SKRIPSI EKOS
Pengaruh Viral Marketing, Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya (Studi Kasus Konsumen Zoya Pekalongan)
Di era modern seperti saat ini perkembangan teknologi dan informasi berkembang dengan cepat, pemasaran yang bisa dilakukan secara online maupun offline. Keputusan pembelian merupakan keputusan seseorang dalam menentukan salah satu dari beberapa alternative pilihan yang tersedia. Dalam hal ini konsumen untuk melakukan keputusan membeli produk melihat dari beberapa pandangan konsumen terhadap merek tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Viral Marketing, Brand Trust Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya (Studi Kasus Konsumen Zoya Pekalongan).
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling yaitu metode sampel dengan mengambil responden yang kebetulan ditemui atau ada di tempat, dengan rumus menurut Donald R. Cooper dan C. William Emory penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Viral Marketing dan Brand Image secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan variabel Brand Trust secara parsial tidak berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kemudian variabel Viral Marketing, Brand Trust Dan Brand Image berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai koefisien determinasi (Adjusted R square) sebesar 0,414 yang artinya tiga variabel independen memberikan pengaruh sebesar 41,4 % terhadap Keputusan Pembelian sedangkan sisanya
58,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Viral Marketing, Brand Trust, Brand Image dan Keputusan pembelian.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Agustin, R. A. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi, Konformitas Teman Sebaya, dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Ponorogo. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo.
Ali, H. (2008). Manajemen Pemasaran dan Marketing. Bandung: CV. Alfabeta.
Alim, S. A. (2018). Pengaruh Persepsi Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim(Survei Pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang). Malang: Universitas Brawijaya.
Almanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. E Journal Psikologi Vol 06 No 02, 410-419.
Almas, A. (2019). Pengaruh pengendalian diri, teman sebaya, dan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMA N 2 Bae Kudus. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Amrullah. (2021). Hubungan promosi dengan keputusan pembelian pada juragan mode bengkulu. Journal of indonesian management, 548.
Anggraini, Elly, & dan Setiaji, K. (2018). Pengaruh Media Sosial dan Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal Vol 07 No 01, 172-180.
Anto, H. (2003). Pengantar Ekonomi Mikro Islam. Yogyakarta: Ekonisia. Anwar, S. (1999). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arianty, N. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 48.
Aris Budi Setiawan, H. N. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Citra Merek Terhadap Kepercayaan Pelanggan (Studi Kasus Pengguna Shopee Mahasiswa Program Sarjana Institute Stiami Jakarta Pusat Tahun Angkatan 2015-2018) . Jurnal Mahasiswa Administrasi Bisnis, 4.
Astri Rumondang, B. P. (2021). Manajemen komunikasi pemasaran. Jakarta: yayasan kita menulis.
Astuti, W. D. (2017). Pengaruh Brand Image, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Toko Zoya Pekalongan. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Auliyana, L. (2020). Analisis pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian hijab rabbani (studi kasus outlet rabbani jombang) . journal of bussines and innovation management, 220.
Azwar, S. (2001). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Calvin. (2014). Analisa Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Economic Benefit Terhadap Niat Pembelian Polis Asuransi PT. Sequislife di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 10.
Chita, R., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan antara Self Control dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011. Jurnal E-biomedik vol 03 no 01, 297-302.
Ciakrawinata, J. P., & Evelyn. (2021). Pengaruh Financial Literacy dan Financial Behavior Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa dan Alumni UK Petra Asal Kota Tarakan. Seminar Nasional dan Call For Paper HUBISINTEK.
Daniel Kurniawan, W. J. (2021). Pengaruh Brand Image, Viral Marketing, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi E-Money Fintech Pada Ahasisea Di Universitas Sam Ratulangi Saat Pandemic Covid-19 . JURNAL EMBA, 703.
David, M. (2010). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Deviyanti, S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Peserta Didik Kelas XII IPS SMA NEGERI 3 Makassar. Makassar: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.
Dicki Sandala, J. D. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado . JURNAL EMBA,2729.
Dikria, Okky, & dan Mintarti, S. U. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 09 No 2, 128-139.
Doddy Sigar, D. S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Viral Marketing Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat. Jurnal EMBA , 848.
Dr. Nugroho J. Setiadi, S. (2003). Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Dr. Saida Zainurossalamia, Z. (2020). Manajemen pemasaran teori dan strategi. Lombok, Nusa tenggara barat: Forum pemuda aswaja.
Drifanda, V. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang. JPU Vol 12 No 01.
Elvira, R. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen Muslim Tentang Maslahah Terhadap Keputusan Konsumsi Terbatas Hanya Pada Komoditas Halal. Manhaj, Vol.4,177.
Emory, D. R. (1996). Metode Penelitian Bisnis Terjemahan Ellen G dan Imam Nurmawan Edisi ke 5. Jakarta: Erlangga.
Fattah, F. I. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Ekonomi, 11-21.
Fauzi, M. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Walisongo Press.
Fikri Ridhayani, I. R. (2020). The Influence Of Financial Literacy and Reference Group Toward Consumptive Behavior Across Senior High School Students. Journal of Consumer Sciences, 29-45.
Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip vol 12 no 01, 55-68.
Ghazali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19.Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23, Ed 8.Semarang: Universitas Diponegoro.
Gulati, S., & Faculty, G. (2017). Impact Of Peer Pressure On Buying Behavior. International Journal of Research Granthaalayah vol 05 No 06.
Gunawan, A., & Carissa, A. F. (2021). Pengaruh Sastra Keuangan dan Gaya Hidup Pada Siswa Perilaku Konsumsi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Manajemen Universitas Bisnis dan Ekonomi Muhammadiyah Sumatera Utara). IJEBAS, 79-86.
Gunawan, A., & Carissa, A. F. (2021). Pengaruh Sastra Keuangan dan Gaya Hidup Pada Siswa Perilaku Konsumsi (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Fakultas Manajemen Universitas Bisnis dan Ekonomi Muhammadiyah Sumatera Utara).
IJEBAS Vol 01 No 01.
Habsari, S. U. (2015). fashion hijab dalam kajian budaya populer. Jurnal PPKM II, 129. Halimatussakdiyah, & Sudarma, S. :. (2019). Influence of life style and Financial Literacy to Consumptive Behavior Through Self-Control of Unisnu FEB Collage Students Jepara. Journal od Economic Education, 75-80.
Halimatussakdiyah, & Sudarma, S. (2019). Influence of Life style and Financial Literacy to Consumpive Behavior Through Self Control of Unisnu FEB Collage Students Jepara . Journal of Economic Education , 75-80.
Hanipah. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Untuk Produk Fashion dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Terhadap Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Ranir. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry.
Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah: Cara Jitu Meningkatkan Pasar Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia .
Hasan, A. (2013). Marketing cetakan pertama. Yogyakarta: Media Presindo.
Hasan, M. d. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. Hidayat, K., & Bashori, K. (2016). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer reviews dan harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 83.
Hikmawati, Salam, A., & Rizqi, M. R. (2019). Pengaruh gaya hidup dan ketertarikan fashion terhadap Perilaku konsumtif pada Online Shopping. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 02 No 02.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Husni Muharram Ritonga, B. M. (2018). Manajemen Pemasaran konsep dan strategi. Medan: Universitas pembangunan panca budi.
I Gde yudhi hendrawan, I. w. (2019). Analisis efektivitas viral marketing dalam meningkatkan keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. jurnal sains, akuntansi dan manajemen, 189.
Idris, M. (2019). Hubungan Antara Gaya Hidup Modern dan Prinsip Individualisme Terhadap Perilaku Belajar Fisika SMA Negeri 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. UIN Alauddin, 94.
Imawati, Susilaningsing, & Ivada. (2013). Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS vol 02 no 01, 48-58.
Institute, I. R. (2020). Indonesia Millenial Report. Jakarta: IDN Times.
Ipandang. (2019). Mengurai batasan aurat wanita dalam keluarga perspektif hukum islam. journal darussalam: jurnal pendidikan, komunikasi dan pemikiran hukum islam, 367.
Ira Arjunita, S. R. (2021). Pengaruh Viral Marketing , Store Atmosphere Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Tuya Manado. Jurnal EMBA, 445.
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., et al. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Jacinda, A. (2016). Perilaku Konsumen dalam Memilih Rever Academy Surabaya. Jurnal e-Komunikasi vol 04 no 01, 1-10.
Justiano, N. R. (2012). Analisa pengaruh harga, promosi,dan viral marketing terhadap keputusan pembelian pada "online shop" s-nexian melalui facebook. journal of bussiness strategy and execution, 158.
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran Edisi Ke-6. PT Erlangga. Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran Edisi 1. (a. b. Sabran, Penyunt.) Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPB STIM YKPN.
Kusumaningtyas, I. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Taman Sidoarjo. Sidoarjo: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 05 No. 03.
Lisma, Niati, & Haryono, A. (2016). Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Ditinjau dari Motif Bertransaksi (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2012. JPE Vol 09 No 01, 41-50.
Mahuda, F. D. (2018). Pengaruh Brand Personality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Butik Meccanism) . Jurnal Ekonomi Islam ,111.
Manik, Y. M., & Dalimunthe, M. B. (2019). Literasi Keuangan dan Pengaruhnya Terhadap Hedonisme Mahasiswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 7(2), 66-76.
Medias, F. (2018). Ekonomi Mikro Islam : Islamic Microeconomic. Magelang: Unimma Press.
Melinda, Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2022). Perilaku Konsumtif dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society vol 02 no 01, 1-12.
Mewoh, F. M. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Matahari Departement Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 37.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image ) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abirawa,82.
Mulyadi, J. T. (2021). Pengaruh viral marketing dan turbo marketing terhadap keputusan pembelian skincare somethinc. Volume 1, 371.
Murdiani, T. (2018). Pengaruh karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik merek pelanggan terhadap loyalitas merek kosmetik lipstik wardah pada mahasiswi universitas Bandar Lampung. ISSN : 2087-0957, 55.
Murniatiningsih, E. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa SMP Negeri di Surabaya Barat. (5).
Murwanti, D. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Teman Sebaya, dan Budaya Kontemporer Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMP Negeri 41 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan vol 05 no 01, 38-51.
Nawari. (2003). Analisis Regresi Dengan Ms Excel 2007 dan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media.
Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics Vol 01 No 01, 43-53.
Nisa'usholihah, K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada roduk Zoya Lamongan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Nitisusastro, M. (2013). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Noor, M. F. (2014). pengaruh brand image dan brand trust terhadap brand loyality king thai tea bandung. IMAGE, 129-130.
Nosi, C. (2021). Pengaruh kepercayaan merek online dan offline terhadap niat beli konsumen. Jurnal Bisnis Euromed, 3.
Nurachma, Y. A. (2018). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Kelompok Teman Sebaya, dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Kesatrian Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Ecucation Analysis Journal, 489-500.
Nurul Ain, R. T. (2018). Pengaruh Citra Merek Melalui Sikap Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Pada Produk Busana Muslim Zoya di Surabaya. JESTT, 554-555.
Onny fitriana sitorus, n. u. (2017). strategi promosi pemasaran. jakarta: FKIP UHAMKA.
Palamba, F. G. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sanata Dharma. Skripsi program sutudi akuntansi Universitas Sanata Dharma.
Palungan, D., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen Vol 02 No 03, 103-110.
Petrescu, M. (2014). Viral Marketing and Social Networks. Amerika Serikat: Pers Pakar Bisnis,LLC.
Pramezwary, A. (2021). Brand Trust dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk di masa Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen, 30.
Pratama, A. A., & Yudiana, F. E. (2020). Perilaku Konsumen Muslim, Religiusitas, dan Pelaku Hijrah. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Prihatini, D., & Irianto, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Ecogen vol 04 no 01, 25-34.
Pristiwa, Z. d. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Kalangan Pelajar Sma Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal ilmiah manajemen muhammadiyah Aceh, 81-81. Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah data Terpraktis . Yogyakarta: ANDI.
Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: PenerbIT ANDI.
Purwanngsih, M. F. (2018). Analisis Hubungan Gaya Hidup dan Pendapatan dengan Keputusan Pembelian Produk Fashion Planet Surf Studi Kasus Pada Konsumen Produk Fashion Planet Surf Malioboro Mall Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 46.
Purwanti, A. (2011). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Persepsi Atas Lingkungan, dan Prestasi Belajar Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi. Jurnal Ekonomi Bisnis Vol 16 No 01, 11-16.
Purwasih, J. H., & Kusumantoro, S. M. (2015). Perubahan Sosial. Klaten: Cempaka Putih.
Puspita Nirmala Rihhadatul Aisy, M. R. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2017 Universitas Islam Malang) . e - jurnal riset manajemen, 99.
Putri, R. D., Rahmawati, Pujiati, & Safitri, M. (2021). Analisis Pergerakan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Penelitian Dosen Yunior Universitas Lampung.
Putri, R. D., Rahmawati, Pujiati, & Safitri, M. (2021). Analisis Pergeseran Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Propesif.
Rahmawati, V. E., & Sujanti, J. (2021). Analisis Faktor Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Produk Fashion Saat Pandemi Pada Mahasiswa. JEKPEND Vol 04 No 02, 11-18.
Ramadhani, H. R. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Electronc Monet, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Sumatera Utara). Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan.
Ratmono, G. A. (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek, Preferensi Merek Dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Zoya Di Kalangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Di IAIN Metro). Jurnal Manajemen Diversivikasi, 610.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel - Variabel Penelitian . Bandung: Alfabeta. Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2012). Cara Mudah Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Riskayanti. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar. Makasar: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Riskayanti. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millenial Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi Program Studi Manajemen Universitas Muhammdiyah Makassar.
Romadloniyah, A., & Setiaji, K. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif dalam Perspektif Gender. Economic Education Analysis Journal, 50-64.
Romadloniyah, A., & Setiaji, K. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Konformitas, dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif dalam Perspektif Gender. Economic Education Analysis Journal 9(1), 50-64.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitia Kuantitatif. Yogyakarta: CV. BUDI UTAMA. Ryswaldi, R. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi purchase decision involvement generasi milenial di traveloka. Journal of management and business review, 49.
Santosa, S. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, P. P., & Rajagukguk, S. C. (2022). Pengaruh Liteasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Religion Edycation Social Laa Roiba Journal Vol 04 No 03, 819-829.
Sari, R. K. (2019). Viral Marketing : memanfaatkan kekuatan media sosial dalam komunikasi pemasaran. Cermin: jurnal Penelitian, 83.
Sari, T. F. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pond's . Sumatra Utara: Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
Sari, Y. P. (2019). Pengaruh Brand Trust Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Elzatta Di Kota Bengkulu. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Sitorus, O. F. (2017). Strategi Promosi Pemasaran . Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.
Srianjani, T. (2018). Analisis strategi mempertahankan konsumen toko zoya kudus dalam perspektif ekonomi islam. Iqtishadia, 3.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujiyanto, A. E. (2009). Aplikasi statistik dengan SPSS.16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sullistiawati, E. (2012). Implementasi Corporate Social Responbility (CSR) Serta Pengaruhnya Terhadap Citra dan Kepercayaan Pada Bank Syariah (Studi di BNI Syariah Cabang Semarang). Semarang: Fakutas Syariah IAIN Walisongo .
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Menerobos Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.
Sundari, P. F. (2021). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanPelanggan dari "Brand Zoya". Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 17.
Surono, Bahruddin, M., & Habibi, A. (2020). Effectiveness Financial Literacy Toward Making Decision Of Consumer Behavior. Buletin Studi Ekonomi Vol 25 N0 01,99-111.
Susanto, & Sandy, A. (2013). Membuat Segmentasi Berdasarkan Life style. Jurnal JIBEKA Vol 07 No 02, 1-3.
Susilawati, S. (2020). Pengaruh Loyalitas Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Zoya (Studi Pada Konsumen Di Outlet Produk Jilbab Zoya Kota Jambi). Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
Susilawati, S. (2020). Pengaruh Loyalitas Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Zoya. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
Suwarman, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapanya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Syarifah Alawiyah, d. (2020). Adab berpakaian wanita muslimah sesuai tuntunan syariat islam. jurnal ilmu islam, 219.
Tati Handayani, S. M. (2019). Manajemen pemasaran islam. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Temalangi, h. L. (2013). Analisis Mulitivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20. Bandung: Alfabeta.
Tresna, T. A. (2013). Perilaku Konsumtif di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis.
Trisnani, S. A., Adriyai, A. D., Wandansari, R. A., & Isthika, W. (2019). Consumption Behavior and The Lack Of Financial Literacy Among Teens. Journal of Islamic Economics, Management and Business Vol 1 No 01, 191-206.
Virginia, E. V. (2022). Pengaruh brand image, brand trust, dan digitalmarketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk emina (studi kasus pada mahasiswa universitas SAM Ratulangi). Jurnal EMBA, 963.
Wafa', S. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Zoya (Survey Pada Konsumen Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim .
Wahidah, N. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumsif Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Untan, 2.
Wala Erpurini, M. R. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Store Zoya. Jurnal Manajemen dan Sains, 325-326.
Wibowo, J. F. (2022). Pengaruh brand image, brand trust dan brand loyality terhadap keputusan pembelian pada hp oppo (studi pada konsumen oppo di mojokerto). Jurnal cakrawala ilmiah, 3591.
Widyati, I. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi finansial mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Brawijaya . Jurnal Akuntansi dan Pendidikan Vol 01 No 01, 89-99.
Wijaksana, M. S. (2021). Pengaruh viral marketing terhadap minat beli konsumen pada layanan video on demand(VOD) netflix. e-Proceding of Management, 6523.
Wijaksana, T. K. (2020). Pengaruh viral marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu compass melalui media sosial instagram. e- Proceeding of Management, 6892.
Wijaya, S. K. (2005). Riset keuangan pengujian-pengujian Empiris. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, T. (2013). Metodologi Penelitian: Ekonomi dan Bisnis teori dan praktik.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yande Agus Ardana, N. M. (2018). peran citra merek memdiasi pengaruh e-wom terhadap minat bel smartphone samsung di kota denpasar. E- Journal Manajemen Unud, 5905.
Yolanda averina rayon, I. g. (2021). pengaruh green marketing terhadap purchase decision yang dimediasi oleh brand image (studi pada AMDK) ades di kota Denpasar. E-Journal Manajemen, 485.
Yusuf, A. (2021). Pengaruh inovasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian pelanggan pada smartphone oppo produk di kota tanggerang selatan. institut penelitian dan kritik international budapest jurnal (BIRCI-Jurnal), 474.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif & Penelitian Gabungan .Jakarta: Prenadamedia.
Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zia, K. (2018). Analisis Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Merek Rabbani Di Kota Jambi. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
23SK2341193.00 | SK EKOS 23.193 DEW p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain