SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII di SMP Muhammadiyah Wiradesa
Kata kunci: Bentuk Aljabar, Pendekatan Saintifik, Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android.
Perkembangan kemajuan teknologi yang pesat saat ini tentunya tidak hanya mempengaruhi kehidupan manusia tidak hanya dalam kegiatan sosial, namun juga mempengaruhi pada dunia pendidikan. Akan tetapi tidak jarang dijumpai sekolah yang masih menerapkan sistem pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan observasi di sekolah SMP Muhammadiyah Wiradesa diperoleh informasi bahwa dengan pembelajaran secara konvensional siswa kurang antusias dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu untuk meningkatkan rasa antusias dan semangat siswa dalam belajar perlu adanya inovasi dalam pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran berbasis android salah satu upaya dalam memanfaatkan perkembangan kemajuan teknologi untuk menciptakan sistem pembelajaran yang tidak terkesan monoton.
Rumusan masalah pada penilitian pengembangan ini yaitu bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis android dalam bentuk aplikasi smartphone, bagaimana respon guru dan siswa terkait pengembangan media berbasis android, serta bagaimana kelayakan produk aplikasi berbasis android pada smartphone sebagai media pembelajaran matematika pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP berdasarkan penilaian para validator?
Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes.
Produk hasil pengembangan yang berupa aplikasi berbasis android pada smartphone mendapat penilaian dengan kriteria “sangat layak” dengan rata-rata skor 67 atau 89,33% oleh ahli materi, sedangkan oleh ahli media diperoleh rata-rata skor 69 atau 92% dengan kriteria “sangat layak”. Uji coba produk dilakukan di kelas VII A SMP Muhammadiyah Wiradesa dengan hasil angket respon dari guru diperoleh respon “baik” dengan skor 55 (91,67) , sedangkan respon siswa didapatkan skor rata-rata 3,04 dengan kriteria “baik”.
DAFTAR PUSTAKA
Abdur rahman as’ri dkk, Matematika: Buku Guru, Cet. IV (Edisi Revisi), (Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud RI, 2017), hlm. 196.
Afandi, Muhammad. Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, (Semarang : UNISULLA PRESS, 2013), hlm.15
Aini, Nur, ”Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Di Kelas VII SMPN 3 Kendari”, Skripsi Pendidikan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari, (Kendari, 2020)
Daulay, Rachmadonna Shinta, dkk, ”Manfaat Teknologi Smart Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 01, No.01, 2020, hlm 31-31.
Dian, Nurhayati. Rahmawati Dwi, dan Nurul Farida, ”Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Siswa Kelas VII”, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No.1, 2021
Dini, Safitri .Karim Abdul, dan Hasbullah,“Pengembangan Media Pembelajaran matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, Vol.1, No, 2, 2020.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini, Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2014)
Hasbullah dan Yogi Wiratomo, Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika, (Jakarta:....,2015), Tersedia di https://osf.io/buhx7
Ismail, Munaf,“ Rancang Bangun Pengukur RSSI (Receive Signal Strength Indicator) Berbasis Aplikasi Android Menggunakan App Inventor” dalam Prosiding SNST ke-9 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, 2018
Kominfo, Survey Pengguna TIK 2017 Serta Implikasi Aspek Sosial Budaya Masyarakat, (Jakarta : Pusat Penelitian Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, 2017)
Mufiqon, nurdyansyah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik, (Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015)
Muhammad Abdurrahman Zakiy, Muhammad Syazali, dan Farida, “Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika”, Triple S: Journal of Mathematics Education, Vol. 1, No. 2, 2018
Mustakim, Zaenal, Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi), (Pekalongan : IAIN Press, 2018)
Nalim Yusuf dan Salafudin Turmudi, Statistika Deskriptif, Cet. Ke-1, (Pekalongan: Stain Pekalongan Press, 2012)
Nasaruddin, “Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika”, al-Khwarizmi, Vol. III, Edisi 2, Oktober 2015
Nuharini, Dewi. Tri Wahyuni, Matematika Konsep Dan Aplikasinya Untuk SMP/MTs Kelas VII, (Surakarta:CV.Usaha Makmur, 2008)
Nurdyansyah, Media Pembelajaran Inovatif, (Sidoarjo:UMSIDA Press, 2019)
Pahrudin, Agus, Dona Dinda Pratiwi, Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Pembelajaran Pada MAN Di Provinsi Lampung, (Lampung: Pustaka AliImron, 2019)
Putri, Nandita Apsari. Rizki Swaditya,” Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linier”, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, Vol.7, No.1, 2018.
Qori Kartika Putri, Pratijojo, dan Afrilia Wijayanti, “Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar”, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 2, 2019
Rachmadyanti, Putri. Ganes Gunansyah, Pengembangan Ebook untuk Mata Kuliah Dasar IPS Lanjut Bagi Mahasiswa PGSD UNESA, Jurnal Riset Pedagogik, Vol. 4, No.1, 2020
Rahmawati, Saghrillah,“ Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Basis Android Pada Materi Peluang untuk Siswa SMK Skripsi, (Jakarta:UIN Syarif Hidayatullah, 2014)
Ramli, Muhammad, Media Dan Teknologi Pembelajaran, (Banjarmasin:IAIN Antasari Press, 2012)
Ranti Yanti, dkk. “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa” .Jurnal Matematika dan Prndidikan Matematika, Vol.10, No. 2,2019
Rastiwi, Ayu Tantri. Fahmi Syariful,“ Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers Berbasis Android (Delevelopment of Mathematics Learning Media Material Composition Function and Inverse Function Basedon Anroid)”, Jurnal Pendidikan Matematika,Vol.2, No.2, 2020
Setiadi, Anwar, Pitoyo Yuliatmojo, dan Diat Nurhidayat,“ Pengembangan Aplikasi Android Untuk Pembelajaran Pneumatik”, Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, Vol. 01,No, 01, 2018
Siyoto, Sandu. Dan M. Ali Sodik, Dasar Metodologi penelitian (Yogyakarta : Literasi Media Publishing, 2015)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R&D, (Bandung:Alfabeta Bandung, 2013)Tersedia di http ://repsitory.uinjkt.ac.id/dspace/handle /123456789 /27819
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta Bandung, 2018)
Suryani. Nunuk , Achmad Setiawan, dan Aditin Putria, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018)
Theresia Siahaan & Herna Febrianty Sianipar, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Differensial Melalui Model Problem Based Leraning”, (MAJU, Vol. 7, September, II, 2020)
Tim EMS, Pemrograman Android dalam Sehari, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015)
V. Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian , (Yogyakarta: PT.Pustaka Baru, 2019)
Wandini, Rora Rizki, Oda Kinata Banurea, Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD, (Medan: CV.Widya Puspita, 2019)
Yanti, Ranti, Laswadi dkk.,” Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol.10, No.2, 2019
Zagoto,Maria Magdalena, Oskah Dakhi,”Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas”, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 01, No. 01, 2018
23SK2326086.00 | SK TM 23.086 RAS p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain