SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII MTs Al Fatah Maos
Pembelajaran matematika materi bangun datar segi empat pada siswa kelas VII MTs Al Fatah Maos yang masih berpusat pada guru serta masih ada siswa yang belum bisa untuk memvisualkan persoalan ke dalam sebuah gambar serta masih kesulitan menuliskan penyelesaian langkah demi langkah. Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan representasi matematis siswa salah satunya dengan diterpakanya model pembelajaran generatif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran generatif pada materi bangun datar segi empat terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII MTs Al Fatah Maos? 2) bagaimana efektivitas model pembelajaran generatif pada materi bangun datar segi empat dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII MTs Al Fatah Maos? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan model pembelajaran generatif pada materi bangun datar segi empat terhadap kemampuan representasi matematis siswa serta untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran generatif pada materi bangun datar segi empat dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII MTs Al Fatah Maos.
Penelitian yang dilakukan di MTs Al Fatah Maos dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one-grup pre-test post-test dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan setelah peroses pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes kemampuan representasi matematis sebanyak 10 soal dan instrumen observasi sebanyak 14 soal.
23SK2326081.00 | SK TM 23.081 SUC e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain