SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi, Fashion Involvement Dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Melalui E-Commerce Shopee (Studi Kasus Konsumen Muslim di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan)
Perkembangan digitalisasi terus melakukan inovasi berbasis teknologi yang dapat memudahkan para pengguna dapat melakukan aktivitas belanja online. Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan dalam belanja online menyebabkan terjadinya proses pembelian tidak terencana oleh konsumen. Hal ini dapat dilihat dari pola konsumsi belanja online dalam mengikuti perkembangan tren yang sedang berlaku yaitu dalam hal tren fashion muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, fashion involvement dan kualitas produk terhadap impulse buying melalui e-commerce Shopee pada konsumen fashion muslim di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner serta dengan menggunakan perhitungan rumus sampel Wibisono, sehingga diperoleh sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data uji regresi linear berganda yang diolah dengan bantuan SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, sedangkan fashion involvement dan kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap impulse buying. Kemudian hasil uji secara simultan promosi, fashion involvement, kualitas produk juga berpengaruh terhadap impulse buying melalui e-commerce Shopee pada konsumen fashion muslim di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan.
Kata Kunci: Promosi, Fashion Involvement, Kualitas Produk dan Impulse Buying
DAFTAR PUSTAKA :
Akdon dan Riduwan. (2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Andriati, Wiwit. (2019). Pengaruh Personality Traits Dan Website Quality Terhadap Impulse Buying Behaviour Secara Online Dengan Impulse Buying Tendency Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Skripsi, Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang.
APJII. (2020). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2020 Capai 196,7 Juta, Naik Karena WFH. Dikutip dari https://kumparan.com/kumparantech/jumlah-pengguna-internet-indonesia-tahun-2020-capai-196-7-juta-naik-karena-wfh-1uYnJ729dTL. Diakses pada 11 Oktober 2021 Pukul 14.45 WIB
Aqliyyah, Dewi. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif Dalam Belanja Online Menurut Perspektif Ekonomi Islam (studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2015). Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ayuning, Suci Sekar. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Produk Pada Aplikasi Shopee Indonesia. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang
Buchari, Alma. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Bahri, Syabbul. 2013. Hukum Promosi Produk Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, (8)1, 135-154.
Fahriana, Rizqy. (2022, Maret 20). Pengguna E-Commerce Shopee (T. Nahdah, pewawancara)
Faroh, N.,W. (2017). Analisa Pengaruh Harga, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pemasaran Online Melalui Jejaring Sosial Facebook “Perawatan Wajah”. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. (2)4, 3-24
Febriano, C. P., Lisbeth, M., & Rita, N. T. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA, (6)4, 3068-3077.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariated Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, A dan Susanti, F. (2019). Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. e-Journal Administrasi Bisnis,(3)4,1-9.
Hermanto, E.Y. (2016). Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat Surabaya Dengan Hedonic Shopping Motivation Dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Merek Zara. Jurnal Manajemen Pemasaran, (10)1, 11-19. doi:https://doi.org/10.9744/pemasaran.10.1.11-19
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Herukalpiko, D.K.D., Prihatini, A.E., & Widayanto. (2013). Pengaruh Kewajaran Harga, Atmosfer Toko Dan Pelayanan Toko Terhadap Perilaku Impulse Buying Konsumen Robinson Department Store Semarang.
Diponegoro Journal Of Social And Politic Of Science, 1-9.
Hikmah. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif di Kota Batam. Journal of Business and Economics Research (JBE), (1)2, 173-179.
Huda, M. (2017). Pengaruh Merchandising Dan Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Toko Basmalah Sidogiri. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE), (4)2, 54-71.
Iprice. (2021). Peta E-Commerce Indonesia. Dikutip dari https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/. Diakses pada 11 Oktober 2021 Pukul 15.57 WIB
Irawan, D. O., Arifin, R., & Basalamah, M. R. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation, dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse buying (Studi Kasus Pada Mahasiswi Yang Pernah Berkunjung Ke Center Point Di Mall Olympic Garden Malang). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, (9)4, 152–167.
Japarianto, Edwin & Sugiono Sugiharto. (2011). Pengaruh Shopping Life Style dan Fashion Involvement Terhadap Impulsif Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, (6)1, 32-41.
Kertajaya, Hermawan & Sula, Muhammad Syakir. (2006). Syari'ah Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler,Philip and Gary Armstrong. (2012) Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga .
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 13, New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc. .
Kurniawan, Agung Widhi dan Zarah Puspitaningtyas. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Laila, E., J., & Sudarwanto, T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, (6)1, 1-9.
Larasati, M. A., & Budiani, M. S. (2014). Hubungan antar kontrol diri dengan pembelian impulsif pakaian pada mahasiswi psikologi universitas negeri surabaya yang melakukan pembelian secara online. Jurnal Penelitian Psikologi, (2)3,1-8.
Latan, Hengky dan Selva Temalagi. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20. Bandung: Alfabeta.
Luthfiana, N., A. dan Sudharto, P., H. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pembeli Di Marketplace Shopee). Diponegoro Journal Of Social And Politic (8) 2, 97-104.
Muhyiddin, Nurlina T., M. Irfan Tarmizi, dan Anna Yulianita. (2017). Metodologi Penelitian Ekonomi & Sosial: Teori, Konsep, dan Rencana Proposal. Jakarta: Salemba Empat.
Multazami. (2016). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse buying Behavior Masyarakat Kota Makassar. Skripsi, Universitas Hasanuddin Makassar. Makassar.
Munir, Misbahul. (2007). Ajaran-ajaran Ekonomi Rasulullah kajian Hadits Nabi dalam Perspektif Ekonomi. Malang: Uin Malang Press.
Natalie A., & Japarianto, E. (2019). Analisis Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Melalui Hedonic Value Di H&M Store Pakuwon Mall Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran (13)1,40-46.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta, Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, Vol 4, No. 2.
Nurmalia. (2018). Jual-Beli Salam (Pesanan) Secara On-line Di Kalangan Mahasiswa UIN-SU Medan (Tinjauan Menurut Syafi'iyah). Skripsi, Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan
Nuryadin, Asli. (2012). Manajemen Perusahaan. Yogyakarta: LaksBang.
Pasha, Mustafa Kamal., Ms Chalil dan Wahardjani. (2017). Fikih Islam. Jogjakarta: Suryamediatama.
Pratiwi, E., Krishernawan, I., & Istyarini, W., (2020). Pengaruh Store Environment, Fashion Involvement, Dan Sales Promotion Terhadap Customer Impulse Buying ( Studi Pada Konsumen Matahari Sunrise Mall Mojokerto). Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, (4)1, 1–13.
Priyatno, Duwi. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset.
Purnama, N. I., & Rialdy, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan Alat-Alat Bangunan Pada PT. Rodes Chemindo Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 174–181.
Putra, M. R. M., Albant, M. A. K., Sari, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Promosi, Fashion Involvement, dan Shopping Life Style, dan Impulse Buying Di E-Commerce Shopee. Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Syari’ah, 03 (02), 21–29. http://ejournal.stieba.ac.id/index.php/revenue/article/view/16
Putro, Shandy Widjoyo., Semuel, H., Karina, R., Brahmana. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. (2)1.
Rahmawan, A.W., Kumadji, S., Kusumawati, A. (2013). Pengaruh Faktor-Faktor Lingkungan Toko Terhadap Pembelian Impulsif (Survei Pada Pengunjung Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. (6)2, 1-10.
Rahmawati, Anita. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Emosi Positif Dan Dampaknya Terhadap Pembelian Impulsif Dalam E-Commerce Berrybenka.Com. Skripsi, Manajemen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.
Ramdhani, Neila. (2011). Penyusunan Alat Pengukur Berbasis Theory of Planned Behavior. Jurnal Buletin Psikologi. (19)2, 55-69.
Restu, Titis Pramudia. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store Di Jember. Skripsi, Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Jember
Reven, D., & Ferdinand, A. T., (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta).
Diponegoro Journal of Management, (6)2, 152-164
Satriansyah, A. (2019). Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Konsumen Starbucks Coffee. Jurnal Sekretari dan Manajemen. (3)1, 157-164.
Semuel, Hatane. (2006). “Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja sebagai Variabel Mediasi” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, (8)2,101-115.
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomu Dan Bisnis Universitas Udayana, (6)12, 4043-4068.
Setiadi, Nugroho J. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Siti, Aliyah. (2022, Maret 20). Pengguna E-Commerce Shopee (T. Nahdah, pewawancara)
Sucidha, I. (2019). Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, (3)1, 1–10. https://doi.org/10.31602/atd.v3i1.1705
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyadi dan Purwanto. (2007). Statistik untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Sunyoto, Danang. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).
Supriyanto, Teguh. (2022, Februari 28). Paket Produk Belanja Online E-Commerce Shopee Pada Tahun 2021. (T. Nahdah, pewawancara)
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Syarifuddin, Amir. (2010). Garis-Garis Besar Fiqh. Jakarta: Kencana.
Syula, M. Syakir. 2004. Syari’ah Marketing. Jakarta: Mizan Publishing.
Tamba, Darwis. (2017). Aplikasi Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Perilaku Mahasiswa Membeli Laptop Lenovo (Studi Kasus: Mahasiswa FE- Unika Santo Thomas SU), Jurnal Manajemen Dan Bisnis, (17)2, 115-141.
Tinarbuko, S. (2006). Pola Hidup Konsumtif Masyarakat Yogya. Jakarta: Erlangga.
Thamrin, Abdullah dan Francis, Tantri. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Umboh, Z., Mananeke, L., dan Samadi, R. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behaviour Konsumen Wanita Di Mtc Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, (6)3, 1638–1647 doi:https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20373.
Utami, Christina Whidya. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Utami, O.R dan Rastini, N.M. (2015). Pengaruh Variabel Demografi, Kualitas Layanan, Atmosfer Toko Pada Impulse Buying Di Hypermart Mal. E-Jurnal Manajemen Unud, (4) 5, 1229-1237.
Venia, M., Marzuki, F., & Yuliniar. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Pada Generasi Z Pengguna E-Commerce). Jurnal Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, (2), 929-941.
Wiguna, I., & Nurcaya, I., Y. (2014). Pengaruh Fashion Involvement, Kualitas Produk Dan Kewajaran Harga Terhadap Impulse Buying, 3695-3706.
Wijaya, Anggi Mita., Moh, Hufron., & Afi Rachmat Slamet. (2017). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior (Studi Kasus Pembelian Hijab Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang). e-Jurnal Riset Manajemen, (6) 2, 186–199.
Winda, Oktaviani. (2022, Maret 20). Pengguna E-Commerce Shopee (T. Nahdah, pewawancara)
Yusuf, A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Zainal, V.R., Antonio, M.S & Hadad, M.D. (2014). Islamic Business Management: Praktik Managemen Bisnis yang Sesuai Syaria Islam. Yogyakarta: BPFE.
23SK2341190.00 | SK EKOS 23.190 NAH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain