SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Budaya Jawa Tengah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP
Kata Kunci: LKS, Etnomatematika, Budaya Jawa Tengah, Pemecahan Masalah
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu dari beberapa kemampuan matematis yang harus siswa kuasai. Kurang optimalnya siswa dalam pemecahan masalah menjadi topik utama dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi bahan ajar untuk siswa. Bahan ajar yang sering digunakan siswa salah satunya LKS. Oleh sebab itu, peneliti melakukan inovasi baru dengan mengembangkan LKS berbasis etnomatematika budaya Jawa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam materi aritmetika sosial kelas VII SMP.
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui rumusan masalah : 1) Bagaimana pengembangan LKS berbasis etnomatematika budaya Jawa Tengah dalam materi aritmetika sosial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah? 2) Bagaimana tingkat validitas dan praktikalitas LKS berbasis etnomatematika budaya Jawa Tengah dalam materi aritmetika sosial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah? 3) Bagaimana efektivitas LKS berbasis etnomatematika budaya Jawa Tengah dalam materi aritmetika sosial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis pengembangan LKS berbasis etnomatematika budaya Jawa Tengah dalam materi aritmetika sosial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah 2) Untuk menganalisis tingkat validitas dan praktikalitas LKS berbasis etnomatematika budaya Jawa Tengah dalam materi aritmetika sosial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah 3) Untuk menganalisis efektivitas LKS berbasis etnomatematika budaya Jawa Tengah dalam materi aritmetika sosial untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
Jenis penelitian ini R&D (Research and Development). Model yang digunakan ADDIE. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes berupa pre-test dan post-test. Analisa data menggunakan uji validasi kepada ahli materi dan ahli media. Kemudian efektif tidaknya LKS dilihat dari nilai post-test siswa dan N-Gain score untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah.
Hasil pengembangan LKS melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil materi menunjukkan skor 93,34%” dan skor 96,67% dengan kategori “sangat valid” serta skor 88,34% kategori “valid”. Kemudian, untuk media menunjukkan skor 85% dan 86,67% kategori “valid”, skor 100% kategori “sangat valid”. LKS masuk dalam kategori sangat praktis dengan skor 93,34%. LKS efektif berdasarkan nilai rata-rata post-test sebesar 78,79 dan meningkat sebesar 0,57 diukur dengan N-Gain score kategori sedang.
23SK2326075.00 | SK TM 23.075 AME p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain