SKRIPSI EKOS
Pedagang Muslim di Era Covid-19 : Dampak Dan Strategi Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus Pasar Comal Kabupaten Pemalang)
Adanya pandemi Covid-19 tidak hanya mempengaruhi pada sektor kesehatan saja, akan tetapi juga merambat ke sektor ekonomi. Pendapatan masyarakat menurun drastis, jadi sangat berpengaruh terhadap permintaan barang dan jasa di pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap volume penjualan dan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan yang dilakukan pedagang muslim di Pasar Tradisional Comal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif field research (penelitian lapangan), data primer akan diperoleh langsung dari informan di lapangan. Data primer dalam penelitian ini adalah pedagang dan pembeli di Pasar Comal. Sedangkan data sekunder diambil dari pengelola pasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk kredibilitas data, dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dalam analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman untuk menganalisis data hasil penelitian, yaitu aktivitas“dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif terhadap pedagang di Pasar Comal. Pedagang mengalami penurunan tingkat penjualan dan pendapatan antara antara 50% sampai 70%, yang disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen. Strategi pemasaran untuk peningkatan volume penjualan yang dilakukan pedagang muslim di Pasar Comal dalam mengatasi dampak Covid-19, sebagian besar sudah sesuai dengan teori bauran pemasaran yang meliputi strategi produk, harga, promosi, dan distribusi. Selain itu mereka juga memanfaatkan pengunaan gadget dan media sosialnya seperti WhatsApp dan Fecebook.
Kata kunci: Dampak Covid-19, Pasar Tradisioanl, Volume Penjualan, Strategi Peningkatan Penjualan, dan Pedagang Muslim.
DAFTAR PUSTAKA :
Al Arif, M. Nur Rianto. 2010. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Cetakan 1. Bandung: Alfabeta.
Amrin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: Grasindo.
Azhari, Rizky. 2021. “Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Buah Jeruk Manis Di Pasar Tradisional Simpang Limun Medan.” Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.
Basu Swastha DH dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. 13 ed. Yogyakarta: Liberty.
Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cet. 10. Bandung: Alfabeta.
Cahya, Agus Dwi, Fadhilla Ajeng Aqdella, Asfarina Zahrotul Jannah, dan Hesthi Setyawati. 2021. “Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19.” Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business 4 (3): 503–10.
“Comal, Pemalang.” 2021. Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Comal,_Pemalang&oldid=19116419.
Dr. J. R. Raco, ME., M.Sc. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: GRASINDO.
Feniati. 2021. Pedagang Sayuran Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal, 28 Juni 2021.
Fudlah. 2021. Pedagang Sayur Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal, 7 November 2021.
Giovani Dio Prasasti. 2020. “28 Juli 2020: Bertambah 2.366, Kasus Sembuh dari COVID-19 di Indonesia Mencapai 60.539 - Health Liputan6.com.” 2020. https://www.liputan6.com/health/read/4316897/28-juli-2020-bertambah-2366-kasus-sembuh-dari-covid-19-di-indonesia-mencapai-60539.
Halimah. 2021. Pedagang Pakaian Pasar Comal. Wawanara Pribadi. Comal, 28 Juni 2021.
Hanoatubun, Silpa. 2020. “Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2 (1): 146–53.
“Hasil Pencarian - KBBI Daring.” t.t. Diakses 26 Oktober 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/dampak.
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Januri. 2021. Pedagang Sembako Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal, 7 November 2021.
Kartajaya, Hermawan, dan Muhammad Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. Bandung: Penerbit Mizan.
Kasturah. 2021. Pembeli Di Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal 29 Juni 2021.
Kholis, Muhammad Natsir. 2020. “Prediksi Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Nelayan Jaring Insang Di Kota Bengkulu.” Albacore Jurnal Penelitian Perikanan Laut 4 (1): 001–011.
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. 3 ed. Erlangga.
Lailul Rohmania, Nur. 2020. “Strategi Pemasaran Pasar Tradisional Warujayeng Dalam Menghadapi Pasar Modern Di Tanjunganom Nganjuk.” Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Maslihah. 2021. Pedagang Hasil Bumi Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal, 7 November 2021.
Mifrokhah. 2021. Pedagang Apem Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal, 28 Juni 2021.
Musdalifah. 2021. “Dampak Covid-19 Terhadap Pedagang Pasar Pinrang (Analisis Ekonomi Islam).” Skripsi, Parepare: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.
Nurul Huda, Khamim Hudri, Rizal Fahlevi, Badrussa’diyah, Dea Mazaya, dan Dian Sugiarti. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Depok: Kencana.
Paenah. 2021. Pedagang Sayur Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal, 7 November 2021.
Philip Kotler, Swee Hoong Ang, Siew Meng Leong, dan Chin Tiong Tian. 2000. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Edisi 1. Yogyakarta: Pearson Education Asia dan ANDI.
Prof. Drs. Sutrisno Hadi, MA. 1964. Metode Research Jilid 1. Yogyakarta: ANDI.
Rohmah, Ainur. 2020. “Pandemi Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumen Di Indonesia.” Jurnal Inovasi Penelitian 1: 1373–78.
Sidik, Sangputri, Awaluddin Hasrin, dan Siti Fathimah. 2020. “Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Waktu Operasional Pasar Di Kabupaten Minahasa Akibat Penanggulangan Covid-19.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 4 (3).
Sinaga, Robert, dan Melfrianti Romauli Purba. 2020. “Pengaruh Pandemi Virus Corona (Covid-19) Terhadap Pendapatan Pedagang Sayur Dan Buah Di Pasar Tradisional ‘Pajak Pagi Pasar V’ Padang Bulan.” Jurnal Regionomic 2 (2): 37–48.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang, dan Fandy Tjiptono. 2018. Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. 1 ed. Bogor: IPB Press.
Sunardi, dan Anita Primastiwi. 2012. Bisnis Pengantar (Konsep, Strategi, & Kasus). 1 ed. Yogyakarta: CAPS.
Supriyati, Endang. 2021. Pedagang Daging Sapi Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal 7 November 2021.
Sutarni. 2021. Pembeli di Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal 29 Juni 2021.
Tarisan. 2021. Pedagang Sembako Pasar Comal. Wawancara Pribadi. Comal, 7 November 2021.
Trihastuti, Aselina Endang. 2020. Manajemen Pemasaran Plus++. Yogyakarta: Deepublish.
W. Gulo. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Winardi. 1991. Pengantar Manajemen Penjualan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Yusman, Anhari. 2017. “Strategi Pemasaran Pedagang Tradisional dalam Meningkatkan Penjualan Pada Pasar Tradisional Cik Puan Pekanbaru Menurut Ekonomi Islam.” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Zaenuri. 2021. Pedagang Pakaian Pasar Comal. wawancara Pribadi. Comal, 28 Juni 2021.
23SK2341204.00 | SK EKOS 23.204 NAI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain