SKRIPSI EKOS
Pengaruh Persepsi Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pengelolaan Dana Koin (Kotak Infak) LAZISNU Kecamatan Subah Kabupaten Batang
Persepsi dan kepercayaan masyarakat merupakan dua hal yang saling berhubungan, karena persepsi yang kita miliki dapat mempengaruhi kepercayaan seseorang terhadap suatu hal. Pengelolaan dana hasil kotak infak LAZISNU harus dikelola dengan baik dan transparan sehingga masyarakat memiliki persepsi dan kepercayaan yang positif terhadap pengelola kotak infak NU, sehingga hasil gerakan kotak infak LAZISNU Kecamatan Subah Kabupaten Batang setiap tahunya bisa mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi dan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan dana KOIN (Kotak Infak) LAZISNU Kecamatan Subah Kabupaten Batang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan melakukan pengumpulan data menggunakan metode angket (kuesioner) dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji linieritas), analisis regresi linier bergandan dan uji hipotesis (uji t, uji f dan analisis koefisien determinasi).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi berpengaruh signifikan sedangkan kepercayaan masyarakat tidak berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan dana KOIN (Kotak Infak) LAZISNU Kecamatan Subah Kabupaten Batang.
Kata kunci: Persepsi, Kepercayaan Masyarakat dan Pengelolaan dana.
DAFTAR PUSTAKA :
Agus Putra, P. A. (2020). Pemikiran Ekonomi Yusuf Al-Qaradhâwȋ. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 81–100. https://doi.org/10.36908/isbank.v6i1.132.
Ahmad, S. S. (2021, Agustus 21) Sejarah Terbentuknya Kotak Infak LAZIS NU Kecamatan Subah. (H. Wijayanti, Interviewer).
Ahmad, S. S. (2021, September 17) Pengelolaan Keuangan Dana Kotak Infak LAZIS NU. (H. Wijayanti, Interviewer).
Aisyah Rachma. (2020). Pengaruh persepsi nilai dan kepercayaan pelanggan terhadap kepuasaan pelanggan pada KPRI Karya Husada Kota Probolinggo. Skripsi, Universitas Panca Marga. Probolinggo.
Annisatry Lubis, E., Sissah, S., & Addiarrahman, A. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Gerakan KOIN LAZIS NU Provinsi Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Batang. (2021). Kecamatan Subah dalam Angka 2021. BPS. Kabupaten Batang 2021. Batang.
Cahyono, Heru. (2020). Pengelolaan Dana Desa Studi dari Sisi Demokrasi dan Kapasitas Pemerintah Desa. Jakarta: LIPI Press.
Chuswinta, R., Sudarwanto, T., Studi, P., Islam, E., Ekonomi, F., & Jombang, C. D. (2020). Implementasi Pengelolaan Dana Infaq Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Jombang (Studi Kasus Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng “LSPT”). 1, 168–175.
Dian Islami Septiana. (2022). Pengaruh persepsi nilai hijau, citra merek hijau, kredibilitas merek, dan kepercayaan merek hijau pada ekuitas merek hijau (studi pada konsumen produk The Body Shop Indonesia). Skripsi, Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto.
Dwi Agil Setiawan. (2020). Analisis faktor religiusitas, kepercayaan dan kesadaran diri dalam mempengaruhi minat muzzaki untuk membayar zakat . Skripsi, Universitas Islam Negeri. Surabaya.
Fahmi, Dzul. (2018). Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita.Yogyakarta: Psikologi Corner.
Gita Wulandari. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kepercayaan Terhadap Minta Penggunaan Kembali E-Money (OVO, Dana, Go-Pay) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU. Skripsi, Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.
Hamim, I. N. (2016). Manajemen Pengelolaan Infaq di Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng. Science of Surverying and Mapping, 41.
Hanani, Silfia. (2017). Komunikasi Antarpribadi Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Handoko, T. Hani. (2017). Manajemen, Cet, Ke-2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Hilda Kharisma. (2019). Pengaruh persepsi manfaat, harga, dan kepercayaan terhadap keputusan penggunaan layanan Go-Pay pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi, Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.
Indra Wahyu Wibowo. (2019). Pengaruh persepsi nilai dan kepercayaan terhadap kepuasan dan dampkanya terhadap loyalitas konsumen. Skripsi, Universitas Muhammadiyah. Magelang.
Mardani, (2016). Hukum Islam: Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf. Badung: PT Citra Aditya Bakti.
Mulyadi, Lalu. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Arsitektur Kota Kediri Jawa Timur. Malang: CV. Dream Litera Buana.
Nafi’ah, Evi Lailatun. (2018). Fundraising LAZIS NU Dalam Perolehan Dana Zakat, Infaq dan Shadaqah di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Skripsi, UIN Walisongo. Semarang
Nazila, Intan Putri. (2019). Strategi Program Gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama (KOIN NU) di LAZIS NU Porong Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, UIN Sunan Ampel. Surabaya.
Ningsih, A. P. (2019). Pengaruh persepsi dan kepercayaan nasabah terhadap keputusan menggunakan rekening ponsel bank cimb niaga syariah.
Pengurus LAZIS NU Kecamatan Subah. (2018). Laporan Perolehan dan Petasarupan KOIN Peduli NU. Pengurus LAZIS NU Kecamatan Subah. MWC NU Subah.
Pengurus LAZIS NU Kecamatan Subah. (2019). Laporan Perolehan dan Petasarupan KOIN Peduli NU. Pengurus LAZIS NU Kecamatan Subah. MWC NU Subah.
Pengurus LAZIS NU Kecamatan Subah. (2020). Laporan Perolehan dan Petasarupan KOIN Peduli NU. Pengurus LAZIS NU Kecamatan Subah. MWC NU Subah.
Penyusun, Tim. (2012-2015). Buku Profile NU CARE-LAZISNU. Jakarta: NU Care- LAZISNU.
Priyatno, D. 2010. Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Jakarta: Buku Seru.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Ridwan, A. M. (2018). Aplikasi Pengelolaan Dana ZIS Pada Lembaga Zakat, lnfaq, dan Shadaqah (Lagzis) Kota Malang. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 4(1), 33–51. https://doi.org/10.18860/ua.v4i1.6117
Rohani, M. (2021). Pengaruh Persepsi dan Kepercayaan Terhadap Minat Guru Menjadi Nasabah Perbankan Syariah.
Sahriani, P. (2020). SKRIPSI Pengaruh Persepsi dan kepercayaan nasabah terhadap keputusan pembelian produk amanah pada PT. pegadaian (hal. 1–86).
Siregar, O. M., Selwendri, & Dkk. (2020). Persepsi Masyarakat terhadap Bank Syariah by Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si., Selwendri, S.Sos, M.Si., Maulidina, SP., M.M., Muhammad Bahtiar Abdillah, M.A.B. (z-lib.org).pdf.
Siregar, S. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Minat Siswa SMK N 1 Panyabungan Jurusan Perbankan Menggunakan Mobile Banking. Excutive Summary, 23, 57168.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2016). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 6(1), 45.
Wenas, R., Jorie, R., & Taroreh, O. (2015). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Jasa Asuransi Pada Asuransi Jasindo Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 312–321.
23SK2341182.00 | SK EKOS 23.182 HET p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain