SKRIPSI PIAUD
Upaya Peningkatan Keaksaraan Awal Melalui Kegiatan Finger Painting Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Lu'lu Uzzaman Kutosari
Masa kanak-kanak adalah masa golden age atau masa keemasan anak, dimana pada masa ini masa yang sangat penting dalam memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satu kompetensi yang dikuasai anak anak usia dini adalah kemampuan dalam membaca. Kemampuan dalam keaksaraan awal yang merupakan kemampuan yang sangat mendasar untuk dikuasai anak sebagai dasar mempelajari mata pelajaran lainnya. Pendidikan seni mempunyai kontribusi terhadap pengembangan individu antara membantu pengembangan mental, emosional, kreatifitas, estetika, sosial dan fisik. Kegiatan finger painting sangat cocok dikenalkan pada anak usia dini, finger painting merupakan seni melukis dengan menggunakan jari. Rumusan Masalah penelitian ini adalah Bagaimana upaya peningkatan keaksaraan awal melalui kegiatan finger painting anak usia dini di kelompok bermain Lu’lu Uzzaman Kutosari? dan Apakah dengan metode finger painting dapat meningkatkan keaksaraan awal anak di KB Lu’lu Uzzaman Kutosari?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya peningkatan keaksaraan awal melalui kegiatan finger painting anak usia dini di KB Lu’lu Uzzaman Kutosari. Dan untuk mengetahui apakah dengan metode bermain finger painting dapat meningkatkan keaksaraan awal anak di KB Lu’lu Uzzaman Kutosari Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisa data yaitu analisis kuantitatif deskriptif untuk melihat peningkatan keaksaraan awal melalui kegiatan finger painting anak usia dini di Kelompok Bermain Lu’lu Uzzaman Kutosari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di KB Lu’lu Uzzaman Kutosari, dapat disimpulkan bahwa hasil pengamatan kegiatan pembelajaran secara keseluruhan terlihat dari observasi yang dilakukan yaitu melalui penggunaan media finger painting dapat meningkatkan keaksaraan awal anak pada siswa KB Lu’lu Uzzaman Kutosari. Hal tersebut diindikasikan dari peningkatan aktivitas anak dalam proses pembelajaran di kelas dan peningkatan keaksaraan awal. Hasil pra siklus penguasaan konsep lambang bilangan anak masih rendah yaitu 33% yang masuk dalam kategori kurang, Pada siklus I ada peningkatan yaitu 40%. dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,91% dengan kategori baik. Masing-masing siklus menunjukkan peningkatan yang cukup baik dan sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu 75%. Pada pra siklus sampai siklus I mengalami peningkatan 7% dan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 35,91%. viii Dengan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kegiatan finger painting dapat meningkatkan keaksaraan awal anak pada siswa KB Lu’lu Uzzaman Kutosari Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2020/2021.
23SK2324061.00 | SK PIAUD 23.061 LUL u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain