SKRIPSI EKOS
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Volume Penjualan Home Industry Gamis Anaqihouse di Pekalongan
Volume Penjualan merupakan kegiatan pemasaran yang terdiri atas berbagai kegiatan yang digunakan untuk memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa kepada produsen dan konsumen. Penjualan merupakan kegiatan penyaluran,pertukaran barang atau jasa dimana penjual menawarkan barang atau jasannya kepada konsumen dengan adanya kesepakatan mengenai harga antara penjual dan pembeli sehingga penjual mendapatkan keuntungan, Sebuah perusahaan tentu perusahaan yang mampu terus meningkatkan volume penjualan setiap bulan bahkan harinya,digital marketing dipandang media paling baik sebagai sarana promosi yang efektif serta mampu meningkatkan volume penjualan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh digital marketing,persepsi harga dan inovasi produk terhadap volume penjualan gamis di pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non-Probability sampling dengan menggunakan metode Sampling aksidental (Accidental sampling), yang diperoleh dengan cara siapa yang dijumpai atau yang ditemui dan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS statistik .
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing dan inovasi produk secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan, untuk variabel persepsi harga secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap volume penjualan. Kemudian variabel digital marketing,persepsi harga dan inovasi produk berpengaruh secara simultan terhadap volume penjualan home industry gamis di pekalongan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai koefisien determinasi (Adjusted R square) Sebesar 0,816 yang berarti ketiga variabel independen memberikan pengaruh sebesar 81,6% terhadap volume penjualan sementara sisanya sebesar 18,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Digital Marketing,Persepsi Harga,Inovasi Produk dan Volume Penjualan.
DAFTAR PUSTAKA :
Anariga,Pandji. (2004). Manajemen Bisnis. Rineka Cipta.
Azwar,Syaifudin. (1999). Metode penelitian,Jakarta : Pustaka Pelajar.
Chaffey Dave, MayerRichard (2009). Internet Marketing: Strategy,Implementation and Practice.Prentice Hall/Financial Times.
Dunan, H., Antoni, M. R., Redaputri, A. P., & Jayasinga, H. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 17(2), 167–185.
Ghazali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS.Badan penerbit Universitas Diponegoro.
Kurniawati, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Aplikasi Layanan Pesan Antar Makanan, dan Harga terhadap Volume Penjualan UMKM di Kota Semarang. 10. Kuncoro,Mudjarat. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta:Erlangga.
Nugroho, Bhuono Agung. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Hardiansyah,Haris.Metode Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial,Jakarta: Salemba empat, 2012,h.11.
Hasan,Ali.(2013) .Marketing dan kasus-kasus pilihan.Yogyakarta .
Hasan,Ali.(2013).’Marketting’. Yogyakarta: Media Utama.
Kotler, Philip & Amstrong G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: prenticehall.
Kotler, Philip. (2005). Manajemen pemasaran,Jilid 1&2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Kotler. Philip & Amstrong G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Edisi 12 Erlangga.
Pradiani, T. (2018). Pengaruh system pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volune penjualan hasil industry rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Purwanto,Joko. (2007). Komunikasi bisnis.Edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.
Rahayu, B., Arrasyid, M. H., & Nurhayati, W. (2021). Harga, Promosi, Dan Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan. 10.
Rahmi, P. P., & Purwanti, R. D. (2016). Pengaruh inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk NU Green tea padat PT ABC president Indonesia cabang Garut. 1, 17.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.
Samosir, C. B. H. (2015). Jurnal pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen produk enervon-c.. 1, 13.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing,Word of Mouth,dan Kualitas pelayanan terhadap keputusan.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.
https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012) . Metode Penelitian Bisnis , cetakan kedelapan belas. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif,& R&D,cet 23 Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitan. Bandung: Alfabeta.
Suhandi, S., Yusuf, A., & Kadarusman, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. BFI Finance Indonesia TBK Cabang Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(2), 261. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i2.11041
Sutojo,Siswanto. (2009). Manajemen pemasaran untuk eksekutif non pemasaran. Jakarta: Pamar Mulia Pustaka.
Tsani, A., Sume, S. A., & Kuraesin, E. (2019). Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan. Manager : Jurnal Ilmu manajemen, 2(1), 81. https://doi.org/10.32832/manager.v2i1.1867
Theresia,Pradiani. (2017). Pengaruh system pemasaran digital marketing terhadap peningkatan Volume penjualan Industri Rumahan,Jibeka volume.11 Nomor 2 Feb 2017.
Tjiptono,Fandi. (2019). Strategi pemasaran prinsip dan penerapan. Yogjakarta: Andi.
Tjiptono,F. (2006). Manajemen pelayanan jasa.Yogyakarta: Andi
23SK2341194.00 | SK EKOS 23.194 IMR a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain