SKRIPSI EKOS
Pengaruh Produk Halal, Kualitas Pelayanan, Kenyamanan Konsumen, Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen di Kopi Candu Kota Pekalongan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk halal terhadap loyalitas konsumen, pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalityas konsumen, pengaruh kenyamanan terhadap loyalitas konsumen serta pengaruh experiental marketing terhadap loyalitas konsumen di Kopi Candu Kota Pekalongan.
Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen di Kopi Candu Kota Pekalongan. Purposive sampling diterapkan sebagai Teknik pengambilan sampel dengan kriteria tertentu dan diambil sample sejumlah 96 orang. Penelitian ini menggunakan data primer yang berupa kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 25 dengan analisis linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung 1,267 < t tabel sebesar 1,986 dan nilai signifikasi 0,209 > 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung (2,166) > t tabel (1,986) dan nilai signifikansi 0,033 < 0,05. Kenyamanan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung (2,336) > t tabel (1,986) dan nilai signifikansi 0,022 < 0,05.Experiental marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung (2,064) > t tabel (1,986) dan nilai signifikansi 0,042 < 0,05. Produk halal, kualitas pelayanan, kenyamanan konsumen dan experiental marketing secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, ditunjukan dengan F hitung (54,730) > F tabel (2,471) dan nilai signifikansinya 0,00 < 0,05.
Kata Kunci: Produk Halal, Kualitas Pelayanan, Kenyamanan Konsumen, Experiental Marketing, Loyalitas Konsumen.
DAFTAR PUSTAKA :
Apriyantono, A., Hermanianto, J., & Wahid, N. (2007). Pedoman Produksi Pangan Halal. Khairul Bayan Press.
BPS Jateng. (2021, Juni 22). Jumlah Restoran/Rumah Makan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. https://jateng.bps.go.id/indicator/16/119/1/jumlah-restoran-rumah-makan- menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html. Access Time: June 22, 2021, 2:53 pm
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty (Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan). ERLANGGA.
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2012). Dasar Dasar Ekometrika (Edisi Kelima). SALEMBA EMPAT.
Hadiwidjaja, R. S., & Dharmayanti, D. (2014). Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN.
Kolcaba, K. (2003). Comfort Theory and Practice: A Vision For Holistic Health Care and Research. Springer Publishing Company.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). PT Indeks.
Kotler, P., & Kevin Lane, K. (2008). Marketing Manajemen (Edisi Keriga). ERLANGGA.
Lameshow, S., Hosmer J., D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Gajahmada University Press.
Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. 11.
Sanders, M. S., & McCormick, E. J. (2004). Human Factors In Engineering and Desain (7 ed.). McGraw-Hill Book Company
Satwiko. (2009). Pengertian Kenyamanan dalam Suatu Bangunan. Wignjosoebroto. Scmitt, & Bernd. (1999). Experiental Marketing. The Free Press.
Sugiyono, Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. ALFABETA. Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. ALFABETA. Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. PT Ghalia Indonesia.
Tarigan, E. D. S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area medan. Jurnal Konsep Bisnis dan manajemen.
Tasunar, N. (2006). Kualitas Pelayanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan Pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Moro Demak. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 5(1), 41–62. https://doi.org/10.14710/jspi.v5i1.41-62
Tjiptono, F. (2005). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi Offset.
Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 8 Ayat 1. (t.t.).
Widarjono, A. (2009). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya (Edisi Ketiga). EKONISIA.
23SK2341188.00 | SK EKOS 23.188 SAL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain