SKRIPSI EKOS
Pengaruh Citra, Keunggulan Produk, Kepuasan Konsumen Dan Preferensi Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Lulur Bedda' Lotong (Studi Kasus Pada Konsumen Lulur Bedda' Lotong Chasbeauty Pekalongan)
Kehilangan pelanggan tentu berdampak sangat besar bagi laba perusahaan. Hal tersebut jarang terjadi pada kosumen yang sudah loyal pada produk tertentu. Konsumen mengetahui banyak tentang suatu produk ketika konsumen sudah pernah memakai produk tersebut daripada mengetahuinya melalui iklan atau informasi dari pihak lain. Maka dari itu, loyalitas berperang sangat penting guna mempertahankan posisi perusahaan, sekaligus menjamin kestabilan penjualan dan laba yang diperoleh perusahaan. Faktor yang menimbulkan terjadinya loyalitas konsumen yaitu faktor dari dalam dan luar diri seseorang. Seperti halnya pada penelitian ini disebabkan oleh faktor dari adanya citra, keunggulan produk, kepuasan konsumen serta preferensi konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang mempunyai sifat asosiatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 97 responden yakni konsumen lulur bedda’ lotong Chasbeauty Pekalongan. Teknik pengumpulan sampel menggunakan sampling incidental. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Citra berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Secara parsial Keunggulan Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Secara parsial Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Secara parsial Preferensi Konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Secara simultan Citra, Keunggulan Produk, Kepuasan Konsumen dan Preferensi Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen.
Kata Kunci : Citra, Keunggulan Produk, Kepuasan Konsumen, Preferensi Konsumen, dan Loyalitas Konsumen.
DAFTAR PUSTAKA :
Amanah, N. (2021). Analisis Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Kosmetik Label Halal di Purwokerto.
Anisa, Nor. (2022, September). Kandungan Lulur Bedda' Lotong. (D. Putri Rosita, Pewawancara)
Ariyani, A. (2020). Pengaruh Keunggulan Produk, Pemasaran Rasional, dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasahan Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. BPRS Sukowati Sragen). SELL Journal, 5(1), 55.
Arsyad, Samsir, & Restuti, S. (2017). Pengaruh Customer Relationship Marketing, Keunggulan Produk Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Riau Syariah Pekanbaru. 25, 111.
Cahyani, N. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan, Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Wonosari). Journal Article, 1, 1–18.
Cahyati, D. N. (2018). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening: Studi pada konsumen produk Buccheri di kota Kediri. Http://etheses.uin-malang.ac.id/13770/
Dewi, L., & Ramadhayanti, F. (2022). Strategi Promosi Taman Margasatwa Ragunan di Era New Normal. Ilmiah Indonesia, 7(3).
Dharma, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Ekobistek, 6(2).
Dr. Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Dr. Priyono, M. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 1999, Issue December).
Eprilliana, D., & Ellyawati, J. (2014). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Kepercayaan, Dan Citra Perusahaan Terhadap Preferensi Merek Dan Loyalitas Konsumen. JURNALEM, 2013, 1–11
Erawati, S. H. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Terhadap Penggunaan E-Commerce. INSPIRASI (Jurnal Ilmu Sosial), 17(2), 304–315.
Fatimah, S. (2019). Pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di diva clinic skin & body care pekanbaru riau skripsi. Uin Suska Riau.
Firanazulah, Safavi, V. D. R., Saputri, A. N. J., & Sudrajat, A. (2021). The Effects of Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions. Quantitative Economics and Management Studies, 2(6), 365–375. Https://doi.org/10.35877/454ri.qems360
Fitria, Ayu. (2022, Desember). Penggunaan Lulur Bedda' Lotong. (D. Putri Rosita, Pewawancara)
Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit UNDIP.
Hertanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Dengan Modifikasi Skala Likert Empat Skala. Metodologi Penelitian, September, 2–3. Https://www.academia.edu
Himmah, S. ’Aliyatul. (2019). Pengaruh Service Recovery Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Nasabah Bank BRI Cabang Malang). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 1–33.
Husain, A. A., Mangantar, M., Mandagie, Y., Pengaruh, A., Pelanggan, N., Keunggulan, D. A. N., Terhadap, P., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2022). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Keunggulan Produk Terhadap Loyalitas Konsumen di FIF Group Cabang Manado. Jurnal EMBA, 10(1), 19–28.
Komaria, (2022, Desember). Penggunaan Lulur Bedda' Lotong. (D. Putri Rosita, Pewawancara)
Larasati, C. Y., & Widiyanto, I. (2017). Pengaruh Preferensi dan Harga Terhadap Sikap dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomie Rasa Cabe Ijo di Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 2, 1–10. Http://ejournl-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Maylina, D., & Mulazid, A. S. (2018). Analisis Pengaruh Service Quality , Customer Relationship Management Dan Keunggulan Produk. Jurnal Islamadina, 19(1), 90–105.
Mole, M. A., Mandey, S. I., & Kojo, C. (2019). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Royalâ€TMS Resto and Function Hall Di Kota Ternate. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 871–880.
Nirwana. (2015). Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut hawkins dan Lonney dikutip Oleh Tjiptono 2014 :101. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 1, 11–12. Http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/1330/5/138320032_file5.pdf
Oemar, U., & Tores, R. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa STIE Rahmaniayah. Manajemen Kompeten, 2(2), 52–65.
Prahmadhani, D. T. (2019). Persepsi wanita dewasa dini pengguna produk Skincare tentang Kecantikan. Skripsi, 95. Https://repository.usd.ac.id/28150/2/019114109_Full%5B1%5D.pdf
Pureklolong, F. (2017). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen.
Rahmawati, D. (2018). Hasil Survey ZAP Beauty Index Terkait Industri Kecantikan. Http://www.kirana.id/hasil-survey-zap-beauty-index-terkaitr-industri-kecantikan/amp/
Ralibi, U. (2015). Pengaruh Kesadaran, Persepsi dan Preferensi Konsumen Terhadap Perilaku Mengkonsumsi Buah Lokal di Kawasan Pemukiman Jakarta Timur. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Rifa’i, D. K. (2015). Membangun Loyalitas Pelanggan. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).
Rimiyati, H., & Widodo, C. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Merek Samsung Galaxy Series (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah YOGYAKARTA). Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 223–234.
Salonga, D. L. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Oh My Crab. Performa, 5(2), 121–130. Https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1564
Saputra, D. W. A. (2020). Pengaruh Preferensi Konsumen, Perilaku Konsumen Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pada Pengguna Sepeda Motor Honda CBR di Kalbis Institute, Jakarta Timur). 2507(February), 1–9.
Saputra, O. (2020). Pengaruh Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim Pada Toko Inten Desa Pagar Dewa Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur. Http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6180%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/6180/1/Skripsi Ogi Saputra.pdf
Sari, R. (2019). Pengaruh Customer Relationship Marketing, Nilai Nasabah. Dan Keunggulan Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pangkalan Brandan. Skripsi.
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas, 12, 4043–4068.
Soedirman, U. J., Soedirman, U. J., & Soedirman, U. J. (2021). Model Theory Of Planned Behaviour Jamu Perspektif Konsumsi Islam Serta Sulasih Wiwiek Rabiatul Adawiyah Pramono Hari Adi. 6. Https://doi.org/10.21154/muslimheritage.
Sudirman, A., Halim, F., & Pinem, R. J. (2020). Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. 3(1), 66–76.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). ALFABETA.
Suhartanto, D., Djatnika, T., Ruhadi, & Triyuni, N. N. (2017). Pengelolaan dan Pemasaran. ALFABETA.
Sulistiono, A., & Khalifah Nur Alliah. (2016). Pengaruh Preferensi Konsumen Dan Persepsi Kualitas Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Smartphone Samsung Galaxy pada Masyarakat Kota Bogor). JIMKES, 3.
Suwito, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada CV Global AC Banjarbaru. Ejournal Stiepancasetia, 14(112), 255–262.
Taufiq, T. (2018). Memakan Harta Secara Batil (Perspektif Surat An-Nisa: 29 dan At-Taubah: 34). JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 17(2), 245. Https://doi.org/10.31958/juris.v17i2.1162
Triana, J. A. (2019). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen dan Citra Merek dengan Loyalitas Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Pada Remaja di Pekanbaru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Yunaida, E. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Citra Medika Depok. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 798–807.
Zulkarnaem, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan (Studi Kasus Terhadap Rema Laundry Dan Simply Fresh Laundry di Jalan Cikutra Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1).
23SK2341209.00 | SK EKOS 23.209 PUT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain