TESIS PAI
Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Kelas Inklusi MI Walisongo Kranji 01
Kata Kunci : Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus
Anak berkebutuhan Khusus adalah peserta didik yang memiliki hambatan yang menyebabkan keterlambatan dalam perkembangannya sehingga membutuhkan penanganan khusus untuk memunculkan bakat dan potensinya. di MI Walisongo Kranji 01 terdapat beberapa jenis hambatan yang dialami oleh peserta didiknya, antara lain : Slow Learner, Speach Dallay, Tunadaksa, dan Tunarungu. Hambatan pada anak tersebut adalah pada perkembangan kognisi. Untuk mengatasi permasalahan kognitif yang dialami peserta didik berkebutuhan khusus, pembelajaran dapat menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Pendekatan ini akan memperkuat proses pembelajaran dan penilaian secara nyata (autentik) dalam kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi tersebut bersifat utuh atau tidak dapat dipisahkan dari kompetensi lainnya
Masalah timbul ketika masih terdapat pendidik yang menjalankan pembelajaran secara kaku. Fleksibilitas dari pendidik dipandang masih sangat kurang, sehingga peserta didik berkebutuhan khusus secara pragmatis langsung dianggap tidak mampu menguasai materi pembelajaran yang diajarkan dan menjadi beban dalam kelas. Maka dapat dirumuskan tujuan yang akan dicapai adalah Untuk menelaah perencanaan, menganalisis pelaksanaan dan mengkaji evaluasi penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun kegunaan yang akan diperoleh dari penelitian ini adalah Dapat memberikan sumbangsih pemikiran pengembangan model pembelajaran berbasis proyek yang ramah anak dan anti diskriminasi..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan. Data dalam penelitian didapat dari 3 cara, yaitu wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas atau wali kelas dan guru pendamping khusus. Observasi untuk mendapat data tentang pelaksanaan model pembelajaran. Dokumentasi untuk mendapatkan data tentang perencanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
Hasil penelitiannya adalah pertama, salah satu model pembelajaran yang dianggap baik digunakan untuk mendidik anak berkebutuhan khusus di MI Walisongo Kranji 01 adalah model pembelajaran berbasis proyek. Dalam prakteknya model pembelajaran tersebut menuntut peserta didik agar aktuf menggali pengetahuan melalui proyek yang diberikan. Oleh karena itu peserta didik dengan hambatan di bidang kognitif tidak perlu berfikir secara abstrak, menghafal atau membaca untuk menggali pengetahuan tersebut. Kedua, dalam merencanakan penerapan model pembelajaran berbasis proses proyek untuk anak berkebutuhan khusus adalah melakukan identifikasi terhadap karakteristik anak tersebut dan materi pembelajaran dilanjutkan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Ketiga. Dalam penerapan pembelajaran pendidik berbertindak sebagai fasilitator dan memastikan proyek berjalan sesuai rencana. Ke empat, evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah penilaian afektif dan psikomotorik dengan penyesuaian dengan kemampuan peserta didk berkebutuhan khusus.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrohman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Adhi, Made Kerta dan Ni Putu Senawati. 2006. Buku Panduan Pendidikan Inklusi sekolah Dasar. Bali : PT. Percetakan Bali.
Agustin, Ina. 2019. Permasalahan dalan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di SDN Kecamatan Soko Kabupaten Tuban dalam Elementary Education Journal Vol. 3. Surabaya: Elementary Education Journal.
Alfonso S. 2017. Implementing the Project Approach in an Inclusive Classroom. YC: Young Children.
Apriyanto, Nunung. 2013. Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach, Edisi ke-7. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Arisanti, W. O. L, Sopandi, W, & Widodo, A. 2016. Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning. Edu Humaniora.
Cahayani, Ati. 2012. Anak Berbakat dan Pendidikan Keberbakatan : Suatu Buku Panduan untuk Guru dan Orang Tua. Jakarta : PT. Indeks.
Carin dan Sund. 1993. Metode Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Daryanto dan Mulyo Rharjo. 2012. Model Pembelajarn Inovatif. Yogyakarta : Gva Media.
Dayu P A. 2013. Mendidik Anak ADHD. Yogyakarta : Javalitera.
Departemen Agama RI. 2002. Mushaf Al-Qur’an, Edisi 2002. Jakarta : Al Huda
Depdikbud. 2004. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kuirkulum 2013. Jakarta : Depdikbud.
Dhelpie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusif. Bandung : Rafika Aditama.
Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Enchol, Jhon. M.dan Hasan Sadily. 1992. Kamus Inggris. Jakarta: PT Gramedia, 1992.
Gench, M. 2015. The project-based learning approach in environmental education. International Research in Geographical & Environmental Education, 24(2).
Gregory, G. H., & Chapman, C. 2013. Differentiated Instructional Strategies (Third). United States of America: Sage Company.
Hadi, Sutrisno Hadi. 2005. Metode Research. Yogyakarta : Audi Offiset.
Herdiansyah, Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Salemba Humanika.
Hidayati, Ary. 2017. Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Untuk Peningkatan Kemampuan Berinteraksi Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Amanah Tanggung Turen Malang. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hrastinski, I & Wilbur, R. B. 2016. Academic achievement of deaf and hardof-hearing students in an ASL/English bilingual program. Journal of Deaf Studies and Deaf Education.
Imani, Allamah Kamal Faqih Imani. 2006. Tafsir Nurul Qur’an Jilid 19. Terj. Rudi Mulyono. Jakarta : Al Huda.
Isjoni. 2012. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfa Beta.
Isro’atun dan Amelia Rosmala. 2019. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi aksara.
Joseph CL Tan, & Anne Chapman. 2016. Project-Based Learning for Academically-Able Students
Khasanah, Siti Miftachul. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa) di SDLB Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surabaya. Surabaya : UIN Sunan Ampel.
Kodir, Abdul. 2018. Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Bandung : CV. Pustaka Setia
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya.
Krauss, J., & Boss, S. 2013. Thinking Through Project-Based Learning. California: Sage Company.
M, Aphrodita. 2012. Panduan Lengkap Orang Tua dan Guru Untuk anak dengan Disgrafia. Jogjakarta : Javalitera.
Majid, Abdul., & Rochman, C. 2014. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maleong, Lexy. 2002. Metodologi Pnenlitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Mardalis. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Maria Van Tiel Julia Dan Endang Widyorini. 2014. Deteksi Dan Penanganan Anak Cerdas Istimewa Melalui Pola Alamiah Tumbuh Kembangnya. Jakarta : Prenadamedia.
Marschark, M & Everhart, V. S. 1999. Problem-solving by deaf and hearing students: Twenty Questions. Deafness and Education International.
Mukti, Abdul dkk. 2007. Tulkit LRIP, Berangkat Untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif, Ramah Terhadap Pembelajaran.
Mustakim, Zaenal,. 2013. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: STAIN Press, 2013
Ni’am, Ngainun. 2009. Menjadi Guru Inspiratif memberdayakan dan dan mengubah jalan hidup siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pratiwi, Dea.2018. Model Pembelajaran Inklusif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Mts Yayasan Perguruan Istiqomah Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2019/2020. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Ristianah, Niken. 2019. Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Sosialisasi Penanaman Nilai-nilai Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di Kecamatan Kertosono Nganjuk). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Salafudin. 2005. Statistik Terapan Untuk Penelitian Sosial. Pekalongan : STAIN Press.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Santoso, Hargio. 2012. Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta Gosyen Publising,
Somantri, T. Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung : PT Refika Aditama.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cet. Ke-6 (Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Pnelitian Pendidikan . Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Supriasumantri, Jujun S. 1985. Filsafat Umum sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.
Suprijono, Agus. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Jaya.
Suyanto dan Djihad Hisyam. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milennium 111. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Suyono dan Hariyanto. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Tan, Joseph CL & Anne Chapman. 2016. Project-Based Learning for Academically-Able Students.
Thomas, J. W. A. 2000. Review Of Research On Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.
Thomas, J.W. 2000. A Review Of Research on Project Based Learning. California: The Autodesk Foundation.
Thompson, Jenny. 2014. Memahami Anak Berkebutuhsn Khusus, terj. Eka Widayati.. Jakarta : Erlangga
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif ; Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Undang- Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wasita, Ahmad. 2012. Seluk Beluk Tunarungu Dan Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta : Javalitera.
Widiasworo, Erwin. 2016. Mengajar Siswa Diluar Kelas.. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Wijaya, Ardhi. 2013. Seluk Beluk Tunanetra Dan Strategi Pembelajarannya.
Wu, S. Y., & Hou, H. T, Exploring the Process of Planning and Implementation Phases in an Online Project-Based Discussion Activity Integrating a Collaborative Concept-Mapping Tool. Asia-Pacific Education Researcher
23TS2352060.00 | TS P.PAI 23.060 AMU i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain