasin: JPM IAIN Antasari, No. 2, Januari-Juni, I, 74-94.
Nurdin, Ismail, dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nuryani. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Aisyiyah Paccinongan”. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Parwati, Ni Nyoman. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Press.
Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Putranto, Sumbaji. 2015. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada Materi Perbandingan Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik (PMR) bagi Siswa SMP Kelas VII Sesuai Kurikulum 2013”. Skripsi Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Putrawangsa, Susilahudin. 2017. Desain Pembelajaran Matematika Realistik, Mataram: CV Reka Karya Amerta.
Rahman, Arief Aulia. 2018. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Rahmat, Abdul. 2014. Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Gorontalo: Ideas Publishing.
Revita, Rena. 2019. “Uji Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk SMP”. Riau: Juring: Journal for Research Mathematics Learning, No. 2, Juni, II, 148-154.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rizky, Amalia. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Kota J ambi”. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifudin.
Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika”. Semarang: Jurnal Kreano, No. 1, Juni, III, 59-72.
Rukminingsih, dkk. 2020. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Rusdi, M. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru. Depok: Rajawali Press.
Safitri, Islamiani. 2016. “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa”. Labuhan Batu: SIGMA, No. 1, Mei, II, 4-10.
Sagita, Damelyana. 2018. “Peran Bahan Ajar LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika”. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, Vol. I, 37-44.
Samsu. 2017. Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Method, serta Research & Development. Jambi: PUSAKA.
Sari, Nicky Maya. 2020. “Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika”. Bandung: Jurnal Equation, No. 1, Maret, III, 22-33.
Sari, Rizka Lutviana, dkk. “Validasi Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Pendekatan Inkuiri Berbantuan Geogebra”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, No. 2, Vol. IV, 163-169.
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenamedia Group.
Siyoto, Sandu, dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sovia, Desriana. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Terintegrasi Nilai Islam Melalui Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas V SD di Pekanbaru. Tesis Magister Pendidikan. Pekanbaru: UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Suteja, dan Akhmad Affandi. 2016. Dasar-Dasar Pendidikan. Cirebon: CV. Elsi Pro.
Syafitri, Tia. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Siswa/i MTs Negeri 3 Medan T.P 2020/2021”, Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika. Medan: Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara.
Syaifudin. 2020. “Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian pada Mata Pelajaran Bahasa Arab”. Sambas: Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional, No. 2, Maret, III, 106-118.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yulianti, Rahmawati. 2016. “Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VII MTs Daarussa’adah Ciganjur Jakarta Selatan”. Jakarta: Formatif: Jurnal Pendidikan MIPA, No. 3, VI, 256-265.
23SK2326088.00 | SK TM 23.088 NAF p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain