SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Islamic Branding, Dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Home Industry ASH Jeans Pekalongan)
Fenomena persaingan bisnis yang tidak dapat dicegah oleh para pelaku bisnis. Oleh karena itu pelaku bisnis perlu memperhatikan loyalitas pelanggan untuk memperkuat kelangsungan bisnis. Karena banyaknya variabel yang mempengaruhi loyalitas pelanggan seperti harga, branding, hubungan relasi, dan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh harga, islamic branding, dan relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening (studi kasus home industry ASH Jeans Pekalongan).
Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif pola hubungan kausal dan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis) yang olah data menggunakan software IBM SPSS Statistic 25. Populasi penelitian ini adalah pelanggan home industry ASH Jeans Pekalongan sejumlah 620 orang. Dari data populasi yang telah diketahui ini selanjutnya diolah menggunakan tehnik probability sampel yang mana menghasilkan sampel sejumlah 86 responden. Metode pengumpulan data dengan cara mendistribusikan angket dan wawancara kepada pemilik home industry ASH Jeans.
Dari hasil olah data, penelitian ini memperoleh kesimpulan : (1) Variabel harga berpengaruh pengaruh positif signifikan terhadap tingkat loyalitas pelanggan home industry ASH Jeans. (2) Variabel islamic branding tidak berpengaruh pengaruh signifikan terhadap tingkat loyalitas pelanggan home industry ASH Jeans. (3) Variabel relationship marketing tidak berpengaruh pengaruh signifikan terhadap tingkat loyalitas pelanggan home industry ASH Jeans. (4) Variabel kepuasan berpengaruh pengaruh positif signifikan terhadap tingkat loyalitas pelanggan home industry ASH Jeans. (5) Variabel kepuasan mampu memediasi pengaruh variabel harga terhadap loyalitas pelanggan home industry ASH Jeans. (6) Variabel kepuasan tidak mampu memediasi pengaruh variabel islamic branding terhadap loyalitas pelanggan home industry ASH Jeans. (7) Variabel kepuasan tidak mampu memediasi pengaruh variabel relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan home industry ASH Jeans.
Kata Kunci: Harga, Islamic Branding, Relationship Marketing, Kepuasan, Loyalitas Pelangggan.
DAFTAR PUSTAKA :
Adawiyah, Sa’diyah El. 2021. Islamic Branding dalam Ekonomi Syari’ah. Jurnal Al-Tsarwah Vol 4 No 1
Aisyah, Nurul. 2021. Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah yang dimediasi Brand Awarness pada Remaja Wanita di Kota Makassar. Skripsi. Makaasar : UIN Alauddin
Al-Quran Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darussunnah.
Anggara, Fajar S Ari & Nandy Alamsyah. 2021. The Analysis of Islamic Branding Towards Customer Loyalty Impact at Ismart Retail Ponorogo. Jurnal Nusantara Vol. 6 No. 2
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Danahiswara, Bellinda P & Fulchiss. 2020. Pengaruh Relationship Marketing dan Customer Satisfaction terhadap Loyalitas Pelanggan pada Honda AHASS Tongan Malang. Jurnal Aplikasi BisnisVol 6 No 1
Daryanto dan Setyobudi, I., (2014) Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.
Engel, James F Blackwell, Roger D Winiard, Paul W Budijanto, F.X. 1994. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.
Fatema, M., Foyez Ahamd Bhuiyan, & Mostaq Ahmad Bhuiyan. (2013). Shari ’a Compliance in Building Identified Islamic Brands. Ejbm, 5(11).
Fithrati, Najwa. 2017. Pengaruh Islamic Service Quality dan Islamic Branding terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia). Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamid, Marwan dkk. 2019. Analisis Jalur dan Aplikasi SPSS Versi 25. Bireuen: Utama Perkasa
Husniah, Nafisatul. 2021. Pengaruh Religiusitas, Ekuitas Merk, Kualitas terhadap Loyalitas Pelanggan. Tesis. Surabaya : UIN Sunan Ampel
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya : Unitomo Press.
Izza, Iravatul. 2019. Pengaruh Citra Merk, Kesadaran Halal, dan Islamic Branding terhadap Loyalitas Merk (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang pernah Mengkonsumsi Mc Donald’s). Skripsi. Semarang : UIN Walisongo
Jacoby, J dan D.B. Keyner. 1973. Loyalitas Pelanggan dan Analisis Pembelian Ulang. Journal Marketing Research. Vol 10
Jotnathan, Sarwono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: PT Graha Ilmu
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip pemasaran. Jilid 2 Edisi Kedelapan. Penerjemah Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga
Maholtra, N.K. 2009. Riset Pemasaran Edisi Empat. Jakarta : PT Indeks.
Minan, Latok Iful. 2020. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Trust terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan di PT Hapeel Pharmindo Malang). Skripsi. Universitas Islam Malang.
Muslikh, Zainal dan Hidayati, 2017. The Influence Of Satisfaction And Trust On Online Purchasing Decision : Empirical Study On Students In Jakarta, Journal Of Accounting, Manajement And Economics, Vol. 19, No.2.
Nafiah, Naslihatun & Abdul Aziz N.P. 2021. Pengaruh Customer Intimacy, Promosi, dan Citra Merk Islam terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Godean 3 dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Transformatif Vol 5 No 2
Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Olson, Peter et all. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Qalby, A Nur dkk. 2018. Pengaruh Relationship Marketing dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Astinet Segmen Bisnis PT Telkom Witel Makassar). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol. 1 No. 2
Rejeki, Desti Putri. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merk terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi. Tesis. Malang: Universitas Muhammadiyah.
Saladin, Djaslim. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Sekaran, U. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis 1. Jakarta : Salemba Empat
Setyaningsih, Titin. 2021. Pengaruh Islamic Branding, Brand image, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya oleh Masyarakat Ponorogo. Skripsi. Ponorogo : IAIN Ponorogo
Sugiyono, 2004. Statistika Umtuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta
Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Kuantitatif. R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono .2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Surachmanuddin, dkk. 2020. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan dan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Klinik Kecantikan Ressty Aesthetic Clinic di Kota Makassar. Jurnal Sosio Sains Vol. 6 No. 1
Surat Edaran Pemerintah Kabupaten Pekalongan Nomor 065.5/2165/2021 Tentang Penggunaan Pakaian Dinas Harian ASN.
S,Khadijah & Wulandari, O. A. 2020. Islamic Branding Restoran Korea Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Makna.
Temporal, Paul. 2011. Islamic Branding And Marketing. Singapura: Wiley.
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Sleman: Bayumedia
Yulinda. 2020. Pengaruh Islamic Branding dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim di Toko Annur Sungai Kambang Telanaipura Jambi. Skripsi. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin
.Y.L, Yusof & Jusoh W. 2013. Islamic Brand : The Understanding and Perception. Procedia-Social and Behavioral Sciences.
Y.N, Odin dan P.Vallette-Florence. 2001. Konsep dan Aspek Operasi Loyalitas Merk. Journal of Business Research. Vol 53
Zaikhan, G.M. 2002. Relationship Marketing: Teori dan Implementasi. Journal of Market-Focused Management. Vol 5
23SK2341181.00 | SK EKOS 23.181 AME p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain