SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Sistem Cash On Delivery Shopee (Studi Kasus Kelurahan Kauman Batang)
Fenomena online shop jumlahnya kian meningkatnya seiring dengan minat individu terhadap layanan sistem bayar di tempat atau yang lebih dikenal Cash On Delivery (COD). Sistem COD muncul akibat dari adanya keluhan dari beberapa pengguna gadget (konsumen) yang menjadi korban dari penipuan, beberapa penipuan dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab di antaranya masalah seperti, konsumen yang sudah melakukan pembayaran melalui media transfer manual, tetapi produk tidak dikirim oleh seller.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini berjenis populasi target (target population), populasi dari penelitian ini adalah warga Kelurahan Kauman Kabupaten Batang pengguna aplikasi Shopee, Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis Accidental sampling, pendekatan statistik dengan menggunakan rumus Lemeshow.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara simultan variabel iklan, kepercayaan, dan persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sistem cod shopee di Kelurahan Kauman Kabupaten Batang. Iklan, kepercayaan dan persepsi risiko memiliki kontribusi sebesar 26,9% dalam menerangkan variabel keputusan pembelian. Sistem promosi COD melalui periklanan ditujukan guna memberikan gambaran kepada pengguna gadget terutama yang memiliki aplikasi Shopee agar dapat meyakinkan guna menumbuhkan kepercayaan dalam melakukan akses jual beli secara online, selain itu adanya penjelasan melalui fitur COD memberikan persepsi individu pengguna gadget dalam meminimalisir risiko-risiko seperti miskomunikasi dan penipuan.
Kata Kunci : Iklan, Kepercayaan, Persepsi risiko, dan Keputusan pembelian.
DAFTAR PUSTAKA :
Alfianika, N. (2018). Jenis-jenis Penelitian. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia.
Erdawati, E. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee. Jurnal Apresiasi Ekonomi.
Fadilah, J. (2019). Strategi Periklanan Online Shop Garasi Barokah di Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi.
Ferdiansyah, G., & Rahayu, A. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Konsumen (Survei pada Pengguna E-commerce di Indonesia). Journal of Business Management Education (JBME).
Feriyansyah, Y. (2018). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee Indonesia. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, STMIK Pontianak.
Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan kuantitatif&kualitatif. Metode Penelitian Bisnis Bandung.
Kosasi, S. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar. Snastia.
Kurniawan, D. (2008). Regresi Linier. Statistic.
Lisnawita, L., Van FC, L. L., & Musfawati, M. (2020). Pengaruh Media Sosial (Instagram) Terhadap Lifestyle Dan Prestasi Akdemik. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika).
Martinayanti, N., & Setiawan, P. (2016). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Persepsi Risiko Pada Niat Beli Produk Fashion Via Instagram Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Anlisis Data Sekunder. In Rajawali Pers.
Maulana, M. F., Nawangsih, & Sulistyan, R. B. (2019). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3. Jurnal Riset Manajemen.
Muh Zulkifli. (2020). Analisis Data Kuantitatif “Efekitivitas Metode Graphomotor Terhadap Kemampuan Menulis Peserta Didik.” Al-Mujahidah.
Mulyasari, H., Dan, T. T. B.,& Wijaya, A. B. M. (2014). Analisis Jenis Sistem Pembayaran Elektronik Dalam Transaksi E-Commerce Di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi.
Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen.
Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Raudhah.
Nawangsih, N., & Irwanto, J. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Komplain terhadap Kepuasan Pelanggan di J&T Express Lumajang. Jobman
Norizan, E., Nordin, A. R., & Mohd. Ali, S. (2013). Analisis data kuantitatif. Penyelidikan Dalam Pendidikan.
Octavani, R., & Paramita, S. (2019). Tinjauan Etika Periklanan dalam Konten Kreatif (Analisis Semiotik Iklan Shopee Versi Blackpink). Prologia.
Pentury, T., Aulele, S. N., & Wattimena, R. (2016). Analisis Regresi Logistik Ordinal. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan.
Permana, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak. Ekonomi Bisnis.
Praditya, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Dan Komunikasi Bisnis Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. JURNAL SeMaRaK.
Purnomo, N., Arief, M., & Wantara, P. (2020). Analisis Kualitas Website Dan Reputasi Vendor Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pembeli Online Tokopedia Di Kabupaten Lamongan ). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis.
Rahayu, A. K. sri. (2020). Penerapan Jual Beli Akad salam Dalam Layanan Shopee. Ar-Ribhu.
Riadi, M. (2020). Keputusan Pembelian (Pengertian, Dimensi, Jenis dan Proses Tahapan). In 30 Mei 2020.
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik . Deepublish Publisher.
Rosalia, D., & Ellyawati, J. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian Online. E-Journal UAJY.
Saidah, Yanuar, F., & Devianto, D. (2016). Analisis Regresi Analisis Regresi. Jurnal Matematika UNAND.
Sandora, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Secara Online. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review.
Saputra, R. (2019). Kerangka Teori. Journal of Chemical Information and Modeling.
Saswianaa, Dr. Eli Hasmin, S.E., M. M., & Bustam, S.E., M. M. (2020). Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian Produk Online Shop (Studi Kasus Mahasiswa Stiem Bongaya). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.
Silalahi, U. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing.
Silviasari, S. (2020). Penyelesaian Sengketa Konsumen Dan Pelaku Usaha Dalam Transaksi E-Commerce Melalui Sistem Cash On Delivery. Media of Law and Sharia.
Sugeng, B. (2020). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Komunikasi Penelitian Kuantitatif Program Studi Jurnalistik & Humas.
Talib, O. (2015). SPSS Analisis Kuantitatif Untuk Penyelidik Muda. MPWS Rich Publication.
Unggul, U. E. S. A., & Barat, J. (2018). Analisis Regresi Data Panel. Modul Eviews 9.
Winda Fronika. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Email.
Yudha Rahina, IB Made Suryawisesa, Anantasika, A., Negara, I. K. S., & Widowati, H. (2016). Metodologi Penelitian: Metode Kuantitatif. Journal of Chemical Information and Modeling.
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal Of Scientific Communication (JSC).
Zati, M. R., Zulkarnen Mora, & Endang Terangisa BR Sinuraya. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Dan Keuangan.
Zein, S., Yasyifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & Darmawan, D. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran.
23SK2341210.00 | SK EKOS 23.210 LUT a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain