SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimbingan Islam dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Low Vision di SLB Negeri Batang
Latar Belakang penelitian dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Negeri Batang, seorang siswa low vision kelas tiga yang mengalami masalahdalam motivasi belajar yang dimilikinya, hal tersebut ditandai dengan adanya ciri-ciri seperti; siswa menunjukan sikap acuh pada pelajaran, siswa tidak bisa berkonsentrasi atau memusatkan perhatian ketika belajar dikelas, siswa mudah putus asa ketika dihadapkan dengan pembelajaran yang sulit, siswa menunjukan sikap ketidaktertarikan terhadap belajar, siswa menunjukan sikap kurang bertanggung jawab dalam belajar, dan belajar hanya ketika disuruh atau dipaksa oleh orangtuanya saja atau guru kelas. Berdasarkan uraian diatas maka penelitian ini bertujuan untuk sebagai berikut: a). untuk mengetahui motivasi belajar siswa low vision di SLB Negeri Batang anatara sebelum dan sesudah adanya bimbingan islam, b). untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan islam dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa low vision di SLB Negeri Batang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar yang dimiliki siswa low vision anatara sebelum dan sesudah adanya bimbingan islam sudah sesuai teori motivasi belajar, dimana siswa low vision sudah menunjukan perubahan yang lebih baik dibanding sebelumnya. Sedangkan pelaksanaan bimbingan islam yang ada di SLB Negeri Batang sudah sesuai dengan teori, dimana dalam kegiatannya menggunakan tahapan-tahapan bimbingan, metode bimbingan islam, materi bimbingan islam yang sesuai dengan permasalahan siswa low vision.
23SK2335003.00 | SK BPI 23.003 RIZ p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain