SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Barisan Aritmetika di Kelas XI MA SS Hadirul Ulum Tasikrejo
Kata Kunci: Think Pair Share, Pemahaman Konsep
Dalam suatu pembelajaran, untuk dapat mencapai tujuan yang diharapkan guru harus bisa memilih metode dan model yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik. Sehingga anak didik dapat memahami konsep dengan benar, salah satu upaya yang dilakukan yaitu menggunakan model pembelajaran Think Pair Share karena dengan pembelajaran think pair share dipandang mampu menyelesaikan masalah tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan aritmatika di kelas xi MA SS Hadirul Ulum”. Adapun tujuan penelitian ini adalah Mengetahui ada tidaknya pengaruh Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan Bahasan Barisan Aritmatika Di Kelas XI MA SS Hadirul Ulum Tasikrejo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan pendekatan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes (essay). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata pada Pre-Test 46,89655 menjadi 80 pada Post-Test. Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan barisan aritmetika dikelas XI MA SS Hadirul Ulum Tasikrejo.
23SK2326078.00 | SK TM 23.078 SEP p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain