SKRIPSI EKOS
Pengaruh Margin, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kemitraan Anggota di Era New Normal Pada KSPPS BMT Al Fataa Ulujami Pemalang
Margin merupakan nilai keuntungan yang diperoleh oleh nasabah, karena penetapan keuntungan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan kesepakatan bersama dapat meningkatkan kemitraan anggota. Bank syariah harus dapat menentukan strategi promosi yang tepat yaitu dengan lebih meningkatkan penyebaran promosi yang berkualitas dan menarik dan selalu mempertahankan kualitas pelayanan sesuai kebutuhan dan keinginan anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh margin, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kemitraan anggota di era new normal pada KSPPS BMT Al Fataa Ulujami Pemalang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa margin dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kemitraan anggota, sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kemitraan anggota. Kemudian secara simultan, margin, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kemitraan anggota di era new normal pada KSPPS BMT Al Fataa Ulujami Pemalang.
Kata Kunci: Margin, Promosi dan Kualitas Pelayanan
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, Ma’r uf. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Agustina, Tresna Maulina. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Nasabah di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Aisyah, Sitti., & Riyadi, Y. A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 2, No. 1, 26.
Anwar, Ali. (2009). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Dengan SPSS Dan Excel. Kediri: IAIT Press.
Asmar, Karina Halimah. (2019). Pengaruh Pelayanan, Promosi, Lokasi, Dan Bagi Hasil Bank Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Pt. Bank Bri Syariah Kcp Sudirman Lubuk Pakam . Skripsi. UIN Sumatera Utara Medan.
Astuti, Karina Meri. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Citra Bank Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Memilih Produk Pembiayaan Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada BRISyariah KCP Magelang). Skripsi. IAIN Salatiga.
A’yunina, Hilma. (2020). Pengaruh Tingkat Margin, Kepercayaan, Penanganan Komplain Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Nasabah Produk Murabahah (Studi Kasus di BMT Istiqomah Tulungagung Dan KSPPS Baitul Izza Sejahtera Tulungagung. Skripsi. IAIN Tulungagung.
Budi, Septi Dwi Restia. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di KSU BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi. IAIN Purwokerto.
Budi, Triton Prawira. (2006). SPSS 13.0 Terapan; Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Batubara, Habib Syahputra. (2019). Pengaruh Margin, Kinerja Karyawan, Strategi Pemasaran, Terhadap Loyalitas Nasabah Menggunakan Pembiayaan Murabahah Pada Pt. Bank Syariah Mandiri Kcp Sipirok. Skripsi. IAIN Padangsidimpuan.
Cahyono, Tri. (2015). Statistik Uji Normalitas. Banyumas: Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).
Dewi, Nourma. (2017). Regulasi Keberadaan Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Dalam Sistem Perekonomian Di Indonesia. Jurnal Serambi Hukum. Vol. 11, No. 01, Februari – Juli 2017, 97-98.
Djarwanto PS., & Subagyo, Pangestu. 2005. Statistik Induktif. Yogyakarta : BPFE.
Echo Perdana K. (2016). Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. Bangka Belitung: Lab Kom Manajamen FEB UBB.
Fadhillah, Firda Asmaul. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Pada BMT Surya Mandiri Jetis Ponorgo. Skripsi. IAIN Ponorogo.
Fandriani, Utami Putri. (2019). Pengaruh Religiusitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang 16 Ilir Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.
Fauzia, A. N., & Sholeh, Khotib. (2021). Pengaruh Promosi, Nilai Syari’ah, dan Prosentase Margin Terhadap Minat Nasabah untuk Mengajukan Pembiayaan Murabahah di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Cabang Pangean. Jurnal Ekonomi Syariah. Vol. 4, No. 1, Januari 2021, 18-19.
Febra, Yudhistira Rangga. (2018). Analisis Penetapan Margin Atas Produk Pembiayaan Murabahah Terhadap Keputusan Nasabah (Studi Pada Bmt Assyafi’iyah Kc Karang Anyar). Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Ghofur, Abdul. (2015). Dampak Kemitraan Bank Syariah Mandiri Cabang Gresik Terhadap Kinerja Bmt (Studi Kasus Bmt Mandiri Sejahtera Kabupaten Gresik). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 1, No. 2, Juli – Desember 2015, 176.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan, Sigit., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: Media Nusa Creative.
Hutasuhut, Anisa Yuliana. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Masyarakat Kelurahan Sitinjak Menggunakan Produk Tabungan Haji Di Bank Syariah. Skripsi. IAIN Padangsidimpuan.
Ismanto, Kuat. (2015). Pengelolaan Baitul Maal Pada Baitul Maal Wa Tamwil (Bmt) Di Kota Pekalongan. Jurnal Penelitian. Vol. 12, No. 1, Mei 2015, 25.
Khasanah, Riska Rhobiyatul. (2017). Analisis Kemitraan Asuransi Syariah Dengan Lembaga Keuangan Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Pemasaran Pada Produk Asuransi Jiwa Pembiayaan di Pt. Asyki Sarana Sejahtera. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kholil, Muhammad. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Anggota Menggunakan Produk Simpanan Di BMT Al-Hikmah Cabang Ngemplak Undaan Kudus.
Skripsi. IAIN Kudus.
Khunaifih, Robbah. (2018). Analisis Dampak Kemitraan Bank Panin Syariah Cabang Surabaya Dengan Bmt Bina Ummat Sejahtera (Bus) Rembang Jateng. Tesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Mahmudi, Ali. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Di Bmt Tumang Cabang Salatiga. Skripsi. IAIN Salatiga.
Marsheres, Ance. (2019). Pengaruh Pelayanan Dan Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Bmt Al-Muawanah Iain Bengkulu. Skripsi. IAIN Bengkulu.
Maulida, Isnaine. (2016). Analisis Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bmt Taruna Sejahtera Cabang Tuntang. Skripsi. IAIN Salatiga.
Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Replubik Indonesia. No:91/Kep/M.KUKM/IX/2004, tentang Petunjuk Kegiatan Usaha Koperasi Jasa Keuangan Syariah.
Oktavia, Yessi Dwi. (2018). Peran Manajer Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Koperasi Syariah Baitul Maal Wa Tamwil Sahara Tulungagung. Skripsi. IAIN Tulungagung.
Putri, Rahma Disa. (2021). Pengaruh Margin Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah Di BMT Darussalam Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Ramadhani, Angga Pramudya. (2013). Analisis Penetapan Profit Margin Pada Produk Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Pada BMT-MMU Sidogiri, Pasuruan). Jurnal Akuntansi AKUNESA. Vol. 1, No. 3, 4-5.
Raufah, Lini. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Periklanan Produk Wadiah Yad Dhamanah Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung Di Bank Bri Syariah Cabang Sipin Kota Jambi. Skripsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Rochmaniah, Ana. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Pada Bmt Tulungagung. Skripsi. IAIN Tulungagung.
Rosyidah, Millah. (2020). Manajemen Kemitraan PT. Sahid Gema Wisata Cabang Surabaya Dengan Bank BRI Syariah. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya
Rotussalmah, Nadzir. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Pemasaran terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Mal Watamwil Harapan Umat Tulungagung. Skripsi. IAIN Tulungagung.
Sarwono, Jonathan (2018). Statistik Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.
Sugiyono. (2012). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, cet ke-14. Bandung: Alfabeta.
Sumanti, Susi. dkk (2019). Pengaruh Margin dan Lokasi Terhadap Keputusan Melakukan Pembiayaan Murabahah (Studi Pada BMT Baskara Asri Sejati Cabang Sekampung). Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. Vol. 5, No. 3, 20-21.
Waqi’ah, Nurul. (2019). Pengaruh Relationship Marketing, Syariah Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Bukopin Cabang Surabaya). Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Widana, I, Wayan., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media.
Wijayanti, Santi. (2020). Pengaruh Agunan, Tingkat Margin Dan Lokasi Terhadap Minat Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus KSPPS BMT Bahtera Kantor Cabang Buaran). Skripsi. IAIN Pekalongan
Winarno, M. E. (2011). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
23SK2341198.00 | SK EKOS 23.198 RAT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain