SKRIPSI PIAUD
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Komunikasi Melalui Media Audiovisual Pada Masa Pandemi Covid 19 Di TK Zameela Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Kemampuan berbahasa merupakan komponen utama dalam kehidupan anak, yakni adanya komunikasi beberapa sasaran khusus akan tercapai untuk memotivasi mereka agar dapat menyampaikan sesuatu dengan melalui perasaan, buku-buku, dan bahan ajar bacaan lainnya. Komunikasi anak usia dini yang paling mendasar yakni dengan menggunakan bahasa lisan. Dengan pengembangan kemampuan berbahasa agar anak usia dini terlatih untuk berkomunikasi secara lisan dengan lingkungan sekitarnya. Untuk pengoptimalan kemampuan perkembangan bahasa anak usia dini pembelajaran bahasa diperlukan dalam pemberian stimulus anak sebelum berumur 6 tahun. Media audiovisual adalah media yang memiliki unsur gambar dan unsur suara, audiovisual ini sangat cocok digunakan dalam proses pembelajaran anak usia dini karena mengandung unsur tarik berupa gambar dan suara yang menjadikan siswa lebih fokus terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reaserch) yaitu penelitian yang dilakukan ditempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Dalam penelitian ini peneliti mengambil data langsung dari TK Zameela Simbang Kulon Kec.Buaran Kabupaten Pekalongan. Dengan demikian hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan metode audiovisual dengan tujuan untuk membantu siswa agar mampu berkomunikasi dengan jelas dan benar, membangkitkan semangat belajar dan keaktifan anak serta memfokuskan perhatian pada pembelajaran. Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa komunikasi melalui metode audiovisual dengan melakukan mengenalkan huruf abjad dan gambar dengan basis animasi, pengolahan vokal, serta kelancaran bahasa. Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan berbahasa komunikasi melalui media audiovisual yakni diantaranya, memudahkan siswa untuk mengerti dan dan menumbuhkan motivasi belajar, menjangkau audien yang banyak, memberikan pengalaman yang nyata dan dapat menumbuhkan kegiatan pada setiap individu siswa, adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan berbahasa komunikasi melalui media audiovisual diantaranya, ketersediaan alat audiovisual yang sangat minim (LCD Proyektor), kemampuan guru dalam menentukan isi materi terlalu monoton, berbagai ragam karakteristik kecerdasaan pada siswa, serta sulitnya konsentrasi pada siswa.
23SK2324057.00 | SK PIAUD 23.057 BER u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain