SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Nilai-Nilai Islam Pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan Kelas VII MTs IN Banyurip Ageng
Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Matematika, Nilai-nilai Islam
Pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam merupakan suatu proses pembelajaran yang memiliki konsep dengan mengajarkan nilai-nilai keislaman pada siswa sesuai dengan ajaran yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits, seperti dalam materi matematika bilangan bulat dan pecahan yang dikaitkan dengan nilai-nilai sedekah, zakat dan lain sebagainya. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis Islam merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis nilai Islam pada materi bilangan bulat dan pecahan kelas VII di MTs Banyurip Ageng (2) apakah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis nilai Islam pada materi bilangan bulat dan pecahan VII di MTs Banyurip Ageng layak digunakan dengan kriteria valid, praktis dan efektif.
Penelitian pengembangan produk ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 langkah R&D. Responden dalam penelitian pengembagan ini meliputi 2 validator ahli materi (dosen dan guru matematika), 1 validator ahli media (dosen), 1 validator rencana pelaksanaan pembelajaran (guru matematika), 1 responden kepraktisan lembar kerja siswa (guru), dan siswa kelas VII F MTs IN Banyurip Ageng sebagai responden keefektifan lembar kerja siswa.
Berdasarkan analisis lembar penilaian yang dihasilkan dari semua responden, menunjukkan bahwa: (1) uji validasi materi oleh 2 validator ahli materi yaitu dengan persentase 84% kategori valid, (2) uji validasi ahli media oleh 1 validator yaitu 90,4% dengan kategori sangat valid, (3) uji validasi rencana pelaksanaan pembelajaran oleh guru matematika yaitu memperoleh persentase 80% dengan kategori valid, (4) uji kepraktisan lembar kerja siswa memperoleh persentase 89,3% kategori praktis, dan (5) uji efektif lembar kerja siswa berbasis nilai-nilai Islam berdasarkan lembar penilaian oleh siswa memperoleh persentase 85,5% serta berdasarkan postest siswa memperoleh rata-rata nilai 74,2 dengan kategori efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan LKS berbasis nilai Islam pada materi bilangan bulat dan pecahan, saran yang dapat diberikan adalah: (1) Hasil pengembangan LKS merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dengan menyesuaikan karakteristik sekolah, (2) LKS yang dihasilkan dapat menjadi alternatif dalam menerapkan nilai Islam dalam pembelajaran matematika, (3) pengembangan LKS ini perlu dikembangkan untuk materi lainnya dan ditingkatkan lagi agar pembelajaran lebih baik dan menarik.
DAFTAR PUSTAKA
Al Qur’an, Lajnah Pentashihan Mushaf. 2022. Aplikasi Qur’an Kemenag. (Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia).
Andy, Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. (Yogyakarta: Diva Press).
Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. (Surabaya: Usaha Nasional).
Darmodjo, Hendro dan Jenny R.E. Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. (Jakarta: Depdikbud).
Fahrurrozi. 2020. “Pengembangan Perangkat pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-nilai Islam pada Materi Pokok Bilangan Bulat dan Pecahan”. (Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika: Pythagoras, No. 2, IX).
Fatirul, Achmad Noor dan Djoko Adi Walujo. 2020. Belajar dan Pembelajaran. (Surabaya: Scopindo Media Pustaka).
Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel”. (PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. STKIP PGRI Banjarmasin).
Haekal, Ahmad Rizaluddin. 2018. “Integrasi Nilai-nilai Islam pada Modul Matematika pada Materi Pokok Lingkaran untuk Kelas VII MTs/SMP Semester Genap”. Skripsi Pendidikan Matematika. (Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung).
Hakim, Rosniati. 2014. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Al-Quran”. (Padang: Jurnal Pendidikan Karakter. IAIN Imam Bonjol).
Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. (Jakarta: Bumi Aksara).
Handayani, Fitri dan Siska Andriani. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bernuansa Islami dalam Pembelajaran Matematika”, (Jurnal Edumath: No. 1. V).
Maqruf, Agus. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konteks Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa pada Materi Matriks Kelas XI”. Skripsi Tadris Matematika. (Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto).
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika, (Yogyakarta: Deepublish).
Mawadah, Nuril. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VI SD”. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika, (Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram).
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Suatu Panduan Praktis. (Bandung: Remaja Rosdakarya).
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. (Bandung: Alfabeta). Muslih, Moh. 2020. “ Construction of the Qur’anic Values as the Basis for Islamic Education Development: A Study of Abdullah Saeed’s Thought”. (Institut Aama Islam Negeri Pekalongan, Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam. No. 2. V).
MZ, Zubaidah Amir dkk. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematis Berbasis PBL Terintegrasi Nilai-Nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu” dalam JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education”. (JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education. No. 2. III. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Nasaruddin. 2014. “Pembelajaran Matematika Berbasis Islam”. (Jurnal Khawarizmi. Edisi 2. II).
Rahmah, Nur. 2013. “Hakikat Pendidikan Matematika”. (Jurnal Al Khawarizmi. IAIN Palopo).
RI, Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al Quran Departemen Agama. 1436 H. Al Quran dan Terjemahnya. (Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri).
Sa’adah, Risa Nur dan Wahyu. 2020. Metode Penelitian R&D (Research and Development). (Batu: Literasi Nusantara).
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif R&D. (Bandung: CV Alfabeta).
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta).
Syamsuar, Syahratulnisa. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Matematika dan Islam untuk Meningkatkan Religiuitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa”. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika (Makassar: UIN Alauddin).
Syarif, Andi Fajrin. 2017. “Pengembangan LKPD Berbasis Model Kooperatif TPS (Think-Pair-Share) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks Kelas XI MAN 1 Makassar”. Skripsi Sarjana Pendidikan Matematika, (Makassar: UIN Alauddin).
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media).
Widjajanti, Endang. 2008. “Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK”. Makalah ini disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat. Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK, yang diselenggarakan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Wijaya, Tri. 2019. Panduan Praktis Menyusun Silabus, RPP, dan Penilaian Hasil Belajar. (Yogyakarta: Diva Press).
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan). (Jakarta: Prenadamedia Group).
23SK2326087.00 | SK TM 23.087 MAI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain