SKRIPSI PIAUD
Peningkatan Motivasi Belajar Daring Melalui Video Edukasi Youtube Pada Anak Kelompok B di TK M NU Masyithoh 16 Poncol Kota Pekalongan
Pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet, pembelajaran online dilakukan dengan sistem jarak jauh, dimana kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan secara tatap muka, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media, baik media cetak seperti modul, maupun non cetak audio atau video, dan internet. pembelajaran jarak jauh, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajarnya. oleh karena itu sudah seharusnya pendidik membuat pembelajaran yang menarik, dan lebih kreatif. Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar anak pada kelompok B3 pada tahap pra siklus ? yang kedua seberapa besar peningkatan motivasi belajar daring pada anak melalui video edukasi youtube di kelompok B 3 pada siklus I? dan seberapa besar peningkatan motivasi belajar pada tahap siklus II ? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar anak pada kelompok B 3 pada tahap pra siklus. untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar pada siklus I . dan seberapa besar peningkatan motivasi belajar pada tahap siklus II. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. dan metode analisa data yaitu analisis kuantitatif deskriptif untuk melihat peningkatan motivasi belajar anak melalui video edukasi youtube pada anak kelompok B 3 di TK M NU Masyithoh 16 Poncol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di TK M NU Masyithoh 16 Poncol, dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar anak melalui pembelajaran daring berbasis video pada penelitian tindakan Siklus II dapat dikatakan sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan oleh peneliti.data ini menunjukkan bahwa dapat meningkatkan motivasi belajar anak melalui pembelajaran daring berbasis video pada anak kelompok B 3 di TK M NU Masyithoh 16 Poncol mengalami peningkatan yang signifikan apabila dilihat dari persentase kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) pada Pra Tindakan yaitu 12,05%, pada pelaksanaan tindakan Siklus I meningkat sebanyak 31,07% menjadi 43,75%, dan dari Siklus I mengalami peningkatan sebanyak 37,05% pada Siklus II menjadi81, 25% yang artinya sudah mencapai ketuntasan indikator keberhasilan yang telah direncanakan oleh peneliti. Persentase yang dicapai sudah melebihi dari indikator keberhasilan yang direncanakan yaitu 75%. Dengan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan viii motivasi belajar daring melalui video edukasi youtube pada kelompok B 3 TK M NU Masyithoh 16 Poncol dapat meningkatkan motivasi belajar pada masa pandemi, karena dalam tindakan yang dilakukan pada setiap siklus mampu meningkatkan setiap indikator pada motivasi belajar anak.
23SK2324067.00 | SK PIAUD 23.067 SAE p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain