SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Al Utsmani Menggunakan Model Flipped Classroom
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kesulitan yang dihadapi peserta didik kelas VIII MTs al Utsmani terkait penyelesaian matematika permasalahan kontekstual. Hal tersebut menunjukkan tingkat kepahaman peserta didik terhadap pembelajaran literasi matematika perlu untuk ditingkatkan. Selain itu, pembelajaran matematika yang dilaksanakan masih terpusat pada guru. Dengan pembelajaran yang terpusat pada guru, pembelajaran matematika tidak tercapai secara maksimal.
Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di MTs Al Utsmani serta men gevaluasi kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di MTs Al Utsmani dalam pembelajaran matematika berbasis etnomatematika menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom. Diharapkan hasil dari penelitian ini menjadi alternatif pengelolaan kelas yang dapat dilakukan dalam menghadapi perkembangan dunia pendidikan terkhusus pendidikan matematika.
Penelitian ini termasuk dalam Pra eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis dengan Uji paired sample T test . Adapun design penelitian yang digunakan berupa One group pretest and posttest , dimana data diambil dari hasil observasi kepada guru dan peserta didik, pretest dan posttest pada peserta didik kels VIII B MTs al Utsmani.
23SK2326076.00 | SK TM 23.076 IAN p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain