TESIS PAI
Implementasi Pendidikan Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Majelis Dzikir Nurul Arifin Desa Depok Kabupaten Tegal
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Islam, Akhlakul Karimah
Latar belakang penulisan Tesis ini adalah Majelis Dzikir Nurul „Aarifin ingin berkontribusi dalam membentuk akhlak jama‟ahnya khususnya di Desa Deok Kabupaten Tegal yang mana masih banyak jama‟ah yang berbicara kurang sopan, berbicara kasar, kurang dalam berinteraksi sosial, rasa malu untuk meminta maaf, kurangnya rasa sosial terhadap sesama warga. Hal itu disebabkan karena masih minimnya masyrakat akan pengetahuan Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan pendidikan Islam dalam membentuk akhlakul karimah di Desa Depok Kabupaten Tegal? 2. Bagaimana pelaksanaan pendidikan Islam dalam membentuk akhlakul karimah di Desa Depok Kabupaten Tegal? 3. Bagaimana sistem evaluasi pendidikan Islam dalam membentuk akhlakul karimah di Desa Depok Kabupaten Tegal? Tujuan Penelitian ini adalah Memberikan analisis kritis tentang perencanaan implementasi pendidikan Islam dalam membentuk akhlakul karimah di Desa Depok Kabupaten Tegal, Memberikan analisis kritis tentang pelaksanaan implementasi pendidikan Islam dalam membentuk akhlakul karimah di Desa Depok Kabupaten Tegal, Memberikan kritissistem evaluasiimplementasi pendidikan Islam dalam membentuk akhlakul karimah di Desa Depok Kabupaten Tegal.
Dalam penelitan ini penulis mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif adalah pendekatan ini lebih mampu menjawab pertanyaan yang diajukan dan lebih mudah dalam memperoleh data-data untuk menjawab permasalahan penelitian. Dalam hal ini penulis mengumpukan data kemudian dikembangkan dalam bentuk deskripsi. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa data-data dan perilaku yang diamati, pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu tersebut secara holistik
Hasil penelitan ini mengacu pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi pendidikan Islam dalam membentuk Akhlakul Karimah di Majelis Dzikir Nurul „Aarifin Desa Depok Kabupaten Tegal. Perlunya perencanaan yang matang dalam membentuk akhlakul karimah menjadi tahap awal yang akan menentukan berhasil dan tidaknya sebuah program, kemudian pelaksanaan yang maksimal yang tentunya pelaksanaan tersebut harus sesuai dengan program yang sudah dibuat diawal perencanaan dan tahap akhir adalah evaluasi, Majelis perlu menyusun langkah langkah secara rinci dalam rangka untuk pengembangan Selain itu perlunya memaksimalkan tupoksi pengurus agar bisa menjalankan tugasnya secara maksimal.
DAFTAR PUSTAKA
A.Mustofa, Akhlak Tasawuf,Cet.VI, (Bandung : Pustaka Setia, 204).
Abdul Qadir Isa, Hakekat tasawuf, (Jakarta: Qisthi Press), Cet. ke-12.
Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam (Jakarta: Pustaka Amani,1990).
Abdullah Nasih Ulwan, Aktivis Islam dalam Menghadapi Tantangan Global, (Solo: Pustaka Al - Alaq, 2003).
Aboe Bakar, Pengantar Sejarah Sufi dan Tasawuf, (Ramadhani, Solo, 1992).
Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997).
Ahmad Amin, Etika (Ilmu Akhlak), alih bahasa Farid Ma’ruf, Cet. VIII, (Jakarta : Bulan Bintang, 1995).
Ahmad D Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Cet ke 5 ( Bandung: PT. Al-Maarif,1981), hlm 19;
Ahmad Warson Munawir, Kamus Al-Munawir, (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997).
Ainur Rohim Faqih, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, (Yogyakarta: UII Press, 2001).
Akhmad Syaifulloh, Pendidikan Ruhani Muhammad Fethullah Gülen Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam, Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.
Al-kalam digital versi 1.0, (Diponegoro : bandung, 2009)
Al-Qur’an Surat Al-A’raf ayat 29
Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011).
Arifin dalam Chalidjah Hasan, Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan (Surabaya: Al-ikhlas,1994).
Beni Ahmad Saebani dan Abdul Hamid, Ilmu Akhlak, (Bandung : Pustaka Setia, 2012).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pustaka, 1999).
Dokumen Keanggotaan Majelis Nurul Arifin.
Dokumen kepengurus Majelis Nurul Arifin Desa Depok Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.
Emile Durkheim, Pendidikan Moral; Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan (Jakarta: Erlangga, 1990).
Endang Saifuddin Anshari, Wawasan Islam, (Jakarta, Gema Insani 2004), hlm. 16.
Ezmir,”Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data”, (Jakarta: Rajawali,2010).
Fatiya Hasan Sulaiman, Sistem Pendidkan Versi Al- Ghazali, edisi terjemahan Fathurahman, (Bandung : Al-Arifin, 1986).
Ganjar Eka Subakti, Implementasi Pendidikan Agama Islam di SD Islam Terpadu Baskara Sukamelang subang tahun 2010/2011, Jurnal Tarbawi . Vol. 1 Nomor 1, Maret 2012.
Hamdani Bakran Adz-Dzaky, Konseling dan Psikoterapi Islam, (Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2002).
Hamka, Tasawuf, Perkembangan dan Pemurniannya, Cet ke-19, Jakarta: PT. Pustaka Panjimas, 1994.
Harun Nasution, ed., Thriqah Qadiriyah Naqsabandiyah Sejarah Asal-Usul Perkembangannya, ( Latifah Mubarakiyah: Tasikmalaya, 1990).
Haryanto, S. Psikologi Shalat :Kajian Aspek-aspek Psikologis Ibadah Shalat. (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2002).
Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam (Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru, 2008).
Hasan Langgulung, Pendidikan Islam Menghadapi abad 21(Jakarta : Pustaka Al-Husna,1998).
Helmawati, Pendidikan Nasioanal dan Optimalisasi Majelis Ta’lim: Peran Aktif Majelis Ta’lim Meningkatkan Mutu Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2015).
Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1999).
HM. Said, Ilmu Pendidikan (Bandung: Alumni, 1989), hlm. 104, lihat juga. Hasan
https://www.kompasiana.com/penaulum/5abb6d2cf1334475cd393ef5/ngaji-ihya-ulumuddin-dzikir-lisan-dzikir-hati-dzikir-tindakan, diakses pada hari Jum’at, tanggal 13 Maret 2020, pukul 15.22 WIB.
Imam Barnadib, Dasar-dasar Pendidikan; Memahami Makna dan Perspektif Beberapa Teori (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996).
Imam Suprayogo, Metodologi Penelitian Sosial Beragama (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001).
Jalaludin Rakhmat, Catatan Kang Jalal Visi Media, Politik dan Pendidikan (Bandung: Rosda Karya,1997).
Joko S. Kahhar & Gilang Cita Madinah, Berdzikir kepada Allah Kajian Spiritual Masalah Dzikir dan Majelis Dzikir (Yogyakarta: Sajadah_press, 2007).
Komarudin SF ed., Dzikir Sufi, (Serambi Ilmu Semesta, Jakarta, 2000).
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).
M. Amin Syukur, Pengantar Studi Islam, (Semarang: Pustaka Nuun, 2010).
Mawardi Labay El sulthani, Zikir dan Doa Dalam Kesibukan, (Departemen Penerangan RI 1992).
Mir Valiuddin, Dzikir dan Kontemplasi dalam Tasawuf, (Pustaka Hidayah, Bandung, 2002).
Muhammad Athiyah Al-Abrosyi, Filsafat Pendidikan Islam, edisi terjemahan oleh Suhairini, (Jakarta: PT. Bumi Aksara,2004).
Muhammad Fuad 'Abd al-Bãqi, al-Mu'jam al-Mufahras li Alfaì al-Quran al-Karîm, (Qahirah: Dar al-Hadits, 1422 H/2001 M).
Muhammad Hisyam Kabbani, energy zikir dan shalawat, (Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta 1998).
Mukromin, Upaya Majelis Ta’lim Dalam Melestarikan Nilai-nilai Keagamaan (Studi Multi Situs di Majelis Ta’lim Al-Hikmah Melathen Desa Bolorejo dan Majelis Ta’lim Khalilurrahman Desa Banaran Kecamatan Kauman Tulungagung), Pasca Sarjana Pasca Sarjana IAIN Tulungagung 2015
Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).
Novan Ardy Wiyani, Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, (Yogyakarta: Teras, 2012).
Nugroho Widiyantoro, Panduan Dakwah Sekolah, Kerja besar untuk Perubahan Besar, (Bandung: Syaamil Cipta Media, 2003).
Nur Arfiyah Febriani, Hubungan antara Dzikir Allah dengan Kesehatan Fisik dan Kesehatan Mental (Studi Kasus Terhadap Majlis Dzikir Di Bawah Bimbingan Ustadz Haryono, Di Kota Bekasi), Tesis, Program Pasca Sarjana S2 Uin Syarif Hidayatullah JakartaTahun 2007
Nur Cholis Madjid, Pesantren dan Pembaharuan , (Jakarta: LP3ES, 1995).
Nurul Huda, Pedoman Majelis Taklim, (Jakarta: KODI DKI Jakarta, 1990).
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia,2002).
Profil Majelis Nurul Arifin.
Program kegiatan Majelis Nurul Arifin.
Ramayulius, Ilmu Pendidikan Islam, cet ke-4 (Jakarta: Kalam Mulia,2004), hlm 1.
Riyadi, Ahmad Ali, Dekonstruksi Tradisi : Kaum Muda NU Merobek Tradisi, Yogyakarta: ArRuzz Media 2007.
Samsul Amin Ghofur, Rahasia Zikir dan Doa (Jogjakarta: Darul Hikmah, 2010).
Saryono, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta : Nuha Medika, 2013).
Setiawan, dkk, Ensiklopedi Nasional Indonesia, Jilid 4,( Cipta Abadi Pustaka, Jakarta, 2001).
Spiritual Education” dalam http://www.asrariya.com/epg07.htm, di akses pada hari Jum’at, tanggal 20 Maret 2020, pukul 14.51 WIB
Sudigdo Sastroasmoro, Dasar-dasar metodologi Penelitian Klinis, Jakarta : CV. Sagung Seto.Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006).
Susanto, A. Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta: Amzah, 2010).
Tanzeh,”Metodologi Penelitian Praktis”,(Yogyakarta: Teras, 2011).
Tim Penyusun Jakarta Islamic Centre, Manajemen dan Silabus Majelis Taklim
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990).
Ubes Nur Islam, Mendidik Anak Dalam Kandungan, Optimalisasi Potensi Anak Sejak Dini (Jakarta: Gema Insani, 2004).
Undang-Undang No. 20 tahun 2003
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI. No.20 Tahun 2003).
Yusuf al-Qardawi, Fi a l-Ëãriq ila Allah, pada edisi terjemah oleh: Misbah El Majidy dan Koes Adiwidjajanto, Niat dan Ikhlas dalam Naungan Cahaya a l-Qura n dan as-Sunnah, (Surabaya: Risalah Gusti, 2005).
Zakiah Darajat,et.al, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara: 1992).
23TS2352059.00 | TS P.PAI 23.059 SYU i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain