SKRIPSI PIAUD
Meningkatkan Pengenalan Huruf Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Bermain Pasir di TK Islam Abqory
Anak mempunnyai 6 aspek perkembangan yang perlu dikembangkan seperti sosial-emosional, fisik motorik, kognitif, moral agama, seni, dan bahasa. Dalam hal ini penting bagi anak untuk mengembangkan 6 aspek perkembangan tersebut namun dalam hal ini lebih fokus kepada bahasanya agar anak dapat mengenal huruf dengan baik. Mengenal huruf adalah sebuah kegiatan dengan melibatkan perkembangan kognitif yang dapat merangsang melalui pengelihatan dan pendengaran. Pada proses pembelajaran tidak semua anak mencapai standar tingkat pencapaian maksimal, contoh dalam meniru menulis huruf terkadang anak merasa kegiatan itu membosankan kemudian anak menjadi jenuh. Padalah untuk dapat membaca anak terlebih dahulu mengenal dan menghafal huruf tersebut. Ada beberapa contoh kurangnya kemampuan mengenal huruf pada anak salah satunya kurang motivasi anak untuk belaar, pembelaaran yang diberikan monoton sehingga daya tarik anak rendah. Oleh karena itu dibutuhkan metode, strategi, meddia, pendekatan yang tepat untuk melaksanakan pembelarannya. Salah satu metodenya adalah bermain. Dibeberapa dunia pendidikan masih banyak yang belum mengerjakan pengenalan huruf untuk anak menggunakan metode bermain. Padalah hakikat anak usia dini belajar sambil bermain. Untuk itu diadakan metode bermain pasir untuk mengajak anak agar dapat meningkatkan pengenalan huruf pada anak. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana meningkatkan pengenalan huruf pada anak di kelompok bermain A menggunakan metode bermain pasir di TK Islam Abqory. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan metode observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data. Hasil penelitian yang dilakukan di TK Islam Abqory menunjukkan bahwa metode bermain pasir dapat meningkatkan pengenalah huruf pada anak dengan presentase 70% dari 10 anak. Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan observasi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Untuk meningkatkan pengenalan huruf anak peneliti menyiapkan pembelajaran sesuia tema dan menyiapkan media pasir, media pasir dibagi menjadi beberapa agar anak dapat menggunakannya secara bersamaan.
23SK2324063.00 | SK PIAUD 23.063 HAN u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain