SKRIPSI EKOS
Pengaruh Lokasi Penjualan, Variasi Produk, Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan UKM Kuliner Kawasan Gemek Plaza Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Volume Penjualan adalah total yang dihasilkan dari kegiatan penjualan barang atau jasa menurut Kotler dalam Swasta. Seiring perkembangan zaman, persaingan usaha di bidang kuliner khususnya pada Usaha Kecil dan Menengah semakin meningkat, sehingga pedagang perlu memilih lokasi penjualan yang strategis, menjual produk yang bervariasi dan melakukan promosi offline maupun online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi penjualan, variasi produk dan promosi terhadap volume penjualan UKM kuliner kawasan Gemek Plaza Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 42 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi penjualan, variasi produk, dan promosi berpengaruh terhadap volume penjualan UKM kuliner kawasan Gemek Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Kemudian secara simultan, lokasi penjualan, variasi produk, dan promosi juga berpengaruh terhadap volume penjualan UKM Kuliner Kawasan Gemek Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.
Kata kunci : Lokasi Penjualan, Variasi Produk, Promosi dan Volume Penjualan
DAFTAR PUSTAKA
Dari Buku:
Alimin, Muhammad. (2004). Etika dan Perlindungan Konsumen dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPFE.
Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arman Hakim Nasution, Arman dkk. (2006). Manajemen Pemasaran untuk Engineering. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET.
Azwar, Saifudin. (1999). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.Bukhari,Imam dalam Sahihnya, kitab Al-Buyu’: bab Tamrin no 2019.
Bungin, Burhan. (2005). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik seta Ilmu- Ilmu Sosial Lainya. Jakarta: Kencana.
Diktat Kuliah, Statistika Bisnis. (2014). Pekalongan: Stain Press Pekalongan.
Edy Wibowo, Agung. (2012). Aplikasi Praktis SPSS Salam Penelitian. Yogyakarta : Gava Media.
Fajar, Mukti. (2016). UMKM di Indonesia Perspektif hukum ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghazali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Semarang:Universitas Diponegoro.
Gitosudarmo, Indriyo. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua.Yogyakarta: BPFE.
Gitosudarmo, Indriyo. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.
Gunara, Thorik dan Utus hardiono. (2007). Marketing Muhammad: Strategi Andal dan Jitu Praktis Bisnis Nabi Muhammad SAW. Bandung: Madania Prima.
Hakim Nasution, Arman dkk. (2006). Manajemen Pemasaran untuk Engineering. Yogyakarta: CV. Andi OFFSET.
Hendri Ma’ruf. (2006). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Imam Wahjono, Sentot. (2010). Manajemen Pemasaran Bank. Jogjakarta: Graha ilmu.
J.Stanton, William. (1984). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Jatmiko. (2004). Pengantar Bisnis. Malang: UMM Press.
Juhanis. (2014). Manajemen Kewirausahaan Islam. Makassar: Alauddin University Press.
Kasim, Azhari. 2006. Syariah Marketing. Bandung: Mizan.
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Keduabelas. Jakarta:PT.Indeks.
Marinus, Angipora. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler. (2001). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prahalindo.
Lattan, Hengky & Selva Temalagi. (2013). Analisis Multivariate Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Bandung: Alfabeta.
Noor, Juliansyah. (2012). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.
Nugroho, H. (2008). Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, Kurs dan Jumlah Uang Beredar terhadap Indeks LQ45 (Studi kasus pada BEI Periode 2002- 2007 (Doctoral dissertation, program PascasarjanaUniversitas Diponegoro).
Oentoro, Deliyanti. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: PT Laksbang Press.
Priyatto, Duwi. (2017). Paduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Riadi, Edi. (2016). Statistika Penelitian ( Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Andi Offset.
Simamora, Henry. (2000). Manajemen Pemasaran Internasional Jilid I. Jakarta: Salemba Empat.
Singrimbun, Masri. (1983). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPPS Versi 17. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Siregar, Syofian. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Sukirno, Sadono. (2006). Pengantar Bisnis.Jakarta: Kencana.
Tasruddin, Ramsiah. (2011). Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran.Makassar: Alauddin University.
Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2007). Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia Publishing.
Whidya Utami, Christina. (2011). Strategi Pemasaran Ritel. Jakarta: PT INDEKS.
Widya Utami, Christina. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.
Yazid. (2001). Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: EKONESIA.
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Dari Skripsi:
Ambarwati Niken. (2016). Pengaruh Promosi, Penentuan Harga, dan Saluran Distribusi terhadap Volume Penjualan pada UMKM Sambal Pecel Bu Nur di Desa Lengkong Nganjuk. Skripsi, Sarjana Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Andrew Pradana, Nico. (2014). Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan pada CV. Rown Division Surakarta. Skripsi, Sarjana Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Boedileksono, Karlina. (2007). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Studi Kasus pada PT. Intan Tunggal Kharisma Yogyakarta. Skripsi, Sarjana Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Dewi Alamsah, Candra. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kehalalan Produk, Harga Bersaing terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima di Kota Salatiga). Skripsi, Sarjana Ekonomi IAIN Salatiga.
Diah Asriadi, Putu. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan Produk Twisterdog. Skripsi, Sarjana Ekonomi IKIP PGRI Bali.
Kartika Sari, Meli. (2018). Pengaruh Marketing Mix terhadap Tingkat Penjualan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Toko Kue Dua Putri Kab. Lampung Barat. Skripsi, Sarjana Ekonomi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Prodi Ekonomi Syariah.
Mariatun. (2021). Pengaruh Lokasi terhadap Volume Penjualan Bakso Mataram Marpoyan di Pekan Baru. Skripsi, Sarjana Ekonomi Universitas Islam Riau, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Nur Fitria, Andi Azizah. (2013). Pengaruh Harga Jual dan Lokasi terhadap Volume Penjualan Telur Itik di Kota Makassar. Skripsi, Sarjana Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar.
Rohayati Wida. (2013). Pengaruh Variasi Produk terhadap Volume Penjualan pada Rumah Makan Bakmi Jogja Pak Rosa Jl. Panatayuda, Jl. H Wasid, Jl. Panatayuda Bandung (Studi Kasus pada Rumah Makan Bakmi Jogja Pak Rosa Jl. H Wasid Kota Bandung). Skripsi, Sarjana Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia.
Zurochtina. (2016). Pengaruh Periklanan, Personal Selling, Promosi Penjualan dan Publisitas terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi pada Pengusaha Muslim Konveksi Jeans di Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan). Skripsi, STAIN Pekalongan.
Dari Jurnal:
Abbas, Djamila. (2018). Pengaruh Modal Usaha, Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide dan Inspirasi. (5) 1, 95-112.
Ananda, Amin Dwi dan Dwi Susilowati. (2017). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi. (1) 1, 120-142.
Anggraeni, Jenni dkk. (2016). Pengaruh Keanekaragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying di Butik Cassanova Semarang. Jurnal Of Management. (2) 2, 1-20.
Batubara, Azmiani dan Rahmat Hidayat. (2016). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket Pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman. (4) 1, 33-46.
Dian Efendi, Wisnu. (2018). Pengaruh Variasi Produk, Kemasan, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Campina di Mini Market Wilayah Kota Kediri. Jurnal Simki-Economic. (2) 2, 1-12.
F. Enggel, James dan Roger D. Blacwell. (2013). jurnal Farli Liwe. Kesadaran Merek, Keragaman Produk, dan Kualitas Produk Pengaruhnya terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli di KFC Manado. Jurnal EMBA. (1) 4, 2097-2116.
Faradisa, Isti dkk. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeeshop Semarang (ICOS CAFE). Jurnal Manajemen. (2) 2, 1-13.
Hamid, Satim. (2017). Analisis Program Pemasaran Produk UMKM Dodol Garut. Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif. (2) 1, 82-105.
Hastuti Listyawati, Indri. (2017). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Beli Konsumen di Pamella Empat Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi. 4 (2), 50-59.
Hidayat, Relon Taufik dan Sri Zuliarni. (2014). Pengaruh Lokasi Usaha pada Volume Penjualan (Survei Pada Restoran Kecil di Lingkungan Universitas Riau). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. ( 9) 2, 92-100.
Imam Sutanto Intan dan Samto. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan saluran Distribusi terhadap Peningkatan Volume Penjualan Yoghurt pada PT. Sentra Agri Mulia Lestari Semarang. Jurnal Ekonomi Logistik. (2) 2, 1-20.
Irfan Nasution, Muhammad dkk. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen. (1) 1, 1-12.
Isqo’,Hayatun. (2015). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Volume Penjualan Merek AKO Pada Matahari Departemen Store Lembuswana di Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. (3) 2, 470-481.
Kartika, Metasari dan Hendarmin. (2018). Pemetaan Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner di Kota Pontianak. Journal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan. (7) 1, 58-71 .
Kusuma Yanti, Samari dan Hery Purnomo. (2021). Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Melalui Kualitas Produk, Harga dan Promosi pada UD Jawa Mandiri. Jurnal Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi. (6) 1, 97-108.
Mardianto, Eko dkk. (2019). Analisis Pengaruh Pelayanan, Promosi dan Variasi Produk terhadap Peningkatan Volume Penjualan Usaha Thai Tea Booyah di Sungailiat. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (JPMB). (6) 5, 377-386.
O. Mokalu, Frendy & Altje Tumbel. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Distribusi terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. Jurnal EMBA. (3) 1, 254-265.
Padhil, Ahmad dkk. (2018). Strategi Pemasaran Kue Bagea Sebagai Kue Khas Kota Palopo dengan Menggunakan Analisis SWOT Pada UKM Multi Kue Kota Palopo. Jurnal Industri Teknik Manajemen. (3) 2, 15-23.
Paputungan, Desiastuty dkk. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Columbia Kotamobagu. Jurnal Administrasi Bisnis. (4) 5, 1-9.
Pradwika, Disa Fitri dan Sudharto P. Hadi. (2018). Pengaruh Promosi Kreatif dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E- Commerce Zalora.co.id (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Jakarta. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. (8) 1, 1-8.
R.YTawarik, Alfredo dkk. (2014). Merek Dan Fashion Involvement Pengaruhnya Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Konsumen. Jurnal EMBA. (2) 2, 975-984.
Rawis, Jemmy E.O dkk. (2016).Analisis Keuntungan Usaha Kecil Kuliner Dalam Upaya Pengembangan UMKM di Kota Manado (Studi Kasus Usaha Katering Miracle Ranotana Weru). Jurnal EMBA. (4) 2, 106-119.
Rompis, Dewi dkk. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan pada PT. TRIDJAYA MULIA SUKSES. Jurnal EMBA. (5) 3, 3078-3087.
Susilo Wibowo, Tony. (2016). Pengaruh Profil Wirausahawan dan Perencanaan Usaha Terhadap Volume Penjualan pada Pelaku Usaha di Kantin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Jurnal EMBA. (21) 1, 31-44.
Taufik Hidayat, Relon dan Sri Zuliarni. (2014). Pengaruh Lokasi Usaha pada Volume Penjualan (Survei Pada Restoran Kecil di Lingkungan Universitas Riau). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. (9) 2, 92-100.
Viane Bertan, Cindy dkk. (2016). Pengaruh Pendayagunaan Sumber Daya Manusia (Tenaga Kerja) Terhadap Hasil Pekerjaan (Studi Kasus Perumahan Taman Map Angket Raya (Tamara). Jurnal Sipil Statik. (4) 1,13-20.
Dari Website:
http://www.ui.ac.id/berita/umkm-2018-isu-akses-pembiayaan-ekonomi-kreatif-dan-e- commerce.html (diakses pada 14 Maret 2022).
23SK2341179.00 | SK EKOS 23.179 SOF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain